Hari Sudoku Internasional 9 September, Berikut Sejarahnya

Sudoku merupakan permainan teka-teki logika yang melibatkan angka. Pemain sudoku harus mengisi angka dari 1 sampai 9 ke dalam jaring-jaring 9×9 yang terdiri dari 9 kotak 3×3.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 09 Sep 2024, 14:00 WIB
Diterbitkan 09 Sep 2024, 14:00 WIB
Sudoku
Perminan sudoku. (Foto: Freepik)

Liputan6.com, Yogyakarta - Hari Sudoku Internasional atau International Sudoku Day digelar pada 9 September setiap tahunnya. Uniknya, pemilihan tanggal ini disesuaikan dengan jumlah kotak di permainan sudoku 9x9 atau 9 September (9/9).

Sudoku merupakan permainan teka-teki logika yang melibatkan angka. Pemain sudoku harus mengisi angka dari 1 sampai 9 ke dalam jaring-jaring 9×9 yang terdiri dari 9 kotak 3×3. Tak bisa sembarangan, pemain tak boleh mengisi kotak-kotak tersebut dengan angka yang berulang di satu baris, kolom, maupun kotak.

Mengutip dari National Today, sejarah Hari Sudoku Internasional dimulai pada 1892. Saat itu, surat kabar Prancis La Siècle mencetak permainan yang mirip dengan Sudoku.

Setiap baris dan kolom kotak tersebut harus terisi oleh semua angka yang ditentukan. Namun tak seperti Sudoku, permainan itu melibatkan angka yang lebih tinggi dari 9 dan melibatkan keterampilan matematika pemecah, bukan logika.

Pada tahun-tahun berikutnya, surat kabar Prancis lainnya mengambil tren tersebut dengan menerbitkan permainan serupa. Namun, tak ada yang benar-benar identik dengan Sudoku. Seiring dimulainya Perang Dunia I, popularitas permainan itu pun berkurang.

Selanjutnya pada 1979, konon arsitek Indiana Howard Garns menerbitkan teka-teki dari penemuannya sendiri. Saat itu, permainan yang diberi nama number place itu diterbitkan di Dell Magazine.

Permainan tersebutlah yang kemudian dikenal sebagai sudoku. Sayangnya, Garns meninggal dunia tanpa tahu bahwa gagasannya menjadi sensasi internasional yang masih ada hingga sekarang.

Permainan ini kemudian membuat industri teka-teki di Jepang bergejolak. Hingga akhirnya nama sudoku didapatkan pertama kali bersamaan dengan tumbuhnya basis penggemar dan jutaan pemain setia.

Kemudian pada 1997, hakim Hong Kong Wayne Gould menemukan sebuah program komputer yang dapat menghasilkan teka-teki sudoku yang unik. Ia melempar permainan sebagai fitur teka-teki harian ke surat kabar di Inggris. Sejak saat itu, sudoku dengan mudah dikenal di seluruh dunia.

Masa sekarang, permainan sudoku sudah tersedia di aplikasi ponsel pintar dan dicetak secara luas di koran dan majalah. Sementara itu, Hari Sudoku Internasional 9 September pertama kali dideklarasikan pada 2013 oleh Federasi Teka-teki Dunia.

 

Penulis: Resla

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya