Erick Thohir Minta Hutama Karya dan Waskita Diskon Tarif Tol saat Mudik Lebaran

Menteri BUMN Erick Thohir mengajak perusahaan BUMN Karya yang juga jadi operator tol, untuk memberikan diskon tarif tol guna mendukung arus lalu lintas mudik Lebaran 2023. 

oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana diperbarui 06 Apr 2023, 19:30 WIB
Diterbitkan 06 Apr 2023, 19:30 WIB
Sebanyak 46.902 kendaraan meninggalkan Pulau Sumatra untuk kembali ke Pulau Jawa melalui Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) via Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan. (Dok Hutama Karya)
Menteri BUMN Erick Thohir mengajak perusahaan BUMN Karya yang juga jadi operator tol, untuk memberikan diskon tarif tol guna mendukung arus lalu lintas mudik Lebaran 2023.  (Dok Hutama Karya)

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir mengajak perusahaan BUMN Karya yang juga jadi operator tol, untuk memberikan diskon tarif tol guna mendukung arus lalu lintas mudik Lebaran 2023. 

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, BUMN Karya yang juga pengelola tol seperti Hutama Karya dan Waskita bisa meniru PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Perusahaan itu memberikan diskon tarif Tol Jakarta-Cikampek (Japek) untuk jarak maksimal sebesar 20 persen pada waktu-waktu tertentu saat mudik Lebaran.

"Hutama Karya dan Waskita kita himbau lah untuk berikan diskon tarif tol di jalur-jalur tertentu. Sama seperti yang dibicarakan pak Menteri BUMN, dan PUPR, untuk bisa berikan diskon di jalur-jalur tol yg dilewati oleh jalur mudik," ujar Arya dalam acara Ngopi BUMN di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (6/4/2023).

Di sisi lain, Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur menyampaikan, dirinya selaku Ketua Umum Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) juga telah mengajak badan usaha jalan tol (BUJT) lain untuk menggelontorkan diskon tarif.

"Jauh-jauh hari sebelumnya, saya sebagai Ketua ATI sudah bicarakan nanti pada saat layanan lebaran ini, gimana tarif diskon. Kita juga pikirkan bantu pemerintah mendistribusikan hari dan jam puncak saat arus mudik dan balik," paparnya. 

Namun begitu, ajakan tersebut tampaknya belum direspon secara langsung oleh operator tol lain, baik BUMN maupun swasta. "Sampai sekarang di ATI belum ada yg jawab. Jasa Marga sudah dahului, sudah kita umumkan duluan," ungkapnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Prediksi Puncak Arus Mudik

PT Jasa Marga yang akan memberikan diskon sebesar 20 persen untuk tarif terjauh di Jalan Tol Jakarta-Cikampek bagi pemudik yang mudik Lebaran lebih awal.
PT Jasa Marga yang akan memberikan diskon sebesar 20 persen untuk tarif terjauh di Jalan Tol Jakarta-Cikampek bagi pemudik yang mudik Lebaran lebih awal.

Adapun menurut prediksi Jasa Marga, puncak arus mudik akan terjadi pada 19 April 2023. Kepadatan lalu lintas di jalan bebas hambatan bakal mulai terjadi sejak 18-21 April. 

"Oleh karena itu, pada saat mudik kita tawarkan tanggal 16-17 (April) bisa beri diskon, karena untuk mempercepat mudik, distribusikan lalu lintas. Juga untuk empati kita pada saat momen seperti ini," kata Subakti. 

Begitu pun saat arus balik Lebaran, Jasa Marga juga telah menyiapkan skenario lalu lintas guna mengurai kepadatan di jalan tol.  

"Kemudian sebagaimana kita ketahui, puncak arus balik tanggal 25 (April), ramainya sekitar tanggal 24-26 (April). Yang tak terlalu pada tanggal 27-28 (April), kita beri diskon," pungkas Subakti.

 


Diskon Tarif Tol Jakarta-Cikampek

KEPADATAN RUAS JALAN TOL
Foto udara menunjukkan kendaraan memadati Ruas tol Jakarta Cikampek, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Memasuki H-4 Lebaran 2022, volume jumlah kendaraan mengalami peningkatan hingga menyebabkan terjadinya kepadatan lalu lintas arus mudik. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan memberlakukan diskon sebesar 20 persen untuk tarif terjauh Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Diskon tarif tol 20 persen ini hanya berlaku di dua gerbang tol, yaitu Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang menuju/dari arah Trans Jawa dan GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang yang menuju/dari arah Bandung.

Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur menjelaskan, pemberlakuan diskon tarif tol 20 persen ini merupakan bentuk pelayanan dan apresiasi bagi pengguna jalan tol yang juga bertujuan untuk memaksimalkan distribusi lalu lintas.

Hal ini untuk menghindari penumpukan kendaraan pada satu tanggal tertentu, terutama tanggal-tanggal yang telah diprediksi menjadi puncak arus mudik dan arus balik Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

“Kami memprediksi puncak arus mudik di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Km 66) akan jatuh pada H-3 atau pada Rabu, 19 April 2023, yaitu sebesar 138 ribu kendaraan atau mengalami kenaikan hingga 154 persen dibandingkan dengan lalu lintas normal (54 ribu kendaraan) atau naik 2 persen dari Puncak Arus Mudik Lebaran 2022 (135 ribu kendaraan)," kata Subakti, dikutip Kamis (6/4/2023).

"Sementara itu, untuk puncak arus balik kami prediksi terjadi pada H+2 atau pada Selasa, 25 April 2023, yaitu sebesar 178 ribu kendaraan yang peningkatannya mencapai 237 persen dibandingkan normal (53 ribu kendaraan) atau naik 5 persen dari Puncak Arus Balik Lebaran 2022 (170 ribu kendaraan). Berdasarkan inilah, diskon tidak diberikan di waktu yang diprediksi menjadi puncak arus mudik dan balik agar lalu lintas dapat terdistribusi dengan baik,” lanjut dia.

Subakti berharap diskon tarif tol ini dapat menarik minat dan menjadi acuan bagi masyarakat untuk merencanakan perjalanan mudik dengan lebih baik lagi.

Periode pemberlakuan diskon tarif tol 20 persen di Jalan Tol Jakarta-Cikampek yaitu pada Minggu, 16 April 2023 pukul 06.00 WIB hingga Selasa, 18 April 2023 pukul 06.00 WIB.

Tidak hanya pada arus mudik, Jasa Marga juga akan memberlakukan diskon tarif tol 20 persen di Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada periode arus balik yaitu pada Kamis, 27 April 2023 pukul 06.00 WIB hingga Sabtu, 29 April 2023 pukul 06.00 WIB

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya