Acer Rambah Pasar Sepeda Listrik dengan Teknologi AI

Acer yang identik dengan pembuat perangkat PC kini menciptakan terobosan baru untuk merambah pasar sepeda listrik dengan produk yang disebut “ebii”.

oleh Dinda Charmelita Trias Maharani diperbarui 23 Mar 2023, 06:30 WIB
Diterbitkan 23 Mar 2023, 06:30 WIB
Acer ebii
Sepeda listrik buatan Acer yang disebut dengan "ebii". (Dok. Acer)

Liputan6.com, Jakarta - Identik dengan perangkat PC, Acer kini membuat terobosan untuk merambah pasar sepeda listrik dengan produk terbaru mereka yang disebut “ebii”. Kendaraan roda dua ini dilengkapi dengan kecerdasan buatan (AI) yang mampu mempelajari preferensi pengendara. 

E-bike ini memiliki desain yang stylish dengan kotak tebal di tengahnya yang menampung kotak kontrol, paket baterai, lampu depan, serta jok dan setang sepeda. 

Dilansir dari ArsTechnica, Rabu (22/3/2023), ebii memiliki bobot yang ringan, hanya sekitar 16 kilogram. Menurut Acer, sepeda ini dapat mengakomodasi pengendara dengan tinggi 145 hingga 185 cm sehingga pengendara yang terlalu tinggi mungkin tidak merasa nyaman. 

Acer ebii juga dikatakan mampu mencapai kecepatan maksimum sekitar 32 km/jam dan jangkauan hingga 113 km. Selain itu, kendaraan ini dapat terisi penuh dalam waktu 2,5 jam. 

Menariknya, baterai berkapasitas 460W pada sepeda listrik ini juga dapat dilepas dan digunakan sebagai pengisi daya portabel untuk perangkat USB-C, seperti laptop atau ponsel.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ebii Dilengkapi Fitur AI

Acer ebii
Kotak kontrol pada sepeda listrik buatan Acer, bernama "ebii". (Dok. Acer)

Pada deskripsinya, tertulis bahwa sepeda ini “digerakkan oleh AI”. Aplikasi seluler ebii mengklaim e-bike akan beradaptasi dengan kekuatan mengayuh sang pengendara, kondisi berkendara, dan tingkat bantuan yang menjadi preferensi pengendara. 

Di samping itu, terdapat pula fitur GPS yang memungkinkan pengguna dengan mudah mengetahui lokasi.

Disebutkan pula bahwa AI ini akan mempelajari hal-hal tersebut dari waktu ke waktu untuk menciptakan pengalaman yang lebih personal dengan pengendara. Meskipun begitu, fitur-fitur yang tersedia pada ebii secara teknis didukung oleh machine learning (pembelajaran mesin).


Aplikasi Operasional ebiiGO

Acer ebii
Tampilan sepeda listrik buatan Acer bernama "ebii" dengan desain yang simple dan stylish. (Dok. Acer)

Disamping itu, sepeda listrik tersebut juga menggunakan aplikasi seluler dalam operasionalnya. Aplikasi pendamping yang diberi nama ebiiGO ini menyediakan informasi penggunaan baterai dan rentang sisanya, rute yang direkomendasikan, serta pengawasan kecepatan.

Pengguna juga dapat mengunci dan membuka akses sepeda melalui aplikasi tersebut. Untuk keamanan tambahan, sepeda akan terkunci secara otomatis setiap kali ponsel yang dihubungkan tidak berada di dekatnya dan alarm juga akan menyala ketika terjadi sesuatu yang mencurigakan.

Teknologi canggih yang juga hadir pada ebii adalah sensor deteksi tabrakan, ban tanpa udara, dan lampu di segala arah. 


Perilisan ebii Belum Dapat Dipastikan

Logo Acer
Logo Acer. (Dok. Acer)

Produk sepeda listrik ebii dibangun di atas modul arsitektur sepeda listrik terkemuka di dunia yang menjadikannya memiliki berbagai keunggulan. 

Terlepas dari semua spesifikasi dan fitur menarik yang tersedia di sepeda listrik buatan Acer ini, belum ada informasi lebih lanjut mengenai harga dan tanggal resmi perilisannya, termasuk pada situs resmi Acer.

Alhasil, calon pembeli yang sudah mengincar produk ini harus menunggu lagi untuk ketersediaanya di pasaran. Acer berharap dapat memberikan harga yang kompetitif sebagai produk baru di pasar sepeda listrik.

infografis motor listrik
motor listrik lebih murah dalam perawatan, tapi tidak untuk baterai (liputan6.com/abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya