BPKP Pelototi Proses Seleksi CASN 2023, Mulai Perencanaan hingga Pengangkatan CPNS

Ruang lingkup pengawasan yang dilakukan BPKP mulai dari tahap perencanaan sampai dengan pengangkatan ASN.

oleh Tira Santia diperbarui 22 Sep 2023, 17:00 WIB
Diterbitkan 22 Sep 2023, 17:00 WIB
BPKP membuka seleksi calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun anggaran 2022. Pendaftaran seleksi dibuka mulai 21 Desember 2022. (Dok BPKP)
BPKP bersama APIP Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah berkolaborasi dan bersinergi mengawasi jalannya pengadaan sampai dengan pelantikan dalam rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2023. (Dok BPKP)

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) bersama Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah berkolaborasi dan bersinergi mengawasi jalannya pengadaan sampai dengan pelantikan dalam rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2023.

Deputi Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Bidang Polhukam PMK Iwan Taufiq Purwanto menjelaskan, pengawalan tersebut tertuang dalam amanat UU Nomor 5 Tahun 2014 dan PP Nomor 11 tahun 2017, BPKP merupakan salah satu unsur Panitia Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Nasional (Panselnas). Adapun peran BPKP dalam panselnas adalah sebagai Tim Pengawas.

“BPKP berperan menjadi tim pengawas dengan tugas, mendesain pengawasan pengadaan Aparatur Sipil Negara (ASN), melakukan pengawasan terhadap tahapan pengadaan ASN yang berkoordinasi dengan Tim Audit Teknologi, Tim Quality Assurance (QA) serta APIP Kementerian, Lembaga dan Pemda,” kata Iwan dalam rapat koordinasi persiapan pengawasan pengadaan ASN tahun 2023, Jumat (22/9/2023).

Ruang lingkup pengawasan yang dilakukan BPKP mulai dari tahap perencanaan sampai dengan pengangkatan ASN. BPKP bersama dengan APIP di Kementerian, Lembaga dan Pemda melakukan consulting dan assurance guna menjamin akuntabilitas keuangan dan akuntabilitas kinerja dalam mencapai tujuan pengadaan ASN bagi instansi Kementerian, Lembaga dan Pemda sebagai pelaksana program dan masyarakat selaku penerima manfaat.

Di sisi lain, BPKP telah mengidentifikasi beberapa risiko dalam pengadaan ASN diantaranya, gangguan teknis seperti aliran listrik, sambungan internet, penggunaan joki dan masih lambatnya respon dari helpdesk terhadap permasalahan peserta.

Penerimaan CASN tahun ini dari data Kementerian PANRB berjumlah 72 Kementerian / Lembaga dan 524 Pemda. Oleh karena itu, diharapkan sebanyak 72 APIP Kementerian/Lembaga dan 524 APIP Pemda ikut melakukan pengawasan pengadaan ASN di lingkup masing-masing instansi.

BPKP telah menyediakan sarana pengawasan berupa pedoman pengawasan dan aplikasi pegawasan pengadaan ASN (SiPP ASN).

“BPKP bersama dengan APIP di Kementerian, Lembaga dan Pemda bersinergi, berkolaborasi dalam melakukan pengawasan agar menghasilkan ASN yang profesional, bebas dari intervensi politik, bersih dari korupsi, kolusi dan nepotisme," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Simak, Cara Daftar Akun SSCASN 2023 dan Formasi yang Dibutuhkan

Ujian SKB CPNS Surabaya
Peserta mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) di Surabaya, Selasa (22/9/2020). Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Surabaya menggelar ujian SKB yang diikuti 1.142 peserta CPNS dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 secara ketat. (Juni Kriswanto/AFP)

Pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2023 sudah dimulai sejak Rabu (20/9/2023). Pendaftaran ini dibuka untuk rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Perlu diketahui, pendaftaran CASN 2023 harus dimulai dengan membuat akun di laman resmi SSCASN BKN atau melalui link https://sscasn.bkn.go.id/.

Berdasarkan jadwal terbarunya, pendaftaran berlangsung mulai 20 September 2023 hingga 9 Oktober 2023.

Selain itu, para pendaftar disarankan untuk mendaftar menggunakan laptop atau desktop dan hindari pendaftaran menggunakan handphone.

Adapun pendaftar juga diminta memeriksa jaringan internet agar pengisian formulir dapat berlangsung dengan lancar. Berikut akan dijelaskan cara daftar akun SSCASN 2023.  


Cara Daftar Akun SSCASN 2023

Pendaftaran PPPK di SSCASN 2022
Pendaftaran PPPK di SSCASN 2022

Beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk membuat akun baru SSCASN 2023 untuk mendaftar CASN 2023 adalah sebagai berikut:

  1. Buka situs resmi SSCASN 2023 atau melalui link berikut https://sscasn.bkn.go.id/.
  2. Pilih bagian ‘Daftar’ yang tersedia pada laman tersebut.
  3. Setelah itu isi formulir pendaftaran dengan benar.
  4. Pastikan data dan dokumen yang dimasukan adalah data yang aktif dan benar.
  5. Pastikan verifikasi nomor telepon dan email aktif dan benar.
  6. Tunggu proses verifikasi.
  7. Setelah itu lakukan login ke akun SSCASN dengan menggunakan NIK dan password setelah mendapatkan email verifikasi.
  8. Jika sudah berhasil login lanjutkan dengan melengkapi profil dan memilih instansi untuk CPNS dan PPPK.
  9. Lalu jika formasi telah dipilih maka pilih formasi dan klik ‘Daftar’.

Formasi CASN 2023

Pengumuman CPNS
Pengumuman tahap pertama pendaftaran CPNS 2021 bisa dilihat pada portal SSCASN melalui akun masing-masing pelamar.

Para pendaftar juga bisa melihat formasi CASN 2023 yang tersedia baik formasi untuk CPNS atau PPPK. Iormasi tersebut bisa dilihat melalui laman SSCASN atau link berikut https://sscasn.bkn.go.id/, lebih jelasnya berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka situs SSCASN 2023 atau melalui link https://sscasn.bkn.go.id/.
  2. Pada halaman laman terdapat kolom yang bisa diisi dengan tingkat pendidikan pendaftar.
  3. Klik bagian ‘Pilih Tingkat Pendidikan’ sesuai dengan tingkat pendidikan terakhir pendaftar.
  4. Setelah itu klik bagian ‘Cari program studi’ sesuai dengan program studi terakhir pendaftar.
  5. Adapun klik pilihan ‘Cari instansi’ merupakan pilihan opsional dari instansi yang ingin didaftarkan.
  6. Jika pendaftar ingin mengetahui formasi berdasarkan jenis pendaftarannya bisa klik bagian ‘Semua Jenis Pengadaan’.
  7. Pada bagian tersebut kita bisa melihat formasi CPNS, PPPK Guru, PPPK Teknis, hingga PPPK Tenaga Kesehatan.

  

Infografis Lowongan Besar-besaran CPNS dan PPPK 2019
Infografis Lowongan Besar-besaran CPNS dan PPPK 2019. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya