Sederet Fakta Kabar Jokowi Bakal Reshuffle Kabinet Hari Ini

Berikut sederet fakta tentang reshuffle kabinet pemerintahan Jokowi yang dikabarkan akan berlangsung pada Rabu hari ini (15/6).

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 15 Jun 2022, 13:51 WIB
Diterbitkan 15 Jun 2022, 13:50 WIB
Pelantikan Menteri Kabinet Indonesia Maju
Presiden Joko Widodo atau Jokowi didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin berfoto bersama jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju yang baru dilantik di tangga beranda Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan melakukan reshuffle kabinet pada Rabu hari ini (15/6/2022).

Sejumlah tokoh pun telah tiba di Istana Kepresidenan Jakarta, jelang pelantikan menteri dan wakil menteri baru.

Kabar reshuffle kabinet hari ini dibenarkan oleh sumber Liputan6.com di lingkungan pemerintahan. Dia mengatakan, ada sejumlah tokoh yang akan mengisi posisi di kabinet.

Berikut adalah sederet fakta tentang reshuffle kabinet pemerintahan Jokowi yang dikabarkan akan berlangsung hari ini : 

 

Sumber sebut ada 2 menteri baru dalam reshuffle kabinet

Sumber Liputan6.com di lingkungan pemerintahan menyebut, hanya dua menteri yang direshuffle kali ini.

"Pelantikan jam 14.00," kata sumber tersebut, dikutip Rabu (15/6/2022).

 

Muncul kabar Zulkifli Hasan bakal jadi Menteri Perdagangan

Sumber yang sama menyebut Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan akan mengisi posisi Menteri Perdagangan (Mendag). Jika benar, Zulhas akan menggantikan posisi M. Luthfi.

Namun, dalam tanggapannya terhadap kabar tersebut, Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan, Suhanto, mengaku belum mendapatkan informasi resmi terkait kabar yang berdar penggantian Mendag Muhammad Lutfi.

Pihaknya akan menunggu informasi lebih lanjut dari Presiden.

"Secara resmi kami belum dapat informasi, sama dengan yang lain dapat info dari kabar yang beredar. Kami tunggu pengumuman resmi dari Presiden," kata Suhanto kepada Liputan6.com.

 

Mantan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dikabarkan akan jadi Menteri ATR/BPN

Selain itu, mantan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto juga dikabarkan akan masuk ke kabinet dengan jabatan Menteri Agararia dan Tata Ruang/Badan Pertahanan Nasional, menggantikan Sofyan Djalil.

"Mendag Pak Zul (Zulkifli Hasan). Pak Hadi sebagai Menteri ATR," ucap sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jokowi Disebut akan Lantik 3 Wakil Menteri

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku telah mendapatkan telepon dari perdana menteri satu negara. Kepala negara tersebut meminta Indonesia kembali mengekspor minyak goreng ke negaranya.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Pembukaan Rakornas Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2022 di Istana, Selasa (14/6/2022). Seorang perdana menteri menelepon Jokowi untuk meminta dikirimkan minyak goreng.

Jokowi juga dikabarkan melantik tiga wakil menteri. Namun, belum diketahui siapa saja tokoh yang akan dilantik menjadi wakil menteri.

"Wakil menteri (yang dilantik) tiga," ujar sumber tersebut.

 

Panggil Sejumlah Tokoh

Sebelumnya, Jokowi memanggil sejumlah tokoh dan menteri ke Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa 14 Juni 2022 sore. Mulai dari, Menteri Perdagangan (Mendag) M.Luthfi, Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil, Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Kemudian, Wamen ATR/BPN Surya Tjandra dan Mantan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Jokowi dikabarkan turut memanggil Ketua Umum PAN Zulkifi Hasan.


Jelang Reshuffle Kabinet, Sejumlah Ketum Parpol Datangi Istana

Soal Reshuffle Kabinet Ini Kata Presiden Jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan merombak (reshuffle) kembali jajaran kabinet kerjanya. Lalu siapakah yang diganti dan masih bertahan? (Foto: Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah tokoh pun telah tiba di Istana Kepresidenan Jakarta, jelang pelantikan menteri dan wakil menteri baru.

Adapun pelantikan akan dilakukan pada pukul 14.00 WIB di Istana Negara Jakarta. Tokoh yang terpantau sudah tiba di Istana salah satunya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang juga Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto pada pukul 11.43 WIB.

Selain itu, Menteri Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) serta Ketua Umum PPP, Suharso Monoarfa juga sudah tiba. Ada pula Ketua Umum Partai Gerindra yang juga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Kemudian, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan yang sudah tiba di Istana pada pukul 11.53 WIB. Zulhas sendiri dikabarkan akan menjadi Menteri Perdagangan, menggantikan M.Luthfi.

Berdasarkan informasi, beberapa tokoh yang akan tiba di Istana Negara antara lain, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Partai NasDem Surya Paloh, dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

Sejumlah tokoh yang tiba di Istana akan dijamu oleh Presiden Jokowi. Mereka akan melakukan makan siang bersama terlebih dahulu, sebelum menghadiri acara pelantikan menteri dan wakil menteri baru.

Infografis Kejengkelan Jokowi dan Ancaman Reshuffle Kabinet. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Kejengkelan Jokowi dan Ancaman Reshuffle Kabinet. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya