UGM Sosialisasi Bahaya Cairan Silver pada Manusia Silver

Dosen Fakultas MIPA UGM melakukan sosialisasi bahaya cairan yang digunakan oleh manusia silver. Kegiatan tersebut dilakukan mengingat semakin meningkatnya jumlah manusia silver yang berada di persimpangan-persimpangan jalan di kawasan Yogyakarta.

oleh Yanuar H diperbarui 10 Des 2023, 21:00 WIB
Diterbitkan 10 Des 2023, 21:00 WIB
FOTO: Angka Kemiskinan di Indonesia Naik Selama Pandemi
Sejumlah manusia silver bersiap untuk mencari uang di lampu merah kawasan Manggarai, Jakarta, Minggu (18/10/2020). Institute for Development of Economics and Finance (Indef) memproyeksikan angka kemiskinan di Indonesia naik pada periode September 2020. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Liputan6.com, Yogyakarta - Sering menemukan manusia silver di persimpangan Yogyakarta membuat dosen UGM tergugah dalam memberikan edukasi bahaya cairan manusia silver.

Ketua pelaksana program pengabdian FMIPA UGM, Endang Tri Wahyuni mengatakan bahan yang digunakan manusia silver  untuk melumuri  bagian tubuh mengandung beberapa bahan kimia yang berbahaya.

”Dari data analisis menggunakan instrumentasi XRF (X-Ray Fluorescence), ditemukan bahwa penyusun utama bahan kimia dari cairan silver tersebut adalah unsur Al, Cl dan K,” ungkapnya Rabu 6 Desember 2023.

Dalam cairan manusia silver itu Endang menjelaskan dalam skala ppm (part per million) juga ditemukan unsur logam berat berbahaya yaitu Hg (merkuri) dan Cr (kromium). Sementara kandungan unsur perak (Fe) sendiri dalam cairan silver tidak terlalu besar.

 

”Justru kandungan perak di cairan silver (yang sering digunakan manusia silver) hanya di kisaran 0,18%,” tuturnya.

Anggota pelaksana program pengabdian, Suherman mengatakan tidak hanya berbahaya bagi pemakainya saja dari bahan kimia penyusun warna silver tersebut. Tetapi berbahaya juga  saat pembilasan karena bahan kimia cari cairan silver berpotensi masuk ke badan air dan sumber air konsumsi masyarakat.

Kondisi inilah membuat tim pengabdian FMIPA UGM  melibatkan mahasiswa  Arif Arkan dan Ayuning Dewi untuk mensosialisasikan bahaya cairan silver itu dengan pendekatan ke pelaku manusia silver di beberapa perempatan di Yogyakarta. Upaya tersebut dilakukan agar ada perhatian dan kewaspadaan sehingga mengurangi resiko pemakaian larutan silver ke manusia dan lingkungan sekitar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya