Hari Pertama Ngantor, Amran Sulaiman Langsung Keliling Kantin Kementan

Mentan Amran Sulaiman tiba di Kantor Kementan pukul 11.27 WIB. Dia langsung disambut Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi dan sejumlah Direktur Jenderal Kementan.

oleh Arief Rahman Hakim diperbarui 25 Okt 2023, 13:15 WIB
Diterbitkan 25 Okt 2023, 13:15 WIB
Usai dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menteri Pertanian pada Rabu pagi ini, Amran Sulaiman langsung meluncur ke Kantor Kementerian Pertanian (Kementan). Dia langsung disambut Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi.
Usai dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menteri Pertanian pada Rabu pagi ini, Amran Sulaiman langsung meluncur ke Kantor Kementerian Pertanian (Kementan). Dia langsung disambut Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi dan sejumlah Direktur Jenderal Kementan. (Arief/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Andi Amran Sulaiman menjadi Menteri Pertanian (Mentan) untuk sisa masa jabatan periode 2019-2024 pada Rabu, (25/10/2023) pukul 09.00 WIB.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman langsung bergegas ke kantor Kementerian Pertanian usai dilantik. Usai bercengkerama dengan sejumlah pejabat, dia langsung menyambangi kantin Kementan.

Kunjungannya ke Kantin Kementan dalam rangka menyapa seluruh pegawai Kementerian Pertanian. Dia juga berkeliling sambil menyapa beberapa penjual makanan di kantin Kementan.

Tak cuma itu, sesekali ada pegawai Kementan hingga Badan Pangan Nasional (Bapanas) yang berfoto bersama ditengah riuh makan siang. 

Informasi, Amran Sulaiman tiba di Kantor Kementan pukul 11.27 WIB. Dia langsung disambut Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi dan sejumlah Direktur Jenderal Kementan. 

Usai bertegur sapa sejenak di kantornya, Amran Sulaiman berjalan ke arah kantin Kementan sekitar pukul 12.10 WIB. Di kantin itu, dia menyapa beberapa pegawai Kementan yang tengah menyantap makan siang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kembali 'Ngantor' di Kementan

Usai dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menteri Pertanian pada Rabu pagi ini, Amran Sulaiman langsung meluncur ke Kantor Kementerian Pertanian (Kementan). Dia langsung disambut Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi.
Usai dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menteri Pertanian pada Rabu pagi ini, Amran Sulaiman langsung meluncur ke Kantor Kementerian Pertanian (Kementan). Dia langsung disambut Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi dan sejumlah Direktur Jenderal Kementan. (Arief/Liputan6.com)

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman kembali menyambangi kantor Kementerian Pertanian usai dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia mengaku tak menduga akan kembali ke kantornya dulu.

Diketahui, Amran Sulaiman pernah menjabat Mentan pada periode 2014-2019 di masa Presiden Jokowi periode pertama. 

"Pertama-tama kami mengucapkan terima kasih kepada bapak Presiden Republik Indonesia memberikan amanah kepercayaan hari ini," ujarnya di Kantor Kementan, Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Dia menilai hal ini sebagai kejutan baginya. Amran tak menduga akan kembali ditunjuk Jokowi menjabat Menteri Pertanian.

"Sebelumnya kami tidak pernah menduga bahwa akan kembali lagi kesini setelah 4 tahun tinggalkan kantor Kementerian Pertanian," ungkap Amran.

 


Apresiasi Wamentan Harvick

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman.
Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman.

Dia secara khusus mengapresiasi Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi. Amran menyebut sejalan dengan Harvick pada konteks kebijakan yang akan diambil kedepannya.

Amran Sulaiman menyampaikan tujuannya di Kementan adalah membangkitkan sektor pertanian Tanah Air.

"Saya terima kasih terkhusus pak Wamen, ini adalah saudara saya, ini adalah saudara kembar, apa omongannya beliau itu omongan saya nantinya," kata dia.

"Ini tujuan kita satu bagaimana Indonesia bangkit sektor pertanian," sambung dia.


Singgung El Nino

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman kembali menyambangi kantor Kementerian Pertanian usai dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia mengaku tak menduga akan kembali ke kantornya dulu.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menyinggung berkah turunnya hujan usai pelantikannya. Dia menyambungkan hal ini sebagai baikan usai kekeringan akibat badai El Nino.

Menurutnya, momen turun hujan ketika pelantikan Menteri Pertanian di Istana Negara, Jakarta, jadi pertanda baik. Hujan yang turun diartikan sebagai berkah dan bentuk berakhirnya badai El Nino.

"Ada yang menarik, pelantikan hari ini penuh berkah, tiba-tiba El Nino berubah menjadi hujan, El Nino menghilang. Ini adalah berkah untuk kita semua," ujarnya di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Dia mengungkap, turunnya hujan memang dinanti-nanti selama badai El Nino berdampak ke Indonesia. 

Turunnya hujan ini juga yang jadi alasan Amran Sulaiman langsung bergegas ke Kantor Kementan dan meninggalkan Istana Negara usai pelantikan.

"Ini sangat kita nantikan selama El Nino. Alhamdulillah hari ini hujan, sehingga saya tidak menunda, langsung ke sini, karena menjemput berkah, menjemput takdir," bebernya.

infografis hari tani nasional
jumlah petani indonesia turun sejak tiga tahun terakhir (liputan6/yasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya