XL Axiata Dorong Efisiensi Operasional dengan Layanan Cloud

XL Axiata yang kini memiliki 56,7 juta pelanggan di seluruh Indonesia ini menilai, transformasi digital menjadi bagian utama dari strategi bisnisnya.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 21 Okt 2020, 15:30 WIB
Diterbitkan 21 Okt 2020, 15:30 WIB
Dok: XL Axiata
Dok: XL Axiata

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata kembali mengumumkan langkah transformasi digital guna meningkatkan efisiensi operasional perusahaan.

XL Axiata juga menjadi perusahaan telekomunikasi pertama di Asia Tenggara yang menggunakan teknologi SAP S/4 HANA Cloud.

Perusahaan telko yang kini memiliki 56,7 juta pelanggan di seluruh Indonesia ini menilai, transformasi digital menjadi bagian utama dari strategi bisnisnya.

Bagi XL Axiata, transformasi digital diyakini memberikan efisiensi dan efektivitas yang lebih baik untuk tata kelola yang baik, pengambilan keputusan dan aktivitas operasional yang lebih baik.

Director & Chief Information-Digital Officer XL Axiata Yessie D. Yosetya mengatakan, XL Axiata berhasil melakukan transformasi menjadi pemimpin dalam hal penyedia layanan digital dan data. Untuk itulah, perusahaan berkomitmen penuh pada transformasi digital sebagai bagian dari strategi bisnis perusahaan.

“Dengan SAP S/4HANA Cloud, kami memiliki teknologi yang handal dari penyedia layanan ERP terbaik di dunia untuk membantu kami mentransfromasi proses bisnis kami di seluruh operasional," kata Yessie dalam keterangan XL Axiata, Rabu (21/10/2020).


Efisiensi di Segala Bidang Operasional

XL
Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D Yosetya memberikan pemaparan soal teknologi XL Axiata di Banyuwangi, Kamis (4/4/2019). (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Yessie mengatakan, keputusan perusahaan untuk beralih ke cloud membuat XL Axiata unggul dalam segmen prabayar dengan pertumbuhan pesat di Indonesia.

XL Axiata sendiri memilih SAP untuk solusi ERP berbasis cloud guna untuk meningkatkan efisiensi operasional perusahaan secara end to end.

Saat ini, XL menggunakan layanan SAP untuk seluruh proses bisnis mulai dari order to cash, procure to pay, record to report dan hingga solusi terkait dengan sumber daya manusia (SDM).

Layanan SAP S/4HANA Cloud juga terintegrasi dengan sistem manajemen inti disekitarnya, seperti manajemen tower, sourcing, manajemen aset jaringan, dan billing.


Ambil Keputusan Strategis

Regulasi Mandek, Ekspansi Network Sharing XL-Indosat Molor
Salah satu BTS XL Axiata di site HUT Pathuk, Yogyakarta. (Liputan6.com/Corry Anestia)

Dengan solusi cloud ini, XL Axiata juga mengklaim mampu membuat keputusan lebih strategis dalam hal finansial. Oleh karenanya, XL Axiata lebih lincah dalam merespon pasar.

“Kami memperoleh dukungan penuh dari jajaran direksi sejak awal proyek ini, kolaborasi yang kuat antara tim SAP Services dan kerja keras yang luar biasa dari karyawan kami membuat ini semua terlaksana,” kata Yosetya.

Sementara itu, Managing Director SAP Indonesia Andreas Diantoro mengatakan, SAP S/4HANA Cloud akan membantu XL Axiata beroperasi dengan lebih baik.

(Tin/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya