6 Ikon Yang Memilih Pindah Klub

Keenam pemain tersebut adalah Alessandro Del Piero, Frank Lampard, Raul Gonzalez, David Beckham, Michael Owen, dan Steven Gerrard.

oleh Bagusthira Evan Pratama diperbarui 03 Jan 2015, 18:40 WIB
Diterbitkan 03 Jan 2015, 18:40 WIB
6 Ikon Yang Memutuskan Pindah Klub
6 Ikon Yang Memutuskan Pindah Klub

Liputan6.com - Liverpool baru saja mengumumkan bakal melepas pemain legendaris mereka, Steven Gerrard. Gelandang berusia 34 tahun itu tidak memperpanjang kontraknya yang berakhir Juni 2015 mendatang.

Keputusan sang pemain tentu membuat sedih fans Liverpool di berbagai negara. Gerrard sudah dianggap legenda hidup dan ia seolah dijadikan pahlawan oleh kubu The Anfield Gank.

Kisah seperti itu tak hanya dialami fans Liverpool. Beberapa fans klub lainnya juga pernah mengalami hal serupa saat ditinggalkan idola mereka yang memutuskan hijrah ke tim lain. Berikut, Liputan6.com menyajikan ulasannya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


No. 1

Alessandro Del Piero
Alessandro Del Piero (AFP/Olivier Morin)

1. Alessandro Del Piero
Pemain asal Italia ini sebenarnya memulai karier di Padova. Namun ia mencapai puncak keemasannya ketika membela Juventus. Del Piero berseragam I Bianconeri sejak 1993-2012.

Del Piero meraih berbagai gelar bergengsi diantaranya Scudetto, Coppa Italia, dan Liga Champions Eropa. Ia ditunjuk sebagai kapten Juve menggantikan Antonio Conte yang pensiun pada 2004 lalu.

Sayang, kebersamaan Del Piero dan Juve berakhir pada musim panas 2012 lalu. Ia memutuskan tidak memperpanjang kontraknya. Del Piero akhirnya hijrah ke Australia dan bergabung dengan Sydney FC.

Di negeri Kanguru, Del Piero hanya bertahan dua tahun. Kini legenda Juventus itu pindah ke India untuk memperkuat klub Delhi Dynamos.



No. 2

Frank Lampard
Frank Lampard (AFP/Patrik Stollarz)

2. Frank Lampard
Gelandang serba bisa ini memulai kariernya di West Ham United. Pada 2001 ia lalu mencoba peruntungannya di Chelsea. Bersama The Blues, Lampard menjelma jadi pemain papan atas dunia.

Berkat kegemilangannya, Lampard dihujani pujian dari banyak pihak. Ia sempat melontarkan keinginannya untuk mengakhiri karier di klub asal London tersebut.

Tapi keinginan sang pemain bertepuk sebelah tangan. Hingga musim panas 2013, Lampard dan Chelsea tak menemui kata sepakat. Ia akhirnya pindah ke New York City FC.

Namun sebelum terbang ke New York, Lampard terlebih dulu bergabung dengan Manchester City. Meski usianya sudah 36 tahun, ia tetap mampu tampil gemilang. Sejauh ini Lampard telah mencetak tujuh gol dari 18 penampilannya di semua ajang.



No. 3

Raul Gonzalez (© AFP 2009)
Raul Gonzalez saat masih berbaju Real Madrid, dalam pertandingan La Liga (11/1/2009). Raul senang Barcelona bisa juara Liga Champions. (AFP PHOTO/Jaime Reina)

3. Raul Gonzalez
Pemain bernama lengkap Raúl González Blanco ini pernah menjadi bagian penting di Real Madrid. Ia bagaikan sosok legenda yang akan terus dikenang publik Santiago Bernabeu.

Raul sebenarnya lahir dari akademi sepak bola Atletico Madrid. Namun ketika remaja ia menyebrang ke Real Madrid yang jadi rival sekota Atletico. Meski harus bersaing dengan banyak pemain bintang, Raul justru sukses mencapai puncak keemasannya di kubu Los Blancos.

Awalnya Raul diprediksi bakal mengakhiri karier di Madrid. Namun anggapan orang banyak salah saat Raul memutuskan pindah ke Schalke 04 pada musim panas 2010 lalu. Selain masalah kontrak yang sudah berakhir, faktor persaingan dengan pemain muda juga dijadikan alasan Raul meninggalkan klub ibukota Spanyol tersebut.

Kini Raul berkarier di Amerika Serikat. Pemain berusia 37 tahun itu memperkuat klub New York Cosmos FC.



No. 4

6 Ikon Yang Memilih Pindah Klub
David beckham

4. David Beckham
Sosok David Beckham rasanya memiliki tempat khusus di hati para pencinta Manchester United. Meski ia tidak pensiun di MU, Beckham tetap dianggap sebagai legenda Old Trafford Stadium.

Beckham berperan penting saat MU meraih treble winners 1999 lalu. Namun fans MU dibuat sakit hati saat Beckham pindah ke Real Madrid karena punya hubungan buruk dengan Sir Alex Ferguson.

Meski demikian, Beckham tetap dijadikan legenda oleh para fans MU. Bersama Ryan Giggs, Gary Neville, Phil Neville, Nicky Butt dan Paul Scholes, Beckham disebut sebagai generasi terbaik yang lahir di akademi Setan Merah.



No. 5

Michael Owen
Michael Owen (thetimes.co.uk)

5. Michael Owen
Jika MU punya Beckham, maka Liverpool punya Michael Owen. Mantan pemain yang lahir pada 14 Desember 1979 itu sukses mencapai ketenaran saat membela kubu The Anfield Gank.

Namun Owen mengkhianati Liverpool saat pindah ke Real Madrid musim panas 2004 lalu. Faktor pendapatan yang lebih besar disinyalir menjadi alasan mengapa Owen hengkang dari tim yang membesarkan namanya.

Meski demikian, pendukung Liverpool tetap mencintai Owen. Sebab sang pemain pernah mengantarkan The Reds meraih juara FA Cup, Liga Europa, Piala Super Eropa, Piala Liga dan Community Shield.



No. 6

Steven Gerrard
Steven Gerrard (REUTERS/Phil Noble)

6. Steven Gerrard
Kabar buruk diterima fans Liverpool pada awal 2015. Pemain kebanggaan mereka, Steven Gerrard memutuskan hengkang di akhir musim nanti.

Gerrard meninggalkan kubu The Anfield Gank karena ingin mencari pengalaman baru sebelum memutuskan pensiun. Kabarnya ia akan melanjutkan karier di Amerika Serikat bersama Los Angeles Galaxy.

"Keputusan ini dibuat agar saya bisa mengalami sesuatu yang berbeda dalam karier dan hidup saya. Saya ingin berterima kasih pada semua rekan tim dan seluruh staf atas bantuan mereka. Di sini adalah tempat yang istimewa. Harapan saya, semoga di masa depan nanti dapat kembali untuk melayani Liverpool lagi,"  ucap Gerrard yang dilansir situs resmi klub.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya