Kucurkan Rp350 Miliar, Evergreen Bangun Pabrik Pakan di PIER Pasuruan

Untuk tahap pertama, Evergreen akan membangun kapasitas 100 ribu ton terlebih dulu. Selanjutnya pada tahap kedua akan dibangun 100 ribu ton lagi.

oleh Dian Kurniawan diperbarui 23 Des 2021, 16:06 WIB
Diterbitkan 23 Des 2021, 16:06 WIB
Penandatanganan Perjanjian Penggunaan Tanah Industri (PPTI) antara PT Indonesia Evergreen Pasuruan dengan PT SIER di Surabaya. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)
Penandatanganan Perjanjian Penggunaan Tanah Industri (PPTI) antara PT Indonesia Evergreen Pasuruan dengan PT SIER di Surabaya. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)

Liputan6.com, Pasuruan - Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER) mendapatkan dana segar dari PT Indonesia Evergreen Pasuruan. Investor dari China tersebut berinvestasi membangun pabrik pakan dan probiotik di kawasan industri PIER.

Direktur Utama PT Indonesia Evergreen Pasuruan Tina Maria mengatakan, pihaknya sangat bersyukur akhirnya perusahaannya bisa berinvesasi di Jawa Timur, tepatnya di PIER yang masuk dalam kawasan industri SIER.

"Investasi ini pabrik kedua setelah di Lampung. Total nilai investasinya mencapai Rp 350 miliar, dengan kapasitas produksi pakan ikannya mencapai 200 ribu ton per tahun," tuturnya usai Penandatanganan Perjanjian Penggunaan Tanah Industri (PPTI) antara PT Indonesia Evergreen Pasuruan dengan PT SIER di Surabaya, Rabu (22/12/2021).

Untuk tahap pertama, lanjut Tina, pihaknya akan membangun kapasitas 100 ribu ton terlebih dulu. Selanjutnya pada tahap kedua akan dibangun 100 ribu ton lagi. Investasi ini nilainya dua kali lipat dari investasi pertama di Lampung yang sudah dilaksanakan.

"Keputusan kami berinvestasi di Kawasan Industri PIER di Pasuruan ini kami ambil setelah berbagai kajian bisnis dan survey lapangan yang pada akhirnya memang paling tepat untuk berinvestasi membangun pabrik baru kami di PIER," katanya.

"Strategisnya lokasi dan kesiapan infrastuktur industi termasuk ketersediaan energi dan air industri menjadi pertimbangan utama kami memilih membangun pabrk di PIER,” ucap Tina.

Tina berharap, kerjasama ini terus berjalan harmonis, bisa terus berjalan bersama dan berkembang bersama untuk memajukan Jawa Timur. "Kerjasama ini sangat penting. Karena kami dapat lebih mengembangkan lagi pangsa pasar di Indonesia Timur khususnya pakan ikan dan ternak. Semoga kerjasama terus harmonis," ujarnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Gerakkan Pembangunan

Sementara itu, Direktur Utama PT SIER Fattah Hidayat, sangat gembira dengan penandatanganan PPTI ini. Ke depan, Fattah berharap tidak hanya kerjasama penjualan lahan untuk industri, tapi juga bisa peluang bisnis lainnya yang bisa dikerjasamakan.

"Penandatanganan kerjasama ini tentu dinanti banyak pihak, utamanya Pasuruan dan Jawa Timur. Karena investasi ini akan membuka lapangan kerja dan akan meningkatkan kemajuan ekonomi Pasuruan dan Jawa Timur," tuturnya.

Sedangkan Kejari Kabupaten Pasuruan, Ramdhanu Dwiyantoro mengatakan, PT SIER selaku perusahaan milik pemerintah perkembangan bisnisnya sangat maju, sehingga ikut menggerakkan program pembangunan. Contohnya adalah penandatangan PPTI antara PT SIER dengan PT Indonesia Evergreen Pasuruan ini.

"Kami dari Kejari Pasuruan, selaku jaksa pengacara negara dari PT SIER, juga selaku jaksa pengacara dari Pemkab Pasuruan, sangat mendukung kerjasama ini," katanya.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya