Indonesia Masih Punya Banyak Lahan Tidur

Lahan tidur masih banyak yang belum digarap dengan baik di Indonesia

oleh Septian Deny diperbarui 28 Okt 2013, 17:55 WIB
Diterbitkan 28 Okt 2013, 17:55 WIB
helmy-faishal-zaini-131028b.jpg

Saat ini masih banyak lahan tidur yang belum termanfaatkan. Padahal bila digarap dengan baik, lahan tersebut dapat membawa kesejahteraan bagi masyarakat sekitarnya. Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal, Helmy Faishal Zaini, menyayangkan lahan tidur yang belum dimanfaatkan itu.

"Saya tanya ke Bupati ada berapa banyak lahan yang tidur? Ternyata ada 1 kabupaten ada 4 ribu hektar lahan yang tidur," ujarnya saat memberikan sambutan pada Rakornas Kadin Bidang Pembangunan Kawasan Perbatasan di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Senin (28/10/2013)

Dia menjelaskan, bila secara asumsi jumlah kabupaten di seluruh Indonesia mencapai 100 kabupaten dengan masing-masing kabupaten memiliki lahan tidur seluas 3 ribu-4 ribu hektar, maka akan ada sekitar 3 juta hektar lahan tidur yang belum dimanfaatkan.

"Ini bisa melebihi berapa besar Singapura," tutur Faishal.

Menurut Faishal, banyak lahan tidur yang masih belum digarap saja Indonesia sudah menjadi negara penghasil sawit terbesar di dunia. Maka dengan pemanfaatan lahan tersebut seharusnya Indonesia dapat menjadi produsen hasil perkebunan lain.

"Indonesia juga penghasil kakao coklat terbesar ketiga di dunia, dan penghasil kopi terbesar keempat di dunia. Jadi dengan memanfaatkan lahan tersebut Indonesia akan bisa jauh lebih sebagai negara penghasil komoditas utama terbesar di dunia,” kata Faishal. (Dny/Ahm)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya