Bawa Persebaya ke Liga 1, Status Alfredo Dipertanyakan

Persebaya hanya mempunyai dua pilihan, mempertahankan Alfredo atau merekrut tim pelatih baru.

oleh Liputan6.com diperbarui 28 Nov 2017, 06:00 WIB
Diterbitkan 28 Nov 2017, 06:00 WIB
Pelatih Angel Alfredo Vera
Pelatih Angel Alfredo Vera (Dimas Angga P)

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Angel Alfredo Vera berhasil meloloskan Persebaya Surabaya ke Liga 1, Namun, kini lisensi Alfredo Vera dipertanyakan oleh salah satu pengamat sepakbola, Hanafing.

Pengamat sepak bola Jawa Timur ini, mempertanyakan masalah itu, sebelum Persebaya mulai menjajaki kasta ke Liga 1.

"Kini Persebaya harus perhatikan tim pelatihnya, jangan terus pemainnya saja, perlu dilihat juga apakah sudah berlisensi A, AFC apa belum," ujar Hanafing, Senin (27/11/2017) sore.

Hanafing juga mengatakan, aturan Lisensi Club AFC Liga 1 wajib memiliki pelatih kepala dan asisten pelatih lisensi A AFC. Serta harus mempunyai Academy Pelatih kepala atau Direktur Teknik Academy juga berlisensi itu.

"Nah sekarang Alfredo kan orang Argentina jadi harus memiliki Lisensi A Pro. Pasti sekarang jika ditanya saya yakin Alfredo belum memiliki lisensi itu," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bukan Hal Mudah

pelatih Persebaya Surabaya, Angel Alfredo Vera
pelatih Persebaya Surabaya, Angel Alfredo Vera (Kukuh Saokani)

Dia menilai Persebaya kini tinggal menunggu nasib saja apakah masih mau menggunakan jasa Alfredo atau memilih pelatih baru yang sudah mengantongi lisensi sesuai ketentuan Liga di Asia.

Karena menurutnya mendapatkan lisensi itu bukan perkara mudah. Setiap pelatih harus membutuhkan waktu satu tahun guna dapat menerima lisensi AFC.

"Mendapatkan lisensi A Pro, harus dibagi tiga tahap, yakni setiap pertemuan modul 1 bulan. Misalkan modul 1 bulan Januari. Modul 2 bulan Juni dan modul 3 di September," katanya.

Melihat hal seperti itu tentu bukan perkara mudah untuk pelatih Alfredo mampu memenuhi persyaratan tersebut. Karena dilihat kompetisi Liga 1, juga sudah di depan mata. Berarti Persebaya hanya mempunyai dua pilihan, mempertahankan Alfredo atau merekrut tim pelatih baru.


Tergantung Manajemen

Angel Alfredo Vera
Angel Alfredo Vera menangis saat sesi jumpa pers seusai membawa Persebaya promosi ke Liga 1 2018. (Bola.com/Ronald Seger Prabowo)

Menanggapi hal tersebut, Alfredo Vera juga masih belum mengetahui kapan dirinya akan mengambil lisensi A pro. Dia mengatakan saat ini dirinya hanya mempunyai lisensi negara asalnya yakni Argentinya.

"Saya masih belum tahu kapan akan ambil lisensi itu, semua tergantung pada manajemen, saya pasrah," terang Alfredo dikesempatan lain. (Dimas Angga P)

Simak juga video menarik berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya