Damkar Kota Madiun Tangani 30 Kasus Kebakaran Hingga Pertengahan 2024

Selain kebakaran lahan, kejadian kebakaran lainnya yang terjadi di Kota Madiun selama semester pertama 2024 meliputi kebakaran bangunan sejumlah delapan kejadian, instalasi listrik lima kejadian, kebakaran kendaraan tiga kejadian, dan kebakaran lain-lain 10 kejadian.

oleh Erik Erfinanto diperbarui 09 Jul 2024, 14:00 WIB
Diterbitkan 09 Jul 2024, 14:00 WIB
Rumah Keluarga Juragan Ikan Terbakar, 6 Orang Tewas
Ilustrasi kebakaran. Foto: Pixabay.com

Liputan6.com, Kota Madiun - Satpol PP dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Madiun, Jawa Timur mencatat menangani sebanyak 30 kasus kebakaran yang terjadi di wilayah itu selama periode Januari hingga pertengahan tahun 2024.

"Selain 30 insiden kebakaran itu, kami juga membantu menangani satu kejadian kebakaran di Kabupaten Magetan dan satu di Kabupaten Madiun," ujar Kepala Satpol PP dan Damkar Kota Madiun Sunardi Nurcahyono di Madiun, Senin (8/7/2024).

Pihaknya merinci selain kebakaran lahan, kejadian kebakaran lainnya yang terjadi di Kota Madiun selama semester pertama 2024 meliputi kebakaran bangunan sejumlah delapan kejadian, instalasi listrik lima kejadian, kebakaran kendaraan tiga kejadian, dan kebakaran lain-lain 10 kejadian.

Untuk itu, ia mengimbau masyarakat agar selalu waspada. Apalagi, saat ini wilayah Kota Madiun memasuki musim kemarau.

"Pada bulan Juni sesuai data BMKG, sudah memasuki musim kemarau. Terdapat empat kejadian kebakaran yang didominasi kebakaran lahan," katanya.

Karenanya, Sunardi berharap masyarakat lebih berhati-hati dalam berkegiatan. Misalnya, bagi perokok agar memastikan puntung yang dibuang benar-benar mati. Sehingga, tidak menjadi penyebab kebakaran lahan.

Sunardi juga mengimbau masyarakat untuk tidak membakar sampah di lahan kosong. Sebab, hal tersebut bisa menyebabkan api semakin menyebar dan berpotensi membuat kebakaran yang lebih besar.

"Lebih berhati-hati saat berkegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan api. Pastikan kondisi rumah aman dari api saat akan bepergian," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Melibatkan Entitas Lain

Satpol PP dan Damkar Kota Madiun juga gencar melakukan sosialisasi berupa pelatihan penanggulangan dan penanganan bencana kebakaran, di antaranya dengan melibatkan petugas Linmas, kader PKK, dharma wanita dan relawan.

Diharapkan dengan memiliki sikap waspada, warga lebih sigap dan cermat dalam mencegah dan menangani bencana kebakaran.

Infografis Kebakaran dan Ledakan Gudang Peluru Bekasi. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Kebakaran dan Ledakan Gudang Peluru Bekasi. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya