Cek di Sini! 5 Tanda Anda Sudah Kecanduan Belanja

Salah satu tanda Anda adalah seorang pecandu belanja, yaitu saat semua waktu luang Anda dihabiskan untuk belanja.

oleh Siska Amelie F Deil diperbarui 05 Agu 2013, 08:39 WIB
Diterbitkan 05 Agu 2013, 08:39 WIB
sale-tips130623a.jpg
Memaksa diri untuk belanja merupakan kebiasaan yang cenderung berdampak negatif pada diri Anda. Kebiasaan ini pun semakin sulit untuk diatasi seiring bertambahnya waktu. Alhasil tak sedikit orang yang menjadi pecandu belanja bahkan saat tak punya cukup uang.

Seperti dilansir dari magforwomen.com, Senin (5/8/2013), Anda tak akan menyadari kebiasaan ini sebagai hal yang buruk hingga Anda tak mengenali berbagai gejalanya. Namun ternyata, tak sulit untuk mengecek apakah Anda memiliki kebiasaan ini atau Tidak.

Salah satu tanda Anda adalah seorang pecandu belanja, yaitu saat semua waktu luang Anda dihabiskan untuk belanja.

Berikut lima tanda seseorang sudah kecanduan belanja:

1. Membeli barang yang tak diinginkan

Tak sedikit orang yang pergi belanja tanpa tahu apa yang ingin dibelinya. Akhirnya seringkali banyak orang membeli barang-barang yang tak diperlukannya. Jika Anda merupakan salah satu dari konsumen dengan pola belanja seperti itu, maka Anda sebaiknya mulai mengubah kebiasaan tersebut.

2. Banyak bohong soal belanja

Saat orang-orang disekitar Anda menanyakan mengapa Anda belanja, Anda banyak mengarang alasan untuk menjawabnya. Hal tersebut merupakan salah satu tanda Anda mulai kecanduan belanja. Jika sudah berumah tangga, Anda cenderung menyembunyikan barang belanjaan Anda guna menghindari masalah.

3. Siklus waktu belanja tak teratur

Para pecandu belanja biasanya membeli barang dengan siklus yang sulit dihentikan. Kapanpun punya masalah, dirinya langsung pergi berbelanja. Mereka akan merasa bahagia dengan belanja. Tak lama kemudian, saat kembali merasa tak bahagia, belanja menjadi satu-satunya pelarian.

4. Terlalu sering belanja

Apakah Anda menghabiskan waktu lebih lama dari yang direncanakan untuk belanja? Atau Anda biasa menghabiskan waktu luang hanya untuk belanja?

Jika iya, makan Anda adalah pecandu belanja. Tak hanya itu, jika disaat sendiri Anda terbiasa menghabiskannya dengan belanja, maka hal tersebut juga tanda bahwa Anda adalah pecandu belanja.

5. Menghadapi persoalan keuangan

Seringkali Anda kekurangan uang, tapi Anda masih terus berpikir untuk belanja. Bahkan untuk memenuhi rasa ingin belanja tersebut, Anda rela meminjam uang dari teman dan keluarga.

Jika Anda tak menghentikan kebiasaan ini, maka jangan heran jika tiba-tiba utang Anda membengkak. Tak hanya itu, hal ini bisa berdampak pada hubungan pribadi Anda.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya