Wayang Jogja Night Carnival Kembali Digelar di HUT ke-268 Kota Yogyakarta

WJNC telah rutin dilaksanakan sejak 2016. Acara ini berbentuk karnaval jalanan (art on the street) dengan menggabungkan tema pewayangan.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 07 Okt 2024, 15:00 WIB
Diterbitkan 07 Okt 2024, 15:00 WIB
WJNC ke-4
Setiap kecamatan di Yogyakarta menampilkan satu karakter wayang japi-kapi dalam WJNC ke-4. (Liputan6.com/ Switzy Sabnadar)

Liputan6.com, Yogyakarta - Kota Yogyakarta memperingati HUT ke-268 pada 7 Oktober 2024. Sebagai puncak acara, akan digelar Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) pada Senin (7/10/2024).

Mengutip dari wjnc.jogjakota.go.id, WJNC telah menjadi event unggulan Kota Yogyakarta yang diadakan rutin setiap tahunnya. Acara ini merupakan bentuk perayaan untuk memperingati HUT Kota Yogyakarta setiap 7 Oktober.

WJNC telah rutin dilaksanakan sejak 2016. Acara ini berbentuk karnaval jalanan (art on the street) dengan menggabungkan tema pewayangan.

Penampilan karnaval ini melibatkan seni koreografi, busana, musik kontemporer, dan permainan lighting. Pada perkembangannya, konsep karnaval berubah menjadi street art dengan tidak meninggalkan unsur utama dari WJNC, yaitu Tugu Jogja, kendaraan hias, wayang, dan waktu pelaksanaan yang diadakan pada malam hari.

Tahun ini, WJNC menampilkan wayang bertema Gatotkaca Wirajaya. Gatotkaca dikenal sebagai tokoh yang bisa diteladani sebagai sosok gagah dan berani.

Gatotkaca mempunyai semangat bela negara yang tinggi. Sosoknya juga sudah sangat dikenal sebagai local hero Indonesia.

Kegiatan yang berlangsung selama sore hingga malam hari ini akan diadakan di kawasan Tugu Yogyakarta. Mengutip dari hutkota.jogjakota.go.id, WJNC akan menampilkan karnaval jalanan tokoh-tokoh pewayangan.

Total akan ada perwakilan dari 14 kemantren di Kota Yogyakarta. Setiap kemantren akan menampilkan sekitar 40-50 orang.

Beberapa tokoh wayang akan ditampilkan. Sebut saja Tegalrejo dengan tokoh Jabang Tetuka, Kala Pracona, Bathara Narada, dan Arimbi.

Kemudian dari Kemantren Umbulharjo akan menampilkan Brajamusti, Brajadenta, dan Angkawijaya. Sementara itu, Kemantren Wirobrajan dengan tokoh Utari, Siti Sundari, Abimanyu, dan Jetis menampilkan Raden Sutejo, dan Kresna.

Seremonial dan penampilan karnaval wayang tersebut dimulai pukul 19.00 WIB. Adapun rutenya dimulai dari Jalan Sudirman, Tugu Yogyakarta, hingga Jalan Margo Utomo.

Sebelum dimulai karnaval, pada sore pukul 16.00 WIB akan ada penampilan karnaval seni dari berbagai daerah. Ini menjadi salah satu agenda pembeda pada WJNC tahun ini.

Sama seperti tahun sebelumnya, WJNC akan berkolaborasi dengan komunitas seni, UMKM, dan dinas terkait. Dengan adanya acara ini, HUT ke-268 Kota Yogyakarta akan terasa semakin semarak.

 

Penulis: Resla

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya