Ayu Dyah Pasha Jalani Intermittent Fasting Hingga Yoga, Ingin Sehat dan Produktif Kayak Clint Eastwood

Usia Ayu Dyah Pasha kini 60 tahun. Usia tak menghalangi produktivitasnya sebagai aktris. Ia ingin seperti Clint Eastwood yang tetap syuting di usia 94 tahun.

oleh Wayan Diananto diperbarui 04 Jun 2024, 05:18 WIB
Diterbitkan 03 Jun 2024, 20:40 WIB
Ayu Dyah Pasha
Usia Ayu Dyah Pasha kini 60 tahun. Usia tak menghalangi produktivitasnya sebagai aktris. Ia ingin seperti Clint Eastwood yang tetap syuting di usia 94 tahun. (Foto: Dok. Instagram @ayu.dyah.pasha)

Liputan6.com, Jakarta Tahun ini, usia Ayu Dyah Pasha genap 60 tahun. Usia lansia tak menghalangi produktivitas sebagai aktris. Ia ingin seperti aktor peraih 4 Piala Oscar, Clint Eastwood yang tetap syuting di usia 94 tahun.

Ayu Diah Pasha kini menjalani reading film terbaru produksi MD Pictures. Bintang sinetron Tajwid Cinta menerapkan gaya hidup sehat salah satunya yakni intermittent fasting. Setiap hari, Ayu Dyah Pasha puasa selama 16 jam.

Pola makan pun dijaga. Ia mengganti beras putih dengan nasi dari porang. Tak henti sampai di situ, Ayu Dyah Pasha menekuni olahraga. Beberapa bulan terakhir, bintang film Menebus Impian jatuh hati pada yoga yang baik untuk fleksibilitas maupun keseimbangan tubuh.

“Memasuki usia 60 tahun, saya tidak lagi puasa Senin Kamis tapi intermittent fasting dengan puasa 16 jam sehari. Saya makan hanya dalam durasi 8 jam sisanya,” kata Ayu Dyah Pasha ketika dihubungi Showbiz Liputan6.com via telepon, Minggu (2/6/2024).

 


Sesekali Makan ‘Jorok,’

Ayu Dyah Pasha. (Foto: Dok. Instagram @ayu.dyah.pasha)
Ayu Dyah Pasha. (Foto: Dok. Instagram @ayu.dyah.pasha)

Keputusan menjalani intermitent fasting didapat setelah berdiskusi dengan para pelaku gaya hidup sehat salah satunya Ade Rai. Sebenarnya, hidup sehat dijalani Ayu Dyah Pasha dari kecil. Baginya, menjaga kesehatan adalah investasi jangka panjang yang dicicil sejak belia.

“Saya tidak memungkiri sesekali makan ‘jorok,’ tapi enggak setiap hari. Dari muda saya diajari orang tua untuk mutih, makan telur pun tanpa garam. Puasa Senin Kamis. Terkait makanan pantangan, sejak usia 35 tahun saya mengurangi nasi putih,” ujar Ayu Dyah Pasha.

 


Usia Hanyalah Angka

Ayu Dyah Pasha. (Foto: Dok. Instagram @ayu.dyah.pasha)
Ayu Dyah Pasha. (Foto: Dok. Instagram @ayu.dyah.pasha)

“Saya percaya usia hanyalah angka. Sehat itu tidak bisa instan. Kuncinya gaya hidup sehat sejak muda. Kita dilahirkan dalam kondisi sehat dan lengkap, mari terus merawatnya. Saya fokus pada massa otot supaya bisa menopang tulang kita yang keropos seiring usia,” urainya.

Ayu Dyah Pasha mengingatkan, masa otot menopang keseimbangan tubuh. Dengan tubuh yang seimbang, kita tak mudah jatuh. Ia mengingatkan, jatuh termasuk di kamar mandi adalah hal yang patut dihindari para lansia.


Kesadaran, Konsistensi, dan Disiplin

Ayu Dyah Pasha. (Foto: Dok. Instagram @ayu.dyah.pasha)
Ayu Dyah Pasha. (Foto: Dok. Instagram @ayu.dyah.pasha)

Saat batang usia meninggi, para lansia juga mesti wawas diri terkait apa yang dikonsumsi setiap hari. Ayu Dyah Pasha mengurangi kadar gula. Sang aktris memperbanyak konsumsi protein, sayur, dan buah. Ayu Dyah Pasha kemudian mengingatkan 3 hal penting ini.

“Lansia kalau sudah jatuh, kemungkinan besar itu awal dari datangnya penyakit-penyakit serius seperti strok. Di usia seperti saya, olahraga tetap penting. Kuncinya 3 yakni kesadaran, konsistensi bergaya hidup sehat, dan disiplin diri,” pungkas Ayu Dyah Pasha.

INFOGRAFIS JOURNAL: Lansia di Indonesia Diperkirakan Capai 20 persen dari Jumlah Keseluruhan pada 2045
INFOGRAFIS JOURNAL: Lansia di Indonesia Diperkirakan Capai 20 persen dari Jumlah Keseluruhan pada 2045 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya