6 Resolusi Tahun Baru 2022 yang Perlu Dipertimbangkan Pelaku Usaha

Resolusi menjadi momentum penting melakukan pembaruan dan perubahan dalam hidup.

oleh Gilar Ramdhani diperbarui 30 Des 2021, 15:21 WIB
Diterbitkan 30 Des 2021, 15:02 WIB
Ilustrasi wajah bahagia
Ilustrasi wajah bahagia/Shutterstock.

Liputan6.com, Jakarta Resolusi tahun baru dapat membantu setiap orang mendapatkan perspektif dan mencapai tujuan menjadi individu yang lebih kuat baik secara pribadi maupun profesional. Begitu pentingnya resolusi, tak heran jika kata ini menjadi populer di momen pergantian tahun atau saat memasuki tahun baru. 

Resolusi menjadi momentum penting melakukan pembaruan dan perubahan dalam hidup. Tak memandang status dan jabatan, resolusi perlu dimiliki oleh siapa saja, termasuk para pelaku usaha yang dalam prosesnya selalu menghadapi tantangan baru.

Berikut 6 resolusi yang perlu dipertimbangkan oleh setiap pelaku usaha saat menyambut tahun yang baru datang.

1. Pahami keuangan Anda

Setiap orang, apalagi pelaku usaha perlu memahami dasar-dasar keuangan dan akuntansi. Hal ini akan membantu Anda untuk membuat prediksi keuangan dengan mempertimbangkan pemasukan, biaya operasional, aset-aset, dan pengeluaran. 

Sebagai pelaku usaha penting untuk menekan pengeluaran dan menghindari tagihan yang menumpuk. Ukur kemajuan bisnis sehingga Anda tahu apakah mencapai target atau tidak.

2. Menjadi Pemimpin yang Lebih Kuat

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi pelaku usaha adalah menjadi pemimpin yang lebih kuat dan efektif. Terlebih bila memiliki banyak karyawan dan jaringan bisnis. Sebagai pemimpin dan pelaku usaha, bukan hanya pandai mengelola keuangan tapi juga memanfaatkan sumber daya yang ada. 

Mampu mendelegasikan tugas, memotivasi karyawan saat semangat kerja rendah, menciptakan lingkungan yang bisa menghasilkan kreativitas dan pemikiran yang tidak biasa. Dengan begitu, Anda tidak akan pernah kehilangan arah dalam menjalankan bisnis.

3. Manfaatkan Saluran Digital dan Online

Di era teknologi informasi yang berkembang pesat, pelaku bisnis wajib untuk go digital. Memanfaatkan segala media sosial dan platform digital yang ada menjadi salah satu cara terbaik untuk terlibat dan berinteraksi dengan pelanggan, menyebarkan merek, dan terhubung dengan pemberi pengaruh dan investor di industri Anda. 

Gunakan semua saluran digital yang ada, kolaborasi dengan berbagai komunitas dan pelaku bisnis lain. Niscaya, usaha Anda akan bisa bertahan dan peluang untuk berkembang menjadi lebih besar.

4. Rekrut Pekerja Lebih Pintar

Mempekerjakan orang yang tepat sangat penting bagi kemajuan bisnis. Mereka akan dapat mengeluarkan kemampuan yang terbaik dari Anda dan tim saat ini.

Terkadang memang tidak murah, tapi dampaknya bisa begitu besar bagi kemajuan bisnis dan hasil yang akan Anda peroleh di kemudian hari.

5. Ikuti Terus Perkembangan Terkini

Pengetahuan terhadap perkembangan berita terkini akan membantu dalam membuat strategi bisnis, menentukan pasar dan membuat keputusan yang lebih tepat. Ingat, kita sekarang hidup di era teknologi informasi yang pesat dan juga situasi pandemi. Apa yang terjadi di dunia, apalagi negara sendiri dapat memengaruhi bisnis.

6. Lebih Berempati dan Ingat Alasan Anda Jadi Pengusaha

Empati adalah salah satu sifat paling menguntungkan yang dapat dimiliki seorang wirausahawan. Berkomunikasi secara empatik dengan pelanggan, karyawan, pemegang saham, dan investor membantu bisnis Anda berhasil.

Anda akan memahami apa yang penting bagi mereka dan mereka akan menghargai bahwa Anda cukup peduli dengan menjadikan mereka sebagai prioritas.

Terlepas dari apakah Anda berada dalam masa sulit atau menikmati pertumbuhan, jangan pernah lupa alasan mengapa Anda menjadi pengusaha sejak awal. Gunakan itu untuk memandu Anda maju.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dukung resolusi Anda dengan membuka Tabungan Simpedes

Simpedes BISA
Tiga+1 Keuntungan dalam Satu Tabungan' di Simpedes BISA/Istimewa.

Di tabungan Simpedes dari BRI, kamu bisa mendapatkan 'Tiga+1 Keuntungan dalam Satu Tabungan'. Simpedes BISA merupakan tabungan yang memiliki 3 fitur utama yaitu saving/trx (rekening induk), investasi (rekening berjangka dan DPLK) dan proteksi (asuransi mikro AM-KKM, Rumahku dan kerusakan tempat usaha), dalam 1 kali pembukaan rekening sehingga memudahkan nasabah.

Keunggulan produk ini adalah, nasabah cukup melakukan setoran awal minimal Rp50 ribu, bebas biaya admin, tidak ada saldo mengendap. Menariknya lagi adalah dapat nasabah dapat itu serta dalam undian Simpedes serta difasilitasi dengan BRIMO dari kartu ATM GPN simpedes Classic/Gold.

Segera buka rekening Simpedes BISA dan dapatkan tiga fungsinya sekaligus, plus mendapatkan hadiah asuransi AMKKM dan cashback hingga Rp100 ribu.

Informasi lebih lanjut klik di sini dan ikuti instagram @bankbri_id.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya