Deretan Kuliner Khas Semarang Rekomendasi Wisatawan

Setiap tahun, ratusan turis mengunjungi kota tua ini untuk merasakan tradisi kulinernya yang kaya dan beragam karena karakteristiknya yang unik

oleh Panji Prayitno diperbarui 01 Des 2022, 12:00 WIB
Diterbitkan 01 Des 2022, 12:00 WIB
Deretan Kuliner Khas Semarang Rekomendasi Wisatawan
Lumpia Semarang adalah monumen cinta dua manusia beda bangsa dan agama. (Liputan6.com/Edhie Prayitno Ige)

Liputan6.com, Jakarta - Semarang merupakan salah satu daerah kunjungan wisata ada di Provinsi Jawa Tengah. Selain memiliki ragam objek wisata, Semarang juga memiliki berbagai macam kuliner yang wajib dicoba.

Diketahui, nama Semarang berasal dari dua kata bahasa Jawa yakni se-marang yang berarti tepi dan raeng yang berarti sungai. Kota ini juga disebut sebagai Kota 1009 taman.

Semarang merupakan salah satu pusat perdagangan penting dan rumah bagi salah satu universitas tertua di Indonesia. Setiap tahun, ratusan turis mengunjungi kota tua ini untuk merasakan tradisi kuliner khas Semarang yang kaya.

Berikut rekomendasi kuliner khas Semarang yang berhasil dihimpun dari berbagai macam sumber.

Nasi Gudeg

Nasi gudeg merupakan nasi yang dihidangkan bersama lauk gudeg, sejenis sayuran berwarna kuning kecokelatan dari nangka muda. Nasi gudeg biasanya disajikan dengan ayam, daging sapi, ikan, dan telur.

Soto Mie

Soto mie sering menjadi hidangan sarapan dan makan siang di Semarang. Kuliner ini dikenal memiliki kuah bening dari kaldu ayam kampung.

Rasa kuahnya yang lezat cocok disantap dengan gorengan atau satai.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bakmi

Kuliner bakmi tak kalah memiliki banyak penggemar dari berbagai kalangan. Kuliner ini memiliki cita rasa gurih dan segar.

Terbuat dari rempah-rempah kaldu, dipadukan dengan mi yang kenyal dan manisnya potongan ayam.

Ayam Goreng Kalasan

Ayam goreng dianggap sebagai salah satu jenis kuliner yang tak lekang oleh waktu. Di Semarang, salah satu kuliner yang populer adalah ayam goreng kalasan.

Ayam tersebut sudah dibumbui dan dimasak dengan sedemikian rupa. Kemudian digoreng dan disajikan kepada pelanggannya. 

Rasa ayam goreng kalasan antara satu tempat dengan tempat lain tentu berbeda. Resep rahasia dan bumbu-bumbu yang dipadukan pun juga berbeda. Inilah mengapa ayam goreng di Semarang diburu peminatnya. 

Tak pernah sepi bahkan pada hari biasa pun bisa terjadi penumpukan antrean mereka yang kelaparan.

Lumpia Semarang

Lumpia semarang merupakan kuliner sejenis rolade berisi rebung, telur dan daging ayam atau udang. Lumpia Semarang ini memiliki keunikan dari segi rasa.

Dalam lumpia Semarang merupakan paduan rasa antara Tiongho dan Indonesia. Lumpia ini pertama kali dibuat oleh orang keturunan Tionghoa menikah dengan orang Indonesia dan menetap di Semarang.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya