Pengamat Sebut Duet Prabowo-Gibran Bisa Akomodir Kepentingan Rakyat Kalangan Muda hingga Senior

Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dinilai sebagai pasangan terbaik untuk dipilih bagi seluruh generasi pada Pilpres 2024.

oleh Liputan6.com diperbarui 02 Nov 2023, 17:06 WIB
Diterbitkan 02 Nov 2023, 17:00 WIB
Deklarasi Prabowo - Gibran
Bakal calon presiden Prabowo Subianto (kiri) bersama bakal calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka saat menghadiri Deklarasi Prabowo Gibran di Indonesia Arena, Jakarta, Rabu (25/10/2023). Koalisi Indonesia Maju (KIM) deklarasi Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon presiden dan calon wakil presiden 2024-2029 dengan tema "Menjemput Kemenangan Indonesia Maju". (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dinilai sebagai pasangan terbaik untuk dipilih bagi seluruh generasi pada Pilpres 2024.

Prabowo-Gibran diyakini bisa mengakomodir semua kepentingan rakyat Indonesia, baik dari kalangan muda hingga senior.

“Kombinasi ini sebagai pertemuan dua generasi yang berbeda, yang menarik perhatian bagi generasi milenial dan generasi yang lebih senior,” kata Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie pada Kamis (2/11/2023).

Jerry melanjutkan, Prabowo-Gibran akan saling mengisi jika terpilih sebagai presiden dan wakil presiden periode 2024-2029. Prabowo-Gibran bisa memecahkan permasalahan multi aspek lantaran memiliki dua perspektif yang beragam.

Tak hanya bisa saling mengisi, Prabowo-Gibran merupakan kombinasi yang tepat untuk memimpin negara besar seperti Indonesia. Hal itu tentunya disokong oleh pengalaman Prabowo yang kental dengan nuansa militer dan Gibran yang merupakan pengusaha muda sekaligus dari kalangan rakyat sipil.

Adapun kombinasi Prabowo-Gibran paling banyak mendapatkan dukungan dari hampir seluruh segmen usia di survei yang dirilis Polling Institute pada periode 25-28 Oktober 2023. Di dalam survei tersebut, generasi Z, milenial hingga baby boomer solid memberikan dukungannya kepada Prabowo-Gibran.

Dalam survei Polling Institute tersebut, Prabowo-Gibran mendapatkan limpahan dukungan dari generasi milenial atau yang berusia kurang dari 21 tahun. Prabowo-Gibran total mengantongi dukungan sebanyak 46,0 persen, diikuti Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan 24,5 persen dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD 23,7 persen.

Kemudian, pada kelompok pemilih yang berada di rentang usia 22-25 tahun, Prabowo-Gibran kembali meraih suara tertinggi dengan 46,8 persen. Diikuti Ganjar-Mahfud MD dengan 33,7 persen dan Anies-Muhaimin 15,2 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Berpeluang ke Putaran Kedua

Prabowo-Gibran mendaftar Pilpres 2024
Bacapres Prabowo Subianto (kanan) dan bacawapres Gibran Rakabuming Raka (kiri) menyapa relawan saat menuju Gedung KPU untuk pendaftaran capres dan cawapres di Jakarta, Rabu (25/10/2023). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Selanjutnya, pada klaster pemilih yang berada di usia 26-40 tahun, Prabowo-Gibran mendapatkan jumlah dukungan terbesar dengan 40,8 persen. Disusul Ganjar-Mahfud MD dengan 30,6 persen dan Anies-Muhaimin 22,0 persen.

Terakhir, Prabowo-Gibran juga masih mengantongi mayoritas dukungan dari pemilih yang berada di rentang usia 41-55 tahun dengan 33,8 persen. Ditempel ketat oleh Ganjar-Mahfud MD dengan 31,4 persen dan Anies-Muhaimin 23,1 persen.

Melihat derasnya dukungan tersebut, Jerry meyakini Prabowo-Gibran berpeluang besar masuk ke putaran kedua dan memenangkan Pilpres 2024. Apalagi, menurutnya, Prabowo-Gibran didukung penuh oleh para tokoh nasional, mulai dari Presiden Jokowi hingga Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Tentunya hal itu adalah sebuah keuntungan yang tidak dimiliki oleh pasangan lain. Sehingga Prabowo-Gibran dianggap paling layak melanjutkan legasi dari Jokowi,” ujar Jerry.

Infografis Prabowo Usung Gibran Jadi Cawapres di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Prabowo Usung Gibran Jadi Cawapres di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya