Google Paling Jago Bikin Kesepakatan Bisnis

Sejak 2011 lalu, divisi Mergers and Acquisitions Group Google telah menggelontorkan dana bernilai total USD 58,7 miliar untuk investasi.

oleh Adhi Maulana diperbarui 17 Feb 2014, 09:20 WIB
Diterbitkan 17 Feb 2014, 09:20 WIB
google-140216b.jpg

Google yang memulai bisnisnya di segmen mesin pencari berbasis internet, kini telah menjelma menjadi perusahaan rakasasa teknologi yang memiliki beragam produk. Mulai dari sistem operasi mobile, PC, layanan cloud, jejaring sosial, hingga robot.

Keberhasilan Google menjamah banyak segmen pasar ternyata tak terlepas dari berbagai kesuksesan kesepakatan bisnis yang mereka lakukan. Sejak 2011 hingga awal 2014 ini, Google tercatat telah melakukan 127 kesepakatan bisnis, termasuk aksi akuisisi, investasi dan disvetasi.

Jumlah tersebut tenyata mengantarkan perusahaan yang dipimpin oleh CEO Lary Page ini sebagai perusahaan yang paling berhasil melakukan deal bisnis dalam tiga tahun terakhir. Mengalahkan Intel yang 'hanya' berhasil membuat 121 kesepakatan binis. Sebelumnya Intel selalu tercatat menjadi perusahaan teknologi yang paling banyak melakukan manuver dan deal bisnis.

Menurut laporan Bloomberg, sejak 2011 lalu, divisi Mergers and Acquisitions Group Google yang dipimpin oleh Don Harrison telah menggelontorkan dana bernilai total USD 58,7 miliar untuk investasi di bidang connected device, business services dan mobile application.

Beberapa kesepakatan binis Google yang menjadi sorotan publik di antaranya adalah aksi akuisisi Motorola dengan nilai sebesar USD 12,5 miliar atau sekitar Rp 150,6 triliun pada tahun 2012.

Lalu Google juga mengakuisisi perusahaan pembuat peralatan rumah tangga pintar yaitu Nest Labs seharga USD 3,2 miliar atau sekitar Rp 38,5 triliun secara tunai. Dilanjutkan dengan mengakuisisi Boston Dynamics untuk mengembangkan paltform robot, biayanya sendiri tak diungkapkan.

Dan yang terakhir, Google kembali melepas Motorola untuk diakuisisi Lenovo dengan harga USD 2,91 miliar atau sekitar Rp 35 triliun di awal tahun 2014 ini.

Baca juga:
Mantan Bos Google Beli Rumah Mewah Dekat 'Sarang Gadis Playboy'
Dilego ke Lenovo, Bos Motorola Memilih Hengkang
Dijual Google, Motorola Kini Resmi Milik Lenovo
Dijual ke Lenovo, Paten Motorola Masih Dikuasai Google
Kenapa Google Jual Murah Motorola ke Lenovo?

 

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya