Pelabuhan Ciwandan Bakal Dioperasikan Urai Kepadatan Mudik Lebaran 2023

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengoperasikan pelabuhan Ciwandan, Banten pada periode mudik lebaran 2023 nanti.

oleh Arief Rahman Hakim diperbarui 13 Mar 2023, 15:00 WIB
Diterbitkan 13 Mar 2023, 15:00 WIB
Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Hendro Sugiatno menyampaikan, di periode mudik gratis pada Lebaran 2023, Kemenhub menyediakan 495 bus. (Arief/Liputan6.com)
Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengoperasikan pelabuhan Ciwandan, Banten pada periode mudik lebaran 2023 nanti.. (Arief/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengoperasikan pelabuhan Ciwandan, Banten pada periode mudik lebaran 2023 nanti. Tujuannya, untuk mengurai kepadatan di Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno menerangkan salah satu pertimbangan pengoperasian Pelabuhan Ciwandan untuk mudik adalah tingginya prediksi pemudik tahun ini.

"Maka harus ada langkah-langkah yang luar biasa dan manajemen mudik tahun ini harus lebih baik dari tahun kemarin," kata dia dalam konferensi pers, Senin (13/3/2023).

Dia mengatakan, Pelabuhan Ciwandan nantinya akan disediakan kapal Ro-Ro yang menuju ke Pelabuhan Bakauheni. Selain itu, ada pula kapal besar yang menuju ke Pelabuhan Panjang.

Rinciannya, akan ada 12 kapal Ro-Ro untuk rute Pelabuhan Ciwandan ke Pelabuhan Bakauheni. Kemudian 3 kapal besar dari Pelabuhan Ciwandan ke Pelabuhan Panjang.

"Itu bukan alternatif tapi pelabuhan bersama saat pelaksanaan arus mudik, Ciwandan nanti akan disiapkan 12 kapal Ro-ro yang dari ciwandan ke Bakauheni dan 3 kapal besar yang layani di Pelabuhan Ciwandan ke (pelabuhan) Panjang, 1 Pelni, dan 2 PT ALP," urainya.

"Dengan pembagian itu mudah-mudahan nanti di penyeberangan dapat terbagi dengan baik," sambung Hendro.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sepeda Motor dan Truk

Pantauan udara pelabuhan merak dipadati pemudik
Foto udara pemudik dengan mobil mengantre untuk memasuki kapal "Roll on-Roll off" (RoRo) di Pelabuhan Merak, Banten, Kamis (28/4/2022). Pelabuhan Merak terpantau ramai pemudik pada puncak arus mudik H-3 Idul Fitri atau Lebaran 2022. Peningkatan pemudik dan kendaraan di pelabuhan tersebut menyebabkan kemacetan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Lebih lanjut, Hendro menerangkan, pemanfaatan pelabuhan Ciwandan nantinya diprioritaskan untuk pengguna sepeda motor dan truk yang boleh beroperasi selama lebaran 2023.

Salah satu tujuannya, adalah mengurai kepadatan yang terjadi di Pelabuhan Merak. Artinya, akan ada jalur yang berbeda untuk sepeda motor dan kendaraan mobil untuk penyeberangan.

Kendati dijadikan prioritas, Hendro tetap membuka kemungkinan kalau kendaraan selain sepeda motor dan truk untuk bisa menggunakan akses penyeberangan dan Pelabuhan Ciwandan nantinya.

"Khusus sepeda motor dan tidak campur (dengan kendaraan lain), sepeda motor diarahkan melalui pelabuhan ciwandan, sepeda motor nanti (melalui) ciwandan dan truk yang boleh operasi nanti ke ciwandan. Tapi (jenis kendaraan) yang lain bisa gunakan ciwandan (juga)," terang Hendro.

 


Mudik Gratis Kemenhub

Peserta Mudik Gratis Kemenhub Penuhi Terminal Jatijajar Depok
Petugas dengan menggunakan pengeras suara memberikan arahan kepada peserta Mudik Aman Mudik Sehat Kementerian Perhubungan di Terminal Jatijajar, Depok, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Pengguna jasa transportasi bus yang mengikuti program mudik gratis didominasi oleh pemudik yang berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur dengan syarat telah menerima vaksin booster. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kementerian Perhubungan kembali akan menggelar mudik gratis pada periode Lebaran 2023 ini. Total ada 24.072 kursi yang disediakan oleh Kemenhub ke berbagai destinasi mudik lebaran 2023.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno menyampaikan pada periode mudik gratis kali ini, pihaknya menyediakan 495 bus untuk keberangkatan mudik.

Serta, untuk arus balik mudik lebaran disediakan 126 bus. Ditambah lagi, ada 30 unit truk untuk mengangkut motor pemudik.

"Jadi kuota mudik gratis yang kita siapkan 24.072 orang, itu kuotanya," kata dia dalam Konferensi Pers, Senin (13/3/2023).

 


Pembagian

Peserta Mudik Gratis Kemenhub Penuhi Terminal Jatijajar Depok
Peserta Mudik Aman Mudik Sehat Kementerian Perhubungan bersiap menaiki bus tujuan kampung halamannya di Terminal Jatijajar, Depok, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Sekitar 3.000 penumpang diberangkatkan dengan 106 bus yang telah disiapkan oleh Dirjen Darat Kementerian Perhubungan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dia menjelaskan, untuk keberangkatan mudik, disediakan sebanyak 18.528 kursi dengan 495 bus yang berangkat. Lalu, untuk arus baliknya disediakan kuota 5.544 kursi dengan 126 bus.

"Untuk 30 unit truk yang angkut motor itu targetnya 900 unit sepeda motor. Arus mudik kita siapkan 450 unit dan kembali 450 unit," sambung Hendro.

Dia berharap masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas mudik gratis ini. Sehingga, bisa mengurangi penggunaan sepeda motor untuk mudik.

"Kami mengimbau masyarakar yang akan mudik untuk kurangi menggunakan sepeda motor atau gunakan fasilitas mudik gratis. Jadi jangan gunakan sepeda motor untuk mudik, karena risiko kecelakaannya tinggi," bebernya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya