Harga Minyak Mentah Dunia Turun Tipis, Menanti Ekonomi China Pulih

Harga minyak turun tipis pada Senin pagi karena pasar mencerna komentar dari pejabat Federal Reserve AS

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 20 Feb 2024, 08:00 WIB
Diterbitkan 20 Feb 2024, 08:00 WIB
Ilustrasi harga minyak dunia
Ilustrasi harga minyak dunia (dok: Foto AI)

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak turun tipis pada Senin pagi karena pasar mencerna komentar dari pejabat Federal Reserve AS yang menunjuk pada sikap yang lebih sabar mengenai potensi penurunan suku bunga.

Dikutip dari CNBC, Selasa (20/2/2024), harga minyak mentah berjangka Brent turun 58 sen, atau 0,69%, menjadi USD 82,89 per barel. Minyak mentah West Texas Intermediate AS adalah 35 sen, atau 0,44%, lebih rendah pada USD 78,84 pada 0138 GMT.

Pasar belum melihat arah permintaan dari Tiongkok setelah negara tersebut kembali dari liburan Tahun Baru Imlek selama seminggu. Sementara Hari Presiden di Amerika Serikat diperkirakan akan menjaga perdagangan relatif tenang.

Setelah seminggu data ekonomi AS mengecewakan – menunjukkan kenaikan harga dan penurunan penjualan ritel dan produksi pabrik – para pengambil kebijakan Federal Reserve pada hari Jumat mengisyaratkan “kesabaran” terhadap penurunan suku bunga. Suku bunga yang lebih tinggi akan menambah biaya pembelian minyak, sehingga menyebabkan tren pasar bearish.

Update Timur Tengah

Selama akhir pekan, ketegangan di Timur Tengah terus berlanjut ketika serangan Israel membuat rumah sakit terbesar kedua di Jalur Gaza tidak berfungsi, dan pejuang Houthi yang bersekutu dengan Iran di Yaman mengaku bertanggung jawab atas serangan terhadap kapal tanker minyak tujuan India.

Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC), akan mampu mengatasi “sebagian besar gangguan”, analis ANZ Research mengatakan dalam catatan kliennya, karena kapasitas cadangannya berada pada level tertinggi dalam delapan tahun yaitu 6,4 juta barel minyak per minyak. hari.

“Pasar juga diingatkan akan prospek permintaan minyak yang tidak menentu, dimana Badan Energi Internasional (IEA) memperingatkan bahwa pertumbuhan diperkirakan akan melemah pada tahun 2024,” kata ANZ. Badan tersebut memperkirakan surplus pasar sepanjang tahun ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Rencana PBB

Ilustrasi Harga Minyak
Ilustrasi Harga Minyak

Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa kemungkinan akan melakukan pemungutan suara pada hari Selasa mengenai desakan Aljazair agar badan beranggotakan 15 negara itu menuntut gencatan senjata kemanusiaan segera dalam konflik Israel-Hamas, kata para diplomat, dan Amerika Serikat mengisyaratkan akan memvetonya.

Di Eropa, Rusia pada Minggu mengatakan pihaknya menguasai penuh kota Avdiivka di Ukraina, yang merupakan perolehan terbesarnya dalam sembilan bulan, beberapa hari menjelang peringatan dua tahun invasi mereka.

Belum jelas apakah kematian Alexei Navalny, lawan paling terkenal dari Presiden Vladimir Putin, di koloni hukuman Arktik Rusia pada hari Jumat akan memicu sanksi baru terhadap Moskow, eksportir minyak terbesar kedua di dunia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya