Elon Musk Beri Sinyal X Alias Twitter Jadi Media Sosial Berbayar, Mulai Kapan?

Elon Musk telah menyarankan agar semua pengguna X, yang sebelumnya bernama Twitter, untuk membayar agar dapat mengakses platform tersebut.

oleh Vatrischa Putri Nur Sutrisno diperbarui 20 Sep 2023, 19:15 WIB
Diterbitkan 20 Sep 2023, 19:15 WIB
Miliarder Elon Musk dinilai terobsesi dengan huruf X (foto: X @elonmusk)
Miliarder Elon Musk dinilai terobsesi dengan huruf X (foto: X @elonmusk)

Liputan6.com, Jakarta - Elon Musk telah menyarankan agar semua pengguna X, yang sebelumnya bernama Twitter, untuk membayar agar dapat mengakses platform tersebut.

Dalam sebuah percakapan dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Elon Musk ini mengatakan bahwa sistem pembayaran adalah satu-satunya cara untuk melawan bot.

 

"Kami akan menerapkan pembayaran bulanan yang kecil untuk penggunaan sistem ini," kata bos Tesla dan SpaceX tersebut.

BBC telah menghubungi X untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, namun belum mendapatkan pernyataan dari perusahaan tersebut.

Tidak jelas apakah ini hanya sebuah komentar tanpa basa-basi, atau sebuah sinyal dari rencana yang lebih tegas yang belum diumumkan.

Musk telah lama mengatakan bahwa solusinya untuk menyingkirkan bot dan akun palsu di platform media sosial adalah dengan memungut biaya verifikasi.

Sejak mengambil alih Twitter tahun lalu, ia telah berupaya memberikan insentif kepada pengguna untuk membayar layanan yang telah disempurnakan, yang sekarang disebut X Premium.

Hal ini dilakukan dengan memberikan lebih banyak fitur kepada pelanggan berbayar, seperti postingan yang lebih panjang dan peningkatan visibilitas di platform.

Saat Ini Twitter Alias X Masih Gratis

Namun, saat ini pengguna masih dapat menggunakan X secara gratis.

Meskipun ada kepentingan finansial yang jelas bagi perusahaan untuk menagih pengguna, Musk bersikeras bahwa membuat orang membayar layanan ini bertujuan untuk mengatasi bot.

"Biaya pembuatan bot hanya sepersekian sen," katanya.

"Tetapi jika seseorang harus membayar beberapa dolar atau semacamnya, dalam jumlah yang kecil, biaya efektif untuk bot akan sangat tinggi," lanjut miliarder tersebut.

X Premium saat ini berharga USD 8 (Rp 123 ribu) per bulan di AS. Sedang di Indonesia dihargai Rp 120 untuk pengguna web dan Rp 165 ribu bagi pengguna iOS dan android. Harganya berbeda tergantung di negara mana pelanggan berada.

 

 


Opsi Lebih Murah Bagi Pengguna

Logo Twitter
Logo Twitter di bawah pimpinan Elon Musk. (Doc: Punch Newspaper)

Orang terkaya di dunia ini mengatakan bahwa dia sekarang melihat opsi yang lebih murah untuk pengguna.

"Kami sebenarnya akan memberikan harga yang lebih rendah. Jadi kami hanya ingin agar harganya sedikit," katanya.

"Ini adalah diskusi yang lebih panjang, tetapi dalam pandangan saya, ini sebenarnya adalah satu-satunya pertahanan terhadap pasukan bot yang sangat besar," tambah Musk.

Namun, risikonya adalah dengan menempatkan X sebagai aplikasi berbayar, X dapat kehilangan sebagian besar penggunanya. Hal itu pada gilirannya dapat menurunkan pendapatan iklan, yang saat ini menyumbang sebagian besar pendapatan perusahaan.


Antisemitisme di X

Elon Musk memasang X raksasa di Twitter HQ
Logo X mulai muncul di bagian atas Twitter versi desktop pada hari Senin. (AP Photo/Haven Daley)

Percakapan Musk dengan perdana menteri Israel juga menyinggung tentang antisemitisme di X.

Platform ini dituduh oleh kelompok kampanye Anti-Defamation League (ADL) tidak melakukan cukup banyak hal untuk menghentikan konten antisemitisme.

Dalam sebuah pernyataan, organisasi tersebut mengatakan bahwa Musk "terlibat dengan dan mengangkat" antisemit.

Awal bulan ini, ia mengatakan bahwa perusahaan akan menuntut ADL untuk "membersihkan nama baik platform kami".

Dalam percakapan dengan Netanyahu, Musk menegaskan bahwa ia "menentang antisemitisme".

Netanyahu mengakui bahwa keseimbangan antara kebebasan berbicara dan moderasi konten merupakan sebuah tantangan, namun ia mendesak Musk untuk menyeimbangkannya dengan benar.

"Saya harap Anda menemukan dalam batas-batas Amandemen Pertama, kemampuan untuk menghentikan tidak hanya antisemitisme ... tetapi juga kebencian kolektif terhadap orang-orang yang diwakili oleh antisemitisme," katanya.

"Saya tahu Anda berkomitmen untuk itu," tambah Netanyahu.

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya