Kronologi Pembunuhan Abby Choi, Hilang Saat Hendak Jemput Anak hingga Anggota Badan Ditemukan dalam Sup

Mendiang Abby Choi dilaporkan hilang setelah tak muncul-muncul untuk menjemput putrinya.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 27 Feb 2023, 14:47 WIB
Diterbitkan 27 Feb 2023, 14:47 WIB
Abby Choi. (Instagram/ xxabbyc)
Abby Choi. (Instagram/ xxabbyc)

Liputan6.com, Jakarta Sedikit demi sedikit misteri pembunuhan sosialita Hong Kong Abby Choi mulai terungkap. Terutama setelah jenazahnya yang telah dimutilasi ditemukan dalam sebuah rumah sewaan berlantai tiga di Distrik Tai Po.

Polisi telah menangkap lima tersangka terkait kasus pembunuhan dan mutilasi ini. Mereka adalah Alex Kwong (28), mantan suami Abby Choi, Anthony Kwong (31), kakak Alex, serta kedua orangtua mereka. Selain itu ditangkap pula kekasih dari mantan mertua Abby Choi.

Polisi juga menyusun kepingan demi kepingan peristiwa berdarah ini, sehingga mulai tampak kronologi pembunuhan wanita 28 tahun tersebut.

Dalam artikel Channel News Asia, Senin (27/2/2023), South China Morning Post mewartakan bahwa ia dilaporkan hilang setelah tak muncul-muncul untuk menjemput putrinya.

The Strait Times melaporkan Abby Choi terakhir kali terlihat di Distrik Tai Po, Selasa 21 Februari 2023. Ia terlihat di Fo Chun Road sekitar pukul 2:15 siang, mengenakan atasan lengan panjang dan celana serbaputih, sandal warna serupa, dan tas tangan ungu.

Sebelum dinyatakan sebagai tersangka, sang mantan kakak ipar yakni Anthony Kwong adalah orang yang terakhir kali terlihat bersamanya. Anthony memang merupakan sopir pribadi korban.


Serangan Fatal

Foto sosialita Hong Kong, Abby Choi, yang tewas dibunuh dan dimutilasi.
Foto sosialita Hong Kong, Abby Choi, yang tewas dibunuh dan dimutilasi. Dok: Instagram Abby Choi @xxabbyc

Dalam konferensi pers kepolisian, Inspektur Alan Chung dari Unit Kriminal Wilayah Kowloon West menduga bahwa Choi diserang saat berada di dalam mobil. Ia juga diduga dalam keadaan tak sadar ketika dibawa ke rumah tempat mutilasi dilakukan.

“Ditemukan lubang di bagian kanan belakang tengkorak (korban), dan tim forensik meyakini ini adalah serangan yang berujung fatal kepada sang korban,” kata Alan Chung, dilansir dari The Standard. Lubang ini berukuran 6,5 sentimeter kali 5,5 sentimeter. 

Polisi masih berusaha menentukan waktu persis pembunuhan.


Berkeliaran di Pemakaman

Abby Choi. (Instagram/ xxabbyc)
Abby Choi. (Instagram/ xxabbyc)

Sehari setelah Abby Choi menghilang Anthony dan ayah mertuanya diketahui berkeliaran di Pemakaman Tseung Kwan O. Area ini beberapa hari kemudian disisir oleh petugas kepolisian, tapi tidak menemukan hasil.

Petugas kepolisian bergerak setelah Abby Choi dilaporkan hilang. Keluarga mantan suaminya yang memang dikenal berhubungan dekat dengan mendiang, termasuk pihak yang dimintai keterangan oleh kepolisian.

Namun keluarga Kwong—termasuk mantan ibu mertua Abby—memberikan keterangan palsu yang menyulitkan investigasi. Di kemudian hari, sang mantan ibu mertua jadi tersangka dengan tuduhan menghalangi penyelidikan. 

Jumat pekan lalu, polisi akhirnya menemukan petunjuk besar. Jenazah Abby Choi ditemukan di area tempat ia terakhir terlihat, Distrik Tai Po. 


Dalam Panci

Abby Choi. (Instagram/ xxabbyc)
Abby Choi. (Instagram/ xxabbyc)

Sebagian jenazah Abby ditemukan di sebuah rumah lantai tiga, yang dipersiapkan untuk memutilasi korban. Dinding lantai dasarnya ditutupi terpal, terdapat juga peralatan seperti gergaji besi, pemotong daging, jas hujan, hingga face shield di lokasi.

Kaki mendiang Abby ditemukan di lemari es, dan dua panci besar berisi sup diamankan. “Ketika kami menemukan dua panci sup di tempat kejadian, salah satu pot yang berukuran kedalaman 50 sentimeter dan diameternya 40 sentimeter, yang terisi hampir penuh dan ditutupi dengan lemak tebal, ada pula potongan wortel hijau dan oranye, serta daging yang diyakini dari manusia," kata Alan Chung.

Setelah diperiksa lebih lanjut, pada hari Minggu polisi menemukan kepala korban dalam salah satu panci sup tersebut. Hingga artikel ini ditulis, bagian lengan dan juga torso Abby masih belum ditemukan.

Infografis Jejak Pembunuhan Berantai Wowon Cs di Bekasi, Cianjur hingga Garut. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Jejak Pembunuhan Berantai Wowon Cs di Bekasi, Cianjur hingga Garut. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya