Pengabdian Masyarakat Ubhara Jaya Kenalkan Digitalisasi Operasional Posyandu

Pengabdian masyarakat ini implementasi program Kemendikbud, yakni Program Insentif Pengabdian Masyarakat Terintegrasi Dengan MBKM Berbasis Kinerja IKU Bagi PTS 2022.

oleh Liputan6.com diperbarui 07 Des 2022, 14:26 WIB
Diterbitkan 07 Des 2022, 12:54 WIB
Kegiatan di Posyandu Mawar. (Istemewa)
Kegiatan di Posyandu Mawar.

Liputan6.com, Jakarta - Pengabdian masyarakat Tim Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) menyasar Posyandu Mawar di Bekasi.

pengabdian masyarakat ini implementasi program Kemendikbud,  yakni Program Insentif Pengabdian Masyarakat Terintegrasi Dengan MBKM Berbasis Kinerja IKU Bagi PTS 2022.

Dosen Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Timorora Sandha Perdhana yang menjadi ketua tim menyatakan, posyandu merupakan salah satu upaya pemerintah memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat. Dalam pelaksanaannya, Posyandu dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat.

Dia mencatat, program kegiatan Posyandu Mawar dalam pelaksanaannya, khususnya dari segi pencatatan dan pelaporan data masih dilakukan secara manual. K ader posyandu  masih menulis di buku catatan mengenai data balita yang terdiri dari berat badan, tinggi badan, pemberian imunisasi dan pemberian vitamin.

"Kita jadikan kader Posyandu Mitra. Mitra tersebut nantinya akan bekerjasama dengan tim pengusul selama kegiatan dalam hal pencatatan dan pelaporan data balita kepada Puskesmas secara digital sebagai wujud pemanfaatan peranan teknologi informasi yang dapat memudahan kerja kader Posyandu," ujarnya, Rabu (7/12/2022).

Dia menambahkan, kegiatan bertujuan melibatkan peran aktif pihak kader Posyandu Mawar dalam program pemantauan dan pemeriksaan kesehatan anak, mulai pemberian informasi waktu pelaksanaan Posyandu sampai dengan proses pencatatan data dan pelaporan data balita yang rutin dilaksanakan setiap bulannya secara digital.

"Kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kompetensi kader Posyandu Mawar dari segi pengetahuan dan ketrampilan karena di era digital saat ini pihak kader telah memanfaatakan peranan teknologi informasi dalam proses pelaksanaan kegiatan Posyandu," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya