iPhone 6S Usung Teknologi 3D Touch Display?

Apakah 3D Touch Display ini berbeda dengan fitur Force Touch Display yang sudah beredar lebih dulu?

oleh Jeko I. R. diperbarui 07 Sep 2015, 13:08 WIB
Diterbitkan 07 Sep 2015, 13:08 WIB
iPhone 6S Bakal Tampilkan Fitur 3D Display?
Apakah 3D Touch Display ini berbeda dengan fitur Force Touch Display yang sudah beredar lebih dulu? (iPhonehacks.com)

Liputan6.com, Cupertino - Menjelang peluncuran iPhone 6S pada 9 September mendatang, dikabarkan bahwa smartphone generasi terbaru terbaru Apple tersebut akan menampilkan sebuah teknologi teranyar yang disebut 3D Touch Display.

Pada dasarnya, 3D Touch Display merupakan fitur terbaru yang fungsinya hampir serupa dengan fitur Force Touch Display. 3D Touch Display konon hanyalah sebuah nama baru untuk menggantikan Force Touch Display.

Mengutip informasi yang dilansir laman 9to5mac, Senin (7/9/2015), 3D Touch Display memungkinkan iPhone mengenali perintah dari penggunanya berdasarkan seberapa 'keras' tekanan pada layar iPhone. Nantinya, iPhone akan menampilkan beragam respon berdasarkan bagaimana pengguna menekan layarnya.

Sebagai contoh, pengguna bisa menyentuh (tap) iPhone untuk mengakses sebuah aplikasi, namun jika menekannya agak lama dengan menahan (press), maka iPhone akan menampilkan respon berbeda, misalnya menghapus aplikasi yang terinstal. Semua respon ini diungkap bisa dikustomisasi oleh penggunanya tergantung perintah yang diinginkan.

Selain itu, teknologi 3D Touch juga akan merespon sentuhan 'deep press' atau tekanan yang lebih lama lagi di layar iPhone. Misalnya, ketika si pengguna ingin mengakses aplikasi Apple Music, hanya dengan tap sekali maka iPhone akan langsung mengakses ke aplikasi musik tersebut. Namun, jika pengguna menekannya lebih lama secara deep press, maka iPhone akan merespon dengan menunjukkan informasi dan opsi siapa penyanyinya, apa judul lagungya, serta masih banyak lagi.

Sebelumnya, teknologi ini telah diimplementasikan Apple di Macbook dengan sebutan fitur Force Click. Pengguna hanya meng-klik sebuah kata di layar agak lama, maka Macbook akan merespon dengan memberikan keterangan dari kata yang disentuh tersebut.

Teknologi ini memang digadang-gadang akan menjadi teknologi yang akan memudahkan para pengguna karena dapat mempersingkat langkah dan aksesibilitas. Teknologi ini kabarnya juga akan hadir di seri iPad Pro yang besar kemungkinan akan diperkenalkan bersamaan pada 9 September mendatang.

(jek/dhi)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya