Diwarnai 2 Kartu Merah, PSM Makassar Tekuk Persela

PSM Makassar mencetak gol cepat lewat Reinaldo Elias da Costa memanfaatkan umpan Hamka Hamzah.

oleh Achmad Yani Yustiawan diperbarui 16 Apr 2017, 20:50 WIB
Diterbitkan 16 Apr 2017, 20:50 WIB
PSM Makassar
Kapten PSM, Willem Jan Pluim berebut bola dengan pemain muda Persib Bandung, Gian Zola dalam laga Grup 3 Piala Presiden 2017 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Senin (6/2/2017). (Bola.com/Peksi Cahyo)

Liputan6.com, Makassar - PSM Makassar mengalahkan Persela Lamongan 3-1 pada pertandingan Liga 1 Indonesia 2017, Minggu malam (16/4/2017) di Stadion Mattoanging Andi Mattalatta, Makassar. Gol kemenangan PSM Makassar berkat gol kilat Reinaldo, Pluim dan M Rachmat. Sedangkan, gol balasan Persela dicetak Ivan Carlos.

Begitu laga dimulai PSM langsung memberikan tekanan pada tamunya. Hasilnya, Reinaldo Elias da Costa mencetak gol kilat memanfaatkan umpan matang Hamka Hamzah.

Meski tertinggal sejak menit pertama, Persela tetap bermain terbuka namun strategi ini terbukti keliru karena lini pertahanan mereka menjadi rapuh dan bisa dieksploitasi oleh Juku Eja.

Menit 10, PSM Makassar hampir membuat gol kedua. Beruntung halauan Marcio persis di mulut gawang berhasil, bola naik ke atas mistar dan tendangan sudut untuk PSM.

Namun, menit 18 giliran Persela mendapat peluang menyamakan kedudukan. Bola liar jatuh ke kaki Carlos tetapi tembakan kerasnya melintas tipis ke atas mistar gawang tuan rumah.

PSM akhirnya bisa mencetak gol kedua pada menit 22. Tanpa kawalan di dalam kotak penalti, Pluim berhasil mendorong bola ke dalam gawang.

Ketinggalan dua gol Persela masih tetap bersemangat mencari gol penyeimbang. Bola tembakan Saddil hampir menjadi gol andai Rivki tak siap menyambut bola di bawah mistar.

Tapi, kiper Persela Huda melakukan blunder saat mencoba menangkap bola di udara. Si kulit bulat lepas dari tangkapan dan disambar Arfan tetapi entah bagaimana kiper Persela masih bisa melakukan blok.

PSM Makassar kembali mencetak gol ketiga menit 41. Reinaldo dengan jeli melihat pergerakan Rachmat di kotak penalti dan mengirimkan bola ke tengah untuk disempurnakan menjadi gol.


Babak Kedua

Persela Lamongan
Motivasi pemain Persela Lamongan bangkit setelah menang atas PSM Makassar, Minggu (12/2/2017) di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang. (Bola.com/Peksi Cahyo)

Laga baru berjalan 7 menit gawang Persela hampir kebobolan. Tembakan voli Asnawi urung menjadi gol karena bola menghajar mistar gawang.

Menit 61 Persela harus kehilangan seorang pemainnya setelah wasit memberi kartu kuning kedua kepada Aang Suparman. Kartu diberikan setelah Aang setelah melanggar Rachmat dengan keras.

PSM makin leluas melakukan tekanan. Tendangan bebas Ferdinand Sinaga masih bergulir tipis di sisi gawang Huda.

Memasuki 10 menit akhir pertandingan, Persela sempat mendominasi permainan. Tendangan keras Samsul Arif di kotak penalti masih bisa diamankan Hamka Hamzah.

Menit 84 giliran PSM yang harus kehilangan pemain. Ferdinand Sinaga diusir wasir setelah memukul penyerang Persela Carlos.

Kerja keras Ivan Carlos berbuah positif. Mendapat bola dari Eka Ramdani, penyerang Persela ini bisa menguasai bola di bawah tekanan bek PSM bahkan melepaskan tembakan yang menembus gawang Rivki. Skor menjadi 3-1 hingga akhir pertandingan.  

Susunan pemain:

Persela XI: Huda, Suparman, Marcio, Arifin, Alves, Yamazaki, Sandi, Walidan, Coelho, Saddil, Samsul.

PSM XI: Rivki, Asnawi, Hamka, Reva, Paulie, Zulkifli, Arfan, Siregar, Rahmat, Reinaldo.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya