Aloon-Aloon Masjid Agung Kauman Semarang, Tempat Berburu Kuliner di Semarang

Tak hanya sebagai ruang terbuka hijau, kawasan ini juga menjadi pusat kuliner Semarang saat akhir pekan.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 23 Feb 2023, 05:00 WIB
Diterbitkan 23 Feb 2023, 05:00 WIB
Berburu Takjil Untuk Berbuka Puasa
Jelang sore hari suasana di pelataran Masjid Agung Kauman, Semarang mulai rame. Para pemburu Takjil sudah mulai memadati salah satu pusat jajanan di kota Semarang ini.

Liputan6.com, Semarang - Terdapat sebuah lokasi layaknya festival kuliner di Semarang yang baru dibuka 2022 lalu, yakni Aloon-Aloon Masjid Agung Kauman Semarang. Kawasan ini dulunya adalah bagian dari Pasar Johar Semarang.

Setelah direvitalisasi, lokasi ini kini menjadi tempat yang rapi dan ramah untuk semua pengunjung. Selain itu, kawasan ini juga memiliki ruas jalan dan tempat parkir yang cukup luas. Kawasan yang berada di bilangan Bangunharjo, Kecamatan Semarang Tengah, ini juga menyediakan ruang lapang berumput yang luas.

Dalam buku 'Riwajat Semarang' karya Liem Thian Joe, Alun-Alun Semarang telah berdiri sejak abad ke-17. Kawasan tersebut berada di dekat kanjengan atau pusat pemerintahan dan penjara.

Orang-orang yang menunggu waktu besuk ke penjara biasanya berteduh di bawah pohon johar yang banyak tumbuh di sekitar tempat tersebut. Lokasinya yang strategis juga membuat masyarakat setempat menjual hasil buminya di sana.

Pendirian Pasar Johar pada 1939 membuat kawasan alun-alun menjadi semakin sempit dan tidak teratur. Alun-alun kemudian berubah menjadi 'pasar' yang dikenal sebagai Pasar Yaik.

Presiden ke-1 RI, Soekarno, akhirnya membuat alun-alun baru di ujung Jalan Oei Tiong Ham (Jalan Pahlawan). Lokasi tersebut kini lebih dikenal sebagai Lapangan Pancasila atau Simpanglima.

Keberadaan Simpanglima sebagai pusat aktivitas baru di Kota Semarang pun lambat laun membuat alun-alun lama semakin tidak terurus. Puncaknya, kebakaran hebat melanda Pasar Johar pada 2015.

Ide merevitalisasi alun-alun lama pun muncul setelahnya. Melalui proses yang cukup panjang, kawasan tersebut kemudian diresmikan Presiden Jokowi pada awal 2022 dan diberi nama 'Aloon-Aloon'.

Tak hanya sebagai ruang terbuka hijau, kawasan ini juga menjadi pusat kuliner Semarang saat akhir pekan. Dalam Festival Kuliner Kauman, kamu bisa menemukan aneka kuliner dan minuman lezat, seperti nasi glewo, nasi krawu, sate kere, corn dog, churros, telur gulung, sate taican, hingga aneka macam makanan Korea kekinian.

Setelah membeli aneka makanan, para pengunjung juga bisa bebas menikmati makanannya. Ada yang memilih duduk di arena rerumputan, tetapi ada juga yang memilih duduk di kursi-kursi yang sudah disediakan.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya