Vonny Sumlang Bangga Kebudayaan Batak Dikenal Dunia

Vonny Sumlang bangga budaya batak bisa terkenal dan diakui di dunia internasional.

oleh Julian Edward diperbarui 03 Apr 2014, 13:30 WIB
Diterbitkan 03 Apr 2014, 13:30 WIB
Vonny Sumlang Bangga Kebudayaan Batak Dikenal Dunia
Vonny Sumlang bangga budaya batak bisa terkenal dan diakui di dunia internasional.

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat internasional mengakui bahwa kebudayaan warisan leluhur Indonesia amat menarik dan beranekaragam. Tak hanya dalam kehidupan sehari-hari, tapi juga pada prosesi penting seperti pernikahan. Hal ini juga yang membuat penyanyi lawas Vonny Sumlang berbangga hati.

Baru-baru ini, Vonny menjadi pengisi acara dalam sebuah pernikahan lintas negara yang digelar di kawasan Mampang, Jakarta Selatan. Si mempelai wanita berasal dari Tanah Batak, sedangkan pengantin pria berasal dari negeri Kangguru, Australia. Karena menikah di Indonesia, keduanya memilih menikah dengan adat Batak.

"Aku disini nyanyi diajak Mama Lemon. Bangga ya melihat beragam kebudayaan banyak dimiliki negeri ini. Paling tidak kita bisa mengenalkan kebudayaan kita pada dunia luar," ungkap Vonny di sela-sela acara.

Diakui Mama Lemon yang juga berdarah Batak, pernikahan ala Batak sebetulnya cukup merepotkan karena banyaknya prosesi adat. Namun, hal itu harus dilalui pasangan pengantin agar pernikahannya abadi.

"Jadi jangan main asal comot saja, harus ada prosesinya. Biasanya mempelai pria juga dapat marga, istilahnya beli marga dan harus dapat ijin dari kepala adat," imbuh Mama.

Ia berharap, setiap pasangan yang menikah dengan warga negara asing juga memakai pernikahan adat agar membuat para bule itu terkesan dengan kebudayaan Indonesia. "Suami juga terpesona, amazing. Karena di dunia barat kalah sama adat ketimuran. Kebudayaan harus dilestarikan, harus dipegang teguh lah," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya