5 Kuliner Semarang di Kawasan Undip Tembalang yang Murah Meriah

Berikut rekomendasi kuliner Undip Tembalang yang enak dan murah meriah.

oleh Tifani diperbarui 04 Mei 2023, 17:00 WIB
Diterbitkan 04 Mei 2023, 17:00 WIB
Kuliner Semarang
Es Puter Cong Lik di Semarang. (foto: Instagram @mahasiswakulineran)

Liputan6.com, Semarang - Kota Semarang, Jawa Tengah seakan tak pernah kehabisan spot kuliner yang dapat dicoba. Tidak hanya kuliner ala street food di Pasar Semawis dan Alun-alun, pusat kuliner Semarang juga dapat ditemukan di Tembalang.

Terlebih kawasan Tembalang berdekatan dengan kampus terkemuka Undip, sehingga tak heran banyak kuliner lezat dan murah di kawasan ini. Dikutip dari berbagai sumber, berikut rekomendasi kuliner Undip Tembalang yang enak dan murah meriah.

1. Sop Iwak

Rekomendasi kuliner Semarang enak di kawasan Undip Tembalang adalah Sop Iwak. Seperti namanya, tempat makan hits ini menyajikan sajian sup ikan yang disajikan dengan kuah gurih dan asam.

Sup ikan di tempat ini disajikan tanpa santan, meski begitu tetap bercita rasa juara. Perpaduan rempah-rempah yang digunakan sang empu juga mampu menghilangkan amis dari ikan kakap yang digunakan.

Selain menu sup ikan, Sop Iwak juga menyajikan menu lainnya, seperti sup masak dan rica-rica yang tak kalah nikmat. Warung ini juga menyediakan tingkat kepedasan berlevel 1-5, dapat disesuaikan dengan selera.

Tak perlu khawatir soal porsi, pengunjung bebas mengambil nasi sepuasnya. Seporsi sup ikan ditawarkan mulai Rp7.500 dan nasi putih Rp3.000 sepuasnya.

Warung Sop Iwak berlokasi di Jalan Banjarsari Selatan Nomor 18 Tembalang, Semarang. Tempat ini buka sejak pukul 08.00–21.00 dan ramai dikunjungi saat jam makan siang dan makan malam.

2. Penyet Kuah Timoho

Jika umumnya kuliner penyet disajikan bersama sambal dan lalapan saja, berbeda dengan warung penyetan yang satu ini. Warung makan Penyet Kuah Timoho menyajikan aneka menu penyetan yang dihidangkan bersama kuah santan spesial.

Menu yang ditawarkan tempat makan di kawasan Undip Tembalang ini cukup bervariasi. Ada penyet lele, ikan nila, kakap, ayam, tahu tempe hingga jeroan ayam.

Aneka lauk yang sudah digoreng kering akan disiram kuah santan bercita rasa pedas, gurih dan wangi sekaligus. Aneka menu di warung makan ini dibanderol mulai dari Rp10.000.

Penyet Kuah Timoho buka setiap hari, mulai pukul 16.00-22.00.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Depot Sukses

3. Depot Sukses

Depot atau kedai ini menawarkan kuliner Jepang seperti bento dengan harga "mahasiswa". Meski murah meriah, aneka menu di tempat makan ini tidak murahan.

Ada berbagai menu yang ditawarkan Depot Sukses, mulai dari yakiniku, teriyaki, aneka katsu dan masih banyak lagi. Aneka menu tadi dijajakan dengan harga mulai dari Rp18.000 saja.

Depot Sukses di Tembalang berada di Jalan Jatimulyo. Tempat ini buka pukul 16.00-22.00.

4. Pecel Perjuangan Bu Mar

Pecel memang identik dengan kudapan Jawa. Kuliner yang satu ini tentu juga bisa ditemukan di kawasan Undip.

Pecel Perjuangan Bu Mar ini telah eksis lebih dari 2012 dengan empat cabang. Citarasa pecel yang banyak digandrungi mahasiswa ini bumbunya bertekstur kental, dengan sedikit pedas.

Sayurannya pun segar, terdiri dari kol, bayam, dan tauge. Seporsi pecel dibanderol Rp6.000 per porsi.

Selain ada juga lumpia, martabak telur, telur puyuh, usus ayam, dan gorengan lainnya sebagai pelengkap. Pecel ini buka di waktu sarapan, pukul 05.30-11.00 WIB.

Salah satu warung tendanya yang ramai ialah di akhir Jalan Banjarsari, dekat dengan perempatan Jalan Gondang dan Jalan Bulusan, Tembalang.

5. OBO Iga Bakar

Rekomendasi kuliner di kawasan Undip tembalang selanjutnya adalah sajian iga bakar. Menu populer tempat makan ini adalah sajian sup iga bakar.

Kuah sup yang segar, gurih dan tidak berminyak sama sekali. Daging iga yang digunakan juga diolah hingga empuk dengan bumbu bakaran yang lezat.

Selain iga, OBO Iga Bakar juga menyajikan menu ayam bakar. Aneka menu ditempat ini dibanderol mulai dari Rp20.000-an.

OBO Iga Bakar berada di Jalan Tirto Agung Raya Tembalang, Pedalangan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang. Tempat ini buka mulai pukul 22.00-01.00.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya