Menhub: Taksi Terbang di IKN Harus Sesuai Regulasi Internasional

Izin internasional taksi terbang di IKN yang dimaksud Menhub Budi Karya diterbitkan oleh Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) dan Asosiasi Pengangkutan Udara Internasional (IATA)

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 29 Jul 2024, 18:15 WIB
Diterbitkan 29 Jul 2024, 18:15 WIB
Taksi Terbang
Purwarupa taksi terbang yang dipamerkan di hanggar Bandara APT Pranoto Samarinda saat uji coba terbang. (foto: Abdul Jalil)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menegaskan bahwa izin dari lembaga aviasi internasional merupakan persyaratan penting yang harus dipenuhi oleh operator taksi terbang untuk dapat beroperasi di kawasan pusat Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Dalam mempertimbangkan operasional taksi terbang di IKN, izin dari lembaga aviasi internasional menjadi salah satu aspek utama yang kami perhatikan," kata Budi Karya Sumadi di Istana Garuda IKN, dikutip dari Antara, Senin (29/7/2024).

Izin internasional yang dimaksud Budi Karya diterbitkan oleh Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) dan Asosiasi Pengangkutan Udara Internasional (IATA).

Ia menekankan pentingnya regulasi ini untuk menjamin keamanan pengguna, mengingat status IKN sebagai kawasan ibu kota.

"Segala kegiatan yang dilakukan harus sesuai dengan standar internasional aviasi. Selain itu, sebagai ibu kota, keamanan di IKN harus benar-benar terjamin," ujarnya.

Hyundai Sedang Uji Coba

Budi Karya juga menyebut bahwa perusahaan asal Korea Selatan, Hyundai, saat ini sedang menguji coba taksi terbang di Samarinda, Kalimantan Timur.

Kementerian Perhubungan telah memberikan izin untuk kegiatan teknis tersebut, mengingat uji coba ini merupakan bagian dari penelitian ilmiah yang perlu dipelajari dan dikembangkan. "Hyundai sedang mengadakan uji coba global di Samarinda. Kami memperbolehkan uji teknis ini karena sifatnya ilmiah," tambahnya.

Menhub mengungkapkan bahwa uji coba taksi terbang ini merupakan tahap ketiga yang dilakukan Hyundai di Indonesia.

Jika pemerintah mengizinkan uji coba di IKN, Budi berencana mengarahkan kegiatan tersebut ke lokasi lain di luar Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

"Kami sedang mengajukan pertanyaan kepada ICAO dan IATA mengenai standar regulasi nasional yang harus dipenuhi," tutup Menhub.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Uji Coba Taksi Terbang Hyundai Tertutup

Taksi Terbang
Taksi terbang disimpan di hanggar Bandara APT Pranoto Samarinda dan ditutup sehingga tak terlihat.

Setelah cukup lama terparkir di Hanggar Bandara APT Pranoto Samarinda, Kalimantan Timur, Sky Taxi atau Taksi Terbang akhirnya menjalani uji coba terbang perdana, Senin (29/7/2024). Taksi terbang ini merupakan buatan perusahaan otomotif asal Korea Selatan, Hyundai Motor Group.

Sayangnya uji coba terbang ini tertutup untuk media massa. Acara seremonial uji terbang perdana ini dilakukan di hanggar.

Saat uji tersebut, sejumlah media massa yang diundang Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) tak bisa masuk ke dalam hanggar. Meski tak masuk, beberapa wartawan yang menunggu di depan hangar mencoba merekam taksi terbang yang sedang terbang.

 

“Kami didatangi petugas keamanan bandara dan dilarang merekam. Padahal posisi kami di luar hanggar dan sedang menyaksikan taksi terbang itu terbang,” kata Harpiah, wartawan media lokal di Kaltim.

Seorang wartawan yang ikut rombongan Otorita IKN yang berada di dalam hanggar juga dilarang mengambil gambar.

“Don’t take a picture,” kata jurnalis tersebut menirukan suara seseorang yang melarangnya.

Setelah uji coba selesai dan taksi terbang kembali ke hanggar dan langsung ditutup tirai hingga tak terlihat sama sekali. Wartawan kemudian diperbolehkan masuk untuk sesi konferensi pers dan cuma bisa melihat purwarupa taksi terbang.


Uji Coba Lanjutan

Melihat Demonstrasi Taksi Drone di Seoul
Kendaraan udara otonomos EHang 216, yang diproduksi oleh perusahaan Ehang China, terbang di atas Taman Yeouido Hangang di Seoul, Korea Selatan (11/11/2020). (Xinhua/Wang Jingqiang)

Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN Mohammaed Ali Berawi menjelaskan, saat uji terbang, taksi terbang sempat membentuk rute angka 8. Total terbang saat uji coba berlangsung sekitar 10 menit .

“Tadi uji coba berjalan dengan lancar dan baik. Jadi ini prototype dari Sky Taxy Hyundai dari versi terbarunya. Di mana ada 5 passenger, 4 penumpang 1 pilot,” kata Ali saat sesi konferensi pers kepada wartawan.

Uji coba ini merupakan bagian dari proof of concept (POC) yang memang direncanakan. Rencananya bulan depan akan kembali dilakukan bersama trem otonom di Ibu Kota Nusantara.

“Uji coba lanjutan insya Allah POC kedua akan dilaksanakan bulan depan di IKN dengan trem otonom. Insya allah trem otonom sudah tiba di Balikpapan,” sambung Ali.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya