Masih Kedatangan Sanak Saudara, Berikut Rekomendasi Masakan Lebaran Selain Opor Ayam dan Rendang

Ada begitu banyak masakan lezat lainnya yang cocok disajikan saat Lebaran. Terlebih, Indonesia memiliki khazanah kuliner yang tak terbatas.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 11 Apr 2024, 17:00 WIB
Diterbitkan 11 Apr 2024, 17:00 WIB
Resep Makanan Pendamping Ketupat Lebaran Tanpa Santan tapi Tetap Mengenyangkan
Resep Ayam Pop, Pendamping Ketupat Lebaran Tanpa Santan tapi Tetap Mengenyangkan.  foto: Instagram @dhilasina

Liputan6.com, Yogyakarta - Opor ayam dan rendang menjadi sajian yang kerap hadir saat Hari Raya Idulfitri. Namun, sajian Lebaran bukan hanya dua hidangan ikonis tersebut.

Agar tak bosan, kamu bisa menyajikan hidangan lain saat Lebaran. Ada begitu banyak masakan lezat lainnya yang cocok disajikan saat Lebaran. Terlebih, Indonesia memiliki khazanah kuliner yang tak terbatas.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut rekomendasi masakan Lebaran selain opor ayam dan rendang:

1. Gulai Babat

Pencinta jeroan sapi atau kambing tentu menggemari masakan yang satu ini. Gulai babat tak hanya nikmat disantap di hari-hari biasa, tetapi juga bisa menjadi menu masakan Lebaran.

2. Rawon

Masyarakat Jawa Timur tentu sudah tidak asing lagi dengan sajian khas bernama rawon. Sajian ini kerap hadir di berbagai perayaan penting. Tak ada salahnya juga menyajikan rawon untuk para tamu saat Lebaran tiba.

Rawon adalah masakan berupa sup dengan potongan daging kecil-kecil. Berbeda dengan makanan berkuah lainnya, rawon memiliki kuah hitam dari campuran bumbu khas bernama kluwek.

Bumbu rawon terdiri dari campuran bawang merah dan bawang putih, ketumbar, kemiri, serai, lengkuas, kunir, cabai, garam, minyak nabati, serta tentunya kluwek. Rawon juga umumnya disajikan dengan nasi ditambah sambal, telur asin, hingga tauge kecil untuk menambah kenikmatan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sambal Goreng Hati dan Kentang

3. Sambal Goreng Hati dan Kentang

Sambal goreng hati dan kentang bisa menjadi sajian khas Lebaran yang menggoda. Sajian ini umumnya disandingkan dengan opor ayam.

Cara menikmatinya pun sama, yaitu dengan menambahkan ketupat atau lontong. Sajian ini dibuat dari campuran hati dan ampela ayam, potongan kentang, serta bumbu-bumbu rempah.

4. Soun Goreng

Soun goreng merupakan masakan yang umum dijual di rumah makan atau restoran. Makanan dengan cita rasa gurih ini juga bisa menjadi sajian tak biasa saat Lebaran.

Soun goreng biasanya disajikan dengan tambahan cabai untuk menambah cita rasa pedas yang nikmat. Agar semakin lezat, kamu bisa menambahkan udang, wortel, dan daun bawang.

5. Sup Iga Sapi

Masakan berkuah lainnya yang juga cocok disajikan saat Lebaran adalah sup iga sapi. Kuahnya yang gurih terasa semakin nikmat jika disantap selagi hangat.

6. Tongseng Daging

Dagingnya yang empuk terasa gurih saat disantap. Adalah tongseng daging yang bisa menjadi pengganti opor ayam atau rendang saat Lebaran. Umumnya, tongseng daging dimasak dengan tambahan tomat, cabai rawit merah, dan sayur kol.

 

Penulis: Resla

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya