Mangkrak 25 Tahun, Menko Luhut Target Tol Becakayu Beroperasi 2022

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan proyek Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakkayu) bisa digunakan pada tahun 2022 mendatang.

oleh Liputan6.com diperbarui 25 Des 2021, 14:30 WIB
Diterbitkan 25 Des 2021, 14:30 WIB
Proyek Tol Becakayu Terus Dikebut
Warga menyaksikan proyek pembangunan Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) Seksi 1, D.I Panjaitan, Jakarta, Kamis (18/11/2021). BPJT mendata hingga akhir kuartal III/2021 perkembangan pembangunan Tol Becakayu Seksi 1 saat ini mencapai 95,54 persen. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menargetkan proyek Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (tol becakayu) bisa digunakan pada tahun 2022 mendatang. Pasalnya, proyek tol tersebut telah dimulai sejak 1996 tapi tak kunjung usai hingga saat ini.

Menko Luhut pun berkomitmen untuk membahas pengerjaan Tol Becakayu dalam rapat koordinasi untuk percepatan pembangunan.

"Saya akan bawa ini ke rakor agar tol dapat segera digunakan tahun 2022," ujar Menko Luhut dalam pernyataannya, Jakarta, (25/12).

Menko Luhut menyatakan, pengerjaan Tol Becakkayu ini penting untuk segera dituntaskan. Mengingat, proyek tersebut telah mangkrak hingga 25 tahun.

"Pembangunan jalan Tol Becakayu ini sudah dimulai dari tahun 1996, tetapi masih dalam proses penyelesaian hingga sekarang. Oleh karena itu, proyek ini harus segera kita tuntaskan," ungkap Menko

Terkait pendanaan, Menko Luhut menyebut ada dua skema yang bisa dilakukan. Antara lain melalui kerja sama investasi asing maupun lewat penyertaan modal negara (PMN).

"Kalau proyek ini bisa segera diselesaikan, kita dapat merasakan manfaat yang luas, utamanya dalam mengurangi kemacetan dan memberikan akses yang lebih mudah bagi masyarakat," tambah Menko Luhut.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Maret 2022 Bisa Beroperasi

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, melakukan kunjungan kerja ke proyek Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Tol Becakayu)
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, melakukan kunjungan kerja ke proyek Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Tol Becakayu) (dok: Maul)

Direktur Utama PT Waskita Karya Destiawan Soewardjono, sebagai perusahaan pelaksana pembangunan, menambahkan bahwa Maret 2022 mendatang tol dapat segera dioperasikan.

"Lalu lintas harian di tol ini pada satu sisi sudah mencapai 17.000 kendaraan per hari, sehingga terlihat jelas manfaatnya bagi masyarakat," ujarnya.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya