Wajib Coba, Satai Karak Kuliner Legenda Khas Kampung Arab Surabaya

Tidak ada salahnya untuk mencicipi kuliner khas Surabaya yang melegenda dan tidak dapat ditemukan di daerah lain

oleh Panji Prayitno diperbarui 05 Feb 2023, 14:00 WIB
Diterbitkan 05 Feb 2023, 14:00 WIB
Wajib Coba, Satai Karak Kuliner Legenda Khas Kampung Arab Surabaya
Sate Klopo Ondomohen salah satu kuliner khas Surabaya (sumber: merdeka.com)

Liputan6.com, Jakarta - Surabaya Jawa Timur tak hanya dikenal dengan sebutan Kota Pahlawan. Ragam pilihan tempat wisata hingga kuliner khas dapat dinikmati di kota ini.

Salah satu kuliner khas Surabaya yakni satai yang diketahui sudah melegenda sejak zaman penjajahan Belanda. Kuliner tersebut bernama Satai Karak Surabaya.

Kuliner khas Surabaya ini diketahui sangat jarang bahkan sulit ditemui. Keberadaan pedagang Satai Karak Surabaya diketahui semakin berkurang.

Diketahui, pelopor kuliner satai karak berada di kawasan Ampel Surabaya. Kuliner tersebut sudah turun temurun dan sekarang dikelola oleh generasi ketiga.

Jika anda sedang berada di Kota Surabaya, tidak ada salahnya untuk mencicipi kuliner khas yang melegenda dan tidak dapat ditemukan di daerah lain.

Satai karak terbuat dari jeroan sapi yang diberi bumbu khas kemudian dibakar hingga matang. Berbeda dengan satai pada umumnya, satai karak ini bisa dinikmati dengan ketan hitam yang ditaburi parutan kelapa.

Bagi pencinta kuliner yang tidak terbiasa makan dengan ketan hitam, disediakan pula pilihan pendamping lainnya, yaitu nasi putih.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:


Keturunan Arab

Selain itu, satai karak juga tidak disiram dengan bumbu kacang sebagaimana satai pada umumnya.

Kuliner ini biasa langsung disantap dengan pendamping nasi ketan atau nasi putih.

Namun, bisa juga disajikan dengan bumbu kacang jika ada permintaan dari pelanggan. Meskipun jarang terdengar, makanan khas Surabaya ini terkenal di kalangan masyarakat yang tinggal di sekitar Ampel.

Terutama kalangan masyarakat keturunan Arab yang tinggal di Surabaya. Maka tidak ada salahnya mencicipi kuliner yang satu ini bilamana berkunjung ke Surabaya. Selamat mencoba !

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya