Intip, 6 Rekomendasi Kuliner Nikmat di Purwokerto

Purwokerto memiliki sejumlah kuliner nikmat yang wajib untuk dicoba. Berikut ini adalah daftar rekomendasi kuliner populer dan nikmat di Purwokerto.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 06 Sep 2024, 04:00 WIB
Diterbitkan 06 Sep 2024, 04:00 WIB
tempe mendoan
Ilustrasi tempe mendoan/copyright shutterstock.com/Marla_Sela

Liputan6.com, Bandung - Purwokerto merupakan salah satu kota yang mempunyai banyak julukan mulai dari kota transit, kota pendidikan, kota pensiunan, kota wisata, dan masih banyak lagi. Kota ini menawarkan banyak keindahan alam yang memukau dengan budaya yang kental.

Selain wisatanya kota ini juga menawarkan kuliner nikmat yang bisa disantap ketika berkunjung ke kotanya. Bahkan tidak sedikit orang mengunjungi kota ini untuk menikmati beberapa kuliner khas yang ada di Purwokerto.

Para pengunjung yang berlibur ke Purwokerto bahkan bisa menemukan sejumlah makanan khasnya dengan mudah di setiap penjuru kota. Mulai dari makanan berat, makanan manis, dan jajanan ringan yang memanjakan lidah.

Diketahui salah satu makanan yang wajib dicoba dari kota ini adalah sajian mendoannya. Sebagai informasi mendoan merupakan makanan yang berasal dari tempe yang digoreng setengah matang bersama adonan tepung.

Makanan ini terkenal dengan teksturnya yang lembut dengan rasanya yang gurih dan nikmat disantap dengan sambal khasnya. Selain tempe mendoan pengunjung juga wajib untuk mencicipi sajian Sroto Sokaraja.

Makanan ini terkenal dengan isian berupa irisan daging ayam atau sapi, soun, tauge, daun bawang, dan aneka kerupuk yang nikmat. Uniknya Sroto Sokaraja tidak dikonsumsi bersama nasi melainkan dengan potongan ketupat.

Kemudian kota Purwokerto juga menyimpan kuliner-kuliner lain yang nikmat termasuk olahan makanan modern hingga tradisional. Berdasarkan informasi dari beberapa sumber berikut ini rekomendasi kuliner nikmat di Purwokerto yang bisa dicoba.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


6 Rekomendasi Kuliner Nikmat di Purwokerto

Asal Mula Mendoan, Camilan Enak dari Purwokerto
Kuliner yang paling terkenal adalah mendoan. Mendoan ini berasal dari kata “mendo” yang artinya setengah matang.

1. Djago Jowo Purwokerto

Djago Jowo Purwokerto dikenal sebagai restoran nikmat yang wajib dikunjungi ketika datang ke Purwokerto. Pasalnya tempat makan ini menyajikan beragam menu nikmat dan lengkap untuk disantap.

Selain itu tempat makannya juga identik dengan dekorasi yang hangat dengan area terbuka sehingga nyaman untuk dikunjungi. Melansir dari ulasan Google tempat ini memiliki rating 4,3 dari total 3.535 pengguna.

Lokasinya berada di Jl. Gelora Indah I, Mangunjaya, Purwokerto Lor, Kec. Purwokerto Tim., Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah dengang jam buka setiap hari pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.

2. RM Sroto

RM Sroto adalah tempat makan yang sempurna untuk mencoba makanan khas Purwokerto. Diketahui makanannya terkenal dengan sajian Sroto nikmat dengan rasa gurih, manis, dan memanjakan lidah.

Tempat ini menyediakan menu khas Sroto Sokaraja yang cocok disantap ketika musim hujan atau cuaca dingin. Berdasarkan informasi dari ulasan Google tempatnya memiliki rating 4.4 dari total 1.194 pengguna.

Lokasi RM Sroto berada di Jalan Bank, Pesayangan, Kedungwuluh, Kec. Purwokerto Bar., Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah dengan jam buka setiap hari pukul 08.00 hingga 20.30 WIB.


Rekomendasi Selanjutnya

Sroto Sokaraja
Sroto Sokaraja. (dok.Instagram @sietania/https://www.instagram.com/p/CV-Kuw9PbOD/Henry)

3. RM. Cahaya Mas Purwokerto

RM. Cahaya Mas Purwokerto dikenal sebagai tempat makan yang menyajikan sejumlah menu nikmat. Di antaranya terdapat menu bakmi, aneka nasi, hingga sajian ayam dan bebek goreng dengan pilihan rasa menarik.

Tempat makan ini juga dikenal sebagai restoran legendaris dan menawarkan sajian chinese food yang nikmat. Melalui ulasan Google RM. Cahaya Mas mempunyai rating 4.4 dari total 1.312 pengguna.

Lokasi tempat makannya berada di Jl. Overste Isdiman No.10, Cigrobak, Purwokerto Lor, Kec. Purwokerto Tim., Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah dengan jam buka setiap hari pukul 09.00 hingga 14.00 WIB dan buka kembali pukul 17.00 hingga 21.00 WIB.

4. Bakso & Soto “Sami Asih”

Bakso & Soto Sami Asih merupakan kuliner nikmat yang wajib untuk dikunjungi ketika berlibur di Purwokerto. Pasalnya rumah makan ini menyajikan menu bakso nikmat dan Sroto Sokaraja yang khas.

Tempat makannya juga terkenal sederhana dan memiliki harga menu yang terjangkau di kantong. Melansir dari ulasan Google tempatnya mempunyai rating 4.5 dari total 5.496 pengguna.

Bakso & Soto Sami Asih berlokasi di Jl. Pramuka No.23, Sodagaran, Purwokerto Kulon, Kec. Purwokerto Sel., Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah dengan jam buka setiap hari Sabtu hingga Kamis pukul 11.00 hingga 21.00 WIB.


Berikutnya

Masakan prasmanan
Aneka masakan prasmanan | ilustrasi/copyright shutterstock.com

5. Mampir Pawon Purwokerto

Mampir Pawon Purwokerto dikenal sebagai sebuah restoran yang menyediakan menu makanan nikmat dan bervariasi. Bahkan rumah makan ini juga memiliki konsep prasmanan yang membiarkan para pengunjung untuk memilih makanan yang mereka sukai.

Melansir dari media sosial resminya rumah makan ini menyediakan juga banyak sayuran, lauk, hingga aneka sambal nikmat. Berdasarkan informasi dari ulasan Google tempat ini bahkan meraih rating 4.7 dari total 1.460 pengguna.

Mampir Pawon Purwokerto berlokasi di Jl. Gelora Indah I, Mangunjaya, Purwokerto, Kec. Purwokerto Tim., Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah dengan jam buka setiap hari pukul 08.00 hingga 22.00 WIB.

6. Waroenk Ora Umum

Waroenk Ora Umum dikenal sebagai tempat makan nikmat yang menyediakan menu bervariasi. Selain itu tempat makannya populer sebagai lokasi kuliner anak kos di Purwokerto karena memiliki harga yang murah dan rasa yang nikmat.

Selain itu tempat makan ini juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap termasuk WiFi dan terkadang ada penampilan live music. Mengutip dari ulasan Googlenya tempat ini meraih rating 4.3 dari total 5.572 pengguna.

Waroenk Ora Umum berlokasi di Jl. Dr. Soeparno No.98, Arcawinangun, Kec. Purwokerto Tim., Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah dengan jam buka setiap hari selama 24 jam.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya