Ruko di Banyuwangi Ludes Terbakar, Pemilik Rugi Rp 750 Juta

Kapolsek Tegaldlimo Iptu Lita Kurniawan mengatakan, toko tersebut milik Ponijan (53) warga setempat. Saat insiden terjadi, pemilik tengah lelap tertidur.

oleh Hermawan Arifianto diperbarui 04 Jan 2023, 18:04 WIB
Diterbitkan 04 Jan 2023, 18:04 WIB
Tim Pemadam Kebakaran  berjibaku memadamkan api yang menghanguskan sebuah ruko di Tegaldelimo Banyuwangi (Istimewa)
Tim Pemadam Kebakaran berjibaku memadamkan api yang menghanguskan sebuah ruko di Tegaldelimo Banyuwangi (Istimewa)

Liputan6.com, Banyuwangi - Sebuah ruko di Desa Kedung Gebang, Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi terbakar pada Rabu (4/1/2023) dini hari. Barang-barang toko yang didominasi alat elektronik dan sembako ludes tak tersisa. 

Kapolsek Tegaldlimo Iptu Lita Kurniawan mengatakan, toko tersebut milik Ponijan (53) warga setempat. Saat insiden terjadi, pemilik tengah lelap tertidur. 

"Insiden terjadi sekitar pukul 01.30 WIB. Api pertama kali diketahui oleh tetangga. Korban yang masih tertidur kemudian dibangunkan," kata Lita.

Tak berselang lama, warga pun juga berdatangan untuk membantu. Karena kobaran api pun kian membesar, warga pun tak mampu mengatasinya. Salah satu warga kemudian langsung menghubungi pihak kepolisian dan tim pemadam kebakaran.

“Alhamdulillah meski lama pemadam kebaran datang dan langsung melakukan pemadaman," tambah Lita.

Karena jarak tempuh cukup jauh, tim damkar tiba sekira pukul 03.00 WIB. Lima mobil difungsikan untuk pemadaman. Api baru bisa padam pukul 03.50 WIB.

"Hasil penyeledikan sementara, diduga kebakaran dipicu arus pendek listrik. Tidak ada korban jiwa, bangunan terbakar 95 persen, kerugian materil estimasi Rp 750 juta," tandasnya.

Lita meminta kepada masyarakat untuk tetap berhati- hati dan selalu mengkroscek saluran listrik, menjelang istirahat malam. Sebab kebaran akibat konsleting listri paling sering terjadi di Banyuwangi.

“Tolong masyarakat menjelang istirahat malam semuanya di cek. Ini demi kebaikan kita sendiri, karena kebanyakan kebakaran dipicu akibat korsleting listrik. Beruntung kebakaran kali ini tidak menimbulkan korban jiwa

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya