Vinales Legawa Cuma Finis di Posisi Dua MotoGP Italia

Vinales menilai finis di urutan dua MotoGP Italia sudah cukup baik.

oleh Liputan6.com diperbarui 05 Jun 2017, 09:48 WIB
Diterbitkan 05 Jun 2017, 09:48 WIB
Vinales Legawa Cuma Finis di Posisi Dua MotoGP Italia
Maverick Vinales (AFP)

Liputan6.com, Mugello- Maverick Vinales melemparkan pujian setinggi langit kepada Andrea Dovizioso. Ini berkat keberhasilan pemilik nomor 4 tersebut mempersembahkan kemenangan pertamanya buat tim Ducati musim ini di MotoGP Italia.

Balapan di Mugello memang berlangsung sangat sengit. Vinales yang memimpin balapan sempat kehilangan posisinya dari Valentino Rossi saat lampu hijau menyala di Sirkuit Mugello. 

Perubahan posisi terus berlangsung di empat lap awal antara Rossi, Vinales, dan Jorge Lorenzo. Namun kesalahan yang dibuat X-Fuera lantaran seringkali terlalu melebar saat menaklukan setiap tikungan membuatnya terlempar dari posisi tiga besar.

Vinales pun sukses mengambil alih balapan setelah merebut posisi terdepan dari Rossi. Namun di luar dugaan Dovi secara tidak langsung menambah persaingan perburuan podium semakin sengit. Pasalnya, ia mampu menyodok posisi tiga besar setelah menyalip Rossi.

Petaka akhirnya datang di 10 lap tersisa atau tepatnya di tikungan pertama. Ini tak lepas dari kecerdikan Dovi yang mampu memaksimalkan kemampuan motor Desmocedici GP17 di trek lurus.

Selang satu lap kemudian posisi Vinales kembali merosot ke urutan ketiga setelah disalip Danilo Petrucci di tikungan 15. Pada empat lap terakhir, Vinales kembali merebut posisi kedua dari Petrucci. Namun, upaya yang dilakukannya masih belum mampu menandingi kecepatan motor Dovizioso.

"Ketika saya menyalip Valentino, saya tahu harus mencetak catatan waktu per lap. Saya banyak mencetak 1 menit 47 detik, tapi Dovizioso masih di belakang saya. Saya tidak bisa menjauh. Itu tidak mungkin," sesal Vinales seperti dikutip dari Motorsports, Senin (5/4/2017).

Kendati hanya mampu finis kedua, Vinales masih mampu mempertahankan posisinya sebagai penguasa klasemen sementara MotoGP dengan raihan 105.

"Saya mencoba. Tapi hari ini adalah untuk mencetak poin dan finis kedua. Terkadang Anda harus finis kedua. Saya senang bisa naik podium di sini. Di bagian lain, Dovi tampil sangat bagus. Ini adalah harinya untuk menang. Tapi motor saya dalam performa baik. Pada lap terakhir, saya bisa sedikit lebih menekan. Akhirnya saya tahu 20 poin hari ini sangat penting," ujar pembalap Yamaha ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya