WIKA Gandeng BUMN Karya Hadirkan Kualitas Pendidikan di IKN

WIKA mengungkapkan, program beasiswa tersebut telah berjalan selama empat tahun berturut-turut sejak tahun 2020 dan telah memberikan manfaat bagi lebih dari 10.000 putra-putri di seluruh Indonesia.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 08 Okt 2024, 11:15 WIB
Diterbitkan 08 Okt 2024, 11:15 WIB
Tepat dua pekan dari hari ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan jajarannya akan melaksanakan upacara HUT RI ke-79 pada 17 Agustus 2024 mendatang.
Tepat dua pekan dari hari ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan jajarannya akan melaksanakan upacara HUT RI ke-79 pada 17 Agustus 2024 mendatang. RI 1 juga sempat menjajal untuk berkantor di IKN selama 3 hari, dengan bermalam di Kantor Presiden yang dinamai Istana Garuda. (Dok. Kementerian PUPR)

Liputan6.com, Jakarta - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) bekerja sama dengan BUMN Karya dalam penyaluran bantuan Pendidikan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Bantuan pendidikan itu mulai dari berupa beasiswa hingga sarana dan prasarana sekolah di IKN. Pemberian kedua bantuan tersebut ditandai dengan simbolisasi pemberian bantuan kepada perwakilan penerima bantuan.

Kegiatan penyerahan beasiswa tersebut turut dihadiri Kepala Biro Sumber Daya Manusia Polda Kaltim, Komisaris Besar Polisi Dr. Irvan Prawira Satyaputra, S.I.K., M.Si.

WIKA dan PTPP secara resmi menyerahkan beasiswa senilai Rp.185 juta kepada 37 putra-putri anggota TNI dan Polri di Balikpapan, Kalimantan Timur, pada pekan lalu.

Bantuan ini sekaligus menjadi rangkaian program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) Kementerian BUMN sebagai bentuk apresiasi bagi para anggota TNI dan Polri yang sudah mengabdi menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Hal ini tentunya menjadi kehormatan bagi WIKA untuk dapat berkontribusi bagi peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia", kata Direktur Utama WIKA, Agung Budi Waskito (BW) dalam keterangan resmi di Jakarta, dikutip Selasa (8/10/2024).

Agung BW juga menyampaikan bahwa program beasiswa tersebut sejalan dengan komitmen WIKA dalam meningkatkan kualitas pendidikan generasi muda melalui program WIKA Pintar.

WIKA mengungkapkan, program beasiswa tersebut telah berjalan selama empat tahun berturut-turut sejak tahun 2020 dan telah memberikan manfaat bagi lebih dari 10.000 putra-putri di seluruh Indonesia.

 


Kolaborasi

Istana Kepresidenan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara
Istana Kepresidenan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara saat senja. desain burung garuda yang mengepakkan sayap karya dengan nama Istana Garuda merupakan satu dari bagian Istana Kepresidenan Nusantara yang dibangun di lahan seluas 55,7 Ha dengan luas tapak 334.200 meter persegi. (Istimewa)

Selain itu, WIKA turut bersinergi dengan BUMN Karya Indonesia (PTPP, ADHI, HK, WSKT, Nindya dan Brantas) berikan bantuan sarana dan prasarana pendidikan.

Adapun dana yang digelontarkan senilai lebih dari Rp.485 juta kepada empat sekolah di IKN, Kalimantan Timur.

Penyerahan bantuan program pendidikan ini turut dihadiri Direktur Pelayanan Dasar Otorita IKN, Bapak Dr. Suwito. Bantuan berupa AC, laptop, proyektor, sound system, meja, dan kursi sekolah diharapkan dapat mendukung pemenuhan standar sarana dan prasarana pendidikan sebagaimana diatur dalam Permendiknas Nomor 24 Tahun 2007.

Daftar sekolah-sekolah penerima manfaat antara lain SMP Negeri 27 Penajam Paser Utara, SMP Muhammadiyah 1 PPU, SMA Negeri 3 PPU, dan SDN 023 Sepaku, yang berada di area operasi pembangunan IKN yang dikerjakan oleh BUMN Karya.

Selain bantuan sarana prasarana, sinergi WIKA BUMN Karya juga meningkatkan fasilitas infrastruktur, yaitu paving block untuk SMP Negeri 27 Penajam Paser Utara dalam rangka memperbaiki kondisi lapangan sekolah yang sebelumnya masih berupa tanah, sehingga dapat dimanfaatkan secara optimal oleh siswa untuk berbagai kegiatan ekstrakurikuler dan olahraga.

Kolaborasi ini merupakan bentuk komitmen BUMN Karya dalam mendukung pembangunan IKN, termasuk bidang pendidikan. Bantuan ini juga sejalan dengan Peraturan Menteri BUMN Nomor 1/MBU/03/2023 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya