Siapa Penguasa Bank Termahal di ASEAN, Indonesia atau Malaysia?

Konsultan valuasi merek ternama mengeluarkan daftar bank dengan nilai merek termahal di dunia. Siapa penguasa bank di ASEAN?

oleh Syahid Latif diperbarui 19 Feb 2014, 13:06 WIB
Diterbitkan 19 Feb 2014, 13:06 WIB
bank-asia-140219b.jpg
Indonesia berhasil menempatkan tujuh bank dalam daftar bergengsi 500 bank global ternama dengan nilai merek termahal pada 2014 atau Top 500 Banking Brands 2014.

Bertengger di posisi pertama untuk wilayah Indonesia adalah PT Bank Mandiri Tbk dengan nilai merek yang ditaksir mencapai US$ 1,65 miliar.

Mengutip hasil studi tahunan The Banker/BrandFinance Banking 500  yang dilakukan konsultan valuasi merek ternama Brand Finance Plc, total nilai merek 7 bank ternama di Indonesia ini mencapai US$ 5,08 miliar.

Dibandingkan tahun sebelumnya, nilai merek ketujuh bank tersebut meningkat 6% dari tahun lalu sebesar US$ 4,8 miliar.

Menjelang berlakunya perjanjian perdagangan bebas kawasan ASEAN 2015, persaingan industri perbankan di kawasan serumpun Melayu memang bakal makin ketat.  Dengan pangsa pasar cukup besar, Indonesia menjadi mangsa menarik bagi pelaku bisnis perbankan di Asia.

Sepanjang dua tahun terakhir, Indonesia baru mampu menyumbang 7 nama bank yang telah memancing perhatian dunia.

Kemampuan Indonesia melahirkan bank-bank dengan nilai merek termahal ini setara dengan negara pesaing utamanya, Malaysia. Negeri Jiran ini juga menyumbang 7 bank dalam daftar 500 bank terbaik di dunia.

CIMB memuncaki posisi teratas sebagai bank asal Malaysia dengan nilai merek paling berharga di 2014.  Bertengger di posisi 93 dunia, nilai merek CIMB mencapai US$ 2,04 miliar.

Posisi pemuncak bank asal Malaysia ini lebih baik dibandingkan Bank Mandiri yang berada di posisi 111 dunia.

Selain Malaysia, bank-bank asal Singapura juga ikut tercatat dalam daftar Top 500 Banking Brands 2014. Meski dianggap Macan Asia Tenggara, Singapura hanya mampu menyumbang tiga nama dalam pemeringkat kal iini.

Jumlah yang sama juga diberikan oleh bank-bank asal Filipinan.

Di kawasan Asia Tenggara, perbankan asal Negeri Gajah Putih, Thailand, justru unjuk gigi. Thailand mencatatkan setidaknya 8 bank dalam daftar 500 bank dengan valuasi merek termahal di dunia.

Kemampuan Thailand melahirkan bank yang terkenal di dunia, sedikit lebih tinggi dari Malaysia dan Singapura yang terpaut satu bank. Meski menjadi penyumbang terbanyak, valuasi merek dari bank pemuncak di Thailand masih lebih rendah dibandingkan Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

Berikut adalah daftar lengkap negara ASEAN paling lihai melahirkan bank-bank bervaluasi merek termahal di dunia:

Negara Jumlah Bank
di Daftar Top 500 Banking Brands 2014
Bank Terbaik
Thailand 8 Kasikornbank
(Valuasi merek: US$ 1,51 miliar)
Indonesia 7 PT Bank Mandiri Tbk
(Valuasi merek: US$ 1,65 miliar
Malaysia 7 CIMN
(Valuasi merek: US$ 2,04 miliar)
Singapura 3 DBS
(Valuasi merek: US$ 4,01 miliar)
(Shd)

Baca juga:

7 Bank RI Masuk Daftar Top 500 Banking Brands 2014

Mandiri & BRI Masuk 10 Besar Bank Paling Bernilai di ASEAN

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya