Angkasa Pura II Bawa UMKM Indonesia Unjuk Gigi ke Los Angeles AS

PT Angkasa Pura II buka peluang produk UMKM untuk ikut dipasarkan di luar negeri. Seperti pada tahun lalu, yang dipasarkan hingga ke Turki dan Eropa.

oleh Pramita Tristiawati diperbarui 08 Okt 2023, 12:30 WIB
Diterbitkan 08 Okt 2023, 12:30 WIB
Produk UMKM Lokal Dipamerkan AP II Hingga ke Eropa
PT Angkasa Pura II buka peluang produk UMKM untuk ikut dipasarkan di luar negeri. Seperti pada tahun lalu, yang dipasarkan hingga ke Turki dan Eropa.

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II berencana untuk kembali memasarkan produk UMKM Indonesia ke luar negeri. Hal ini sudah pernah mereka jalankan pada tahun lalu yang membawa UMKM Indonesia unjuk gigi ke Turki dan Eropa.

"Jadi kita memanfaatkan kemitraan di luar negeri dan juga dari kementerian, program memajukan UMKM di luar negeri, pasti kita ikut dan bawa produk UMKM yang sudah kita bina. Terakhir itu, kita sudah ke Turki dan Belanda, terutama negara-negara Eropa, mereka senang dengan produk UMKM kita," tutur Ajar Setiadi, Direktur Human Capital PT Angkasa Pura II, ditulis Minggu (8/10/2023).

Selanjutnya, Angkasa Pura II sudah mendapatkan tawaran untuk membawa produk UMKM binaannya ke Amerika Serikat (AS, tepatnya di Los Angeles. Makanya, akan ada seleksi untuk membawa produk lokal yang terbaik.

 

"Kita kan enggak bisa bawa sama orangnya, produknya nanti yang kita bawa, lalu dipasarkan di sana,"katanya.

 Sementara, bukan hanya membantu pasarkan hingga ke mancanegara, AP II mengaku, fokus juga mengembangkan produk UMKM dalam negeri di 20 bandara yang berada di naungannya. Seperti di Bandara Internasional Soekarno Hatta, dimana ada lokasi berdagang atau pameran gratis secara bergilir, bagi UMKM tiap daerah di Bandara Soetta.

"Digilir setiap bulan, gratis, ini sudah provinsi atau wilayah ke 9 yaitu Sumatera Barat. Ketika di sini sudah selesai, mereka mau lebih maju lagi membawa produk berkualitasnya di area komersil, itu kami beri potongan harga sewa hingga 30 persen,"katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Giliran Minangkabau

PT Angkasa Pura II menggandeng UMKM dalam pameran di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta.
PT Angkasa Pura II menggandeng UMKM dalam pameran di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Sementara, menurut Indrawansyah selaku EGM Bandara Internasional Minangkabau, ada 40 UMKM asal wilayahnya, yang memamerkan produknya di Bandara Soekarno Hatta selama bulan Oktober ini.

"Total itu sebenarnya ada lebih dari 3.600an UMKM binaan kami, lalu diseleksi ada 40-an UMKM yang lolos untuk pameran di Bandara Soekarno Hatta. Jadi mereka akan berjualan di sini secara bergantian selama satu bulan,"katanya.

Produk seperti berbagai varian rendang kemasan, kopi khas Sumatera Barat, songket, dan berbagai kuliner khas lainnya, bisa ditemukan di pameran tersebut.

Infografis Prediksi Perekonomian 60 Negara Bakal Ambruk. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Prediksi Perekonomian 60 Negara Bakal Ambruk. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya