Asep Saepudin Jahar Resmi Jadi Rektor UIN Jakarta, Ini Profilnya

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menunjuk Asep Saepudin Jahar untuk menjadi Rektor di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta untuk periode 2023-2027.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 02 Mar 2023, 17:33 WIB
Diterbitkan 02 Mar 2023, 17:18 WIB
Pelantikan Rektor UIN Jakarta
Pelantikan Rektor UIN Jakarta, Sumber: uinjkt.ac.id

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas telah menunjuk Asep Saepudin Jahar untuk menjadi Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta periode 2023-2027. Adapun pelantikan Asep sebagai Rektor UIN Jakarta sudah dilaksanakan secara resmi pada Rabu (1/3/2023) di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat.

Informasi ini turut dibagikan oleh situs resmi dari UIN Jakarta. Kepala Biro Administrasi Umum dan Kepegawaian UIN Jakarta Juanda Naim yang turut menghadiri acara pelantikan tersebut mengungkapkan pelantikan rektor baru UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

"Alhamdulillah, hari ini Rabu tanggal 1 Maret 2023 tadi ada pelantikan Rektor UIN Jakarta yang baru, yaitu bapak Profesor Asep Jahar," kata dia.

Pelantikan Asep Saepudin Jahar menjadi Rektor UIN Jakarta ini juga turut dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kemenag Nizar serta Dirjen Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani.

Profil Asep Saepudin Jahar

Asep Saepudin Jahar atau gelar lengkapnya Prof. Asep Saepudin Jahar, M.A., Ph.D. merupakan salah satu Guru Besar yang sudah masuk dalam daftar calon Rektor UIN Jakarta periode 2023-2027.

Sebelum menjadi Rektor UIN Jakarta, Asep pernah menjabat sebagai Direktur Sekolah Pascasarjana UIN Jakarta untuk periode 2019-2023. Ia juga pernah menjabat sebagai Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), Dekan Fakultas Syariah dan Hukum (FSH), dan Kepala Pusat Layanan Humas dan Bantuan Hukum LP2M UIN Jakarta.

Asep Saepudin Jahar juga dikenal sebagai Guru Besar dalam bidang Sosiologi Hukum Islam dan sudah menulis artikel serta buku-buku akademik seperti Hukum Keluarga, Pidana & Bisnis (2013) dan Dualisme Hukum Perkawinan Islam di Indonesia Fiqh dan KHI (2021).

Pendidikan yang ditempuh oleh Asep sendiri mulai dari pendidikan S1 di IAIN Jakarta dengan Jurusan Perbandingan Mazhab Fakultas Syariah (1995), lalu gelar magister atau S2nya di McGill University, Montreal, Kanada dalam bidang Islamic Studies-Hukum Islam (1999).

Adapun gelar doktor (S3) ia dapatkan dengan menempuh pendidikan bidang Bahasa Arab dan Filologi (2005) di Leipzig University yang ada di Jerman. Sebelum masuk perguruan tinggi Asep juga merupakan lulusan Pondok Modern Gontor dan menempuh Sekolah Dasar di 1 Menes serta pendidikan SMP di SMPN 1 Menes, Pandeglang, Banten.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya