Eril Meninggal Dunia, Ini Curhatan Ridwan Kamil

Ridwan Kamil dan istrinya Atalia Praratya, berupaya menebalkan iman mereka dan belajar ikhlas menjalani takdir Sang Khalik atas meninggalnya Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril yang hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss.

oleh Bogi Triyadi diperbarui 06 Jun 2022, 23:21 WIB
Diterbitkan 06 Jun 2022, 22:00 WIB
Ikhaskan Kepergian Eril, Ini 6 Potret Hangat Keluarga Ridwan Kamil dan Atalia Praratya
Potret Hangat Keluarga Ridwan Kamil dan Atalia Praratya. (Sumber: Instagram/ataliapr)

Liputan6.com, Jakarta - Ridwan Kamil mengenang Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril melalui catatan bertajuk 'Kapan Kita Pulang'. Putra sulungnya itu hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss, 26 Mei 2022.

Keluarga Ridwan Kamil sudah mengumumkan kepada publik bahwa Eril meninggal. Meski demikian, kepolisian Bern, Swiss, tetap melanjutkan pencarian.

Ridwan Kamil mengaku tidak mudah beradaptasi dengan situasi yang dihadapinya. Karena, tidak ada orang tua yang siap kehilangan anaknya.

Suami Atalia Praratya itu bahkan sampai berandai-andai dapat bertukar posisi dengan Emmeril Kahn Mumtadz. "Seandainya kami bisa bertukar tempat. Seandainya. Pastilah itu yang setiap orangtua akan lakukan," tulis Ridwan Kamil dalam video yang diunggah di akun Twitter terverifikasinya, Minggu (5/6/2022) malam.

"Namun, logika manusia tidak sama dengan ketetapan takdir. Dan jika terdengar cucuran tangis ibunya setiap malam dan raungan tak bersuara ayahnya, itu semata karena hati kami hancur berkeping-keping," imbuhnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Belajar ikhlas

Foto Emmeril Kahn
Foto Emmeril Kahn bersama Ridwan Kamil (dok. Instagram @qaka.attamimi/https://www.instagram.com/p/BxYlmighvGI/Devita)

Ridwan Kamil dan sang istri, Atalia Praratya, berupaya menebalkan iman mereka dan belajar ikhlas menjalani takdir Sang Khalik. "Saat ini, kami sedang menggapai tali keimanan dan keikhlasan agar bisa memandu kami beradaptasi terhadap takdir ini," ucapnya.

Terkait lokasi meninggal Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril, gubernur Jawa Barat itu tidak masalah. "Tidaklah penting kite lahir dan pulang di mana. Karena sesungguhnya semua tempat di dunia ini adalah bumi milik Allah SWT," ujar Ridwan Kamil menambahkan.

Tak selamanya anak belajar dari orang tua. Ada kalanya, orangtua belajar dari anak. Ini pula yang dirasakan Ridwan Kamil tidak lama setelah Eril hilang di Sungai Aare.

"Eril, kamu niatnya pergi mencari ilmu dan pelajaran. Malah akhirnya, kamulah yang memberikan ilmu dan pelajaran kepada kami semua,” Ridwan Kamil mengakhiri.

 


Selebritas merespons

Atalia Praratya dan Ridwan Kamil. (Foto: Dok. Instagram @ataliapr)
Atalia Praratya dan Ridwan Kamil. (Foto: Dok. Instagram @ataliapr)

Sejumlah selebritas merespons catatan Ridwan Kamil di media sosial. Salah satunya, vokalis Kahitna, Mario Ginanjar.

"Ikhtiar untuk menambah ilmu malah memberikan ilmu untuk kita semua. Sungguh suatu kesan yang mendalam," ucap Mario.

Infografis Dicabutnya Dukungan Golkar untuk Ridwan Kamil
Golkar mencabut dukungannya untuk Ridwan Kamil di Pilgub Jabar 2018
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya