Fan Token Jadi Sumber Pendapatan Baru Barcelona hingga Persib

Banyak klub besar Eropa hingga klub Indonesia yang sudah memiliki dan menjual fan token. Harganya sempat melonjak saat Piala Dunia 2022.

oleh Thomas diperbarui 19 Apr 2023, 07:00 WIB
Diterbitkan 19 Apr 2023, 07:00 WIB
Foto: Gol Injury Time Franck Kessie Bawa Barcelona Menangkan El Classico, Blaugrana Semakin Tak Terkejar oleh Real Madrid di Liga Spanyol
Pemain Barcelona, Sergio Roberto melakukan selebrasi setelah mencetak gol penyeimbang 1-1 ke gawang Real Madrid pada laga pekan ke-26 Liga Spanyol 2022/2023 di Camp Nou, Barcelona, Senin (20/03/2023). Blaugrana menang dengan skor 2-1 pada pertandingan yang bertajuk El Classico tersebut. (AFP/Josep Lago)

Liputan6.com, Jakarta- Fan token klub sepak bola mulai ramai menghiasi jagat kripto dalam dua tahun belakangan ini. Klub-klub yang memiliki fan token kripto semakin banyak. Dari klub ternama Eropa hingga klub Liga 1 juga menjual fan token ini.

Beberapa klub yang menjual fan token antara lain raksasa LaLiga Barcelona, Juventus, Paris Saint-Germain, Inter Milan, Manchester City hingga klub Indonesia seperti Persija Jakarta dan Persib Bandung.

Dilansir dari Coinmarketcap, Fan Token atau token penggemar adalah bentuk mata uang kripto yang memberi pemegang akses ke berbagai fasilitas keanggotaan terkait penggemar seperti memberikan suara pada keputusan klub, hadiah, desain barang dagangan, dan pengalaman unik.

Tidak seperti NFT, token penggemar sepenuhnya “sepadan” atau dapat dipertukarkan. Artinya, seperti fiat atau uang tunai, token dapat ditukar dengan merchandise klub olahraga, pengalaman VIP, dan lainnya. Selain itu, mereka memainkan peran penting dalam mempererat komunitas klub dengan fandom bermerek tim lainnya.

Dalam sejarahnya, Fan Token Sepak bola pertama kali diperkenalkan pada tahun 2018 oleh Socios.com, platform yang menawarkan solusi tokenisasi untuk klub sepak bola. Sejak kehadiran Fan Token pertama kali, banyak klub dan tim olahraga besar yang mulai menerbitkan Fan Token sendiri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Melonjak

Fan token sepak bola ini sempat melonjak drastis saat momen Piala Dunia 2022 di Qatar akhir tahun lalu. Pada April 2023, fan token sepak bola kembali berkibar.

Di pasar Upbit Indonesia, terjadi lonjakan harga beberapa fan token sepak bola dan sempat mengalami kenaikan hingga 42.3% dalam capaiannya dengan kurun waktu 24 jam pada 11 April lalu.

Bisnis fan token sepak bola ini dinilai akan cukup cerah dan bisa menjadi masa depan bagi klub bola di luar negeri maupun Indonesia.


Sumber Pendapatan Baru Klub

”Bisa dikatakan, fan token adalah pintu emas bagi penggemar. Pemegang token memiliki kekuatan untuk membentuk masa depan tim. Inilah yang membuat fan token menarik banyak minat para penggemar," kata Resna Raniadi, VP of Operations Upbit Indonesia.

Pada dasarnya, fan token memiliki kapitalisasi pasar yang kecil dalam pasar kripto secara keseluruhan. Namun, pada momen tertentu, trader bisa mendapatkan keuntungan dengan fluktuasi harga yang terjadi.

“Hal ini bisa kita lihat ketika momen Piala Dunia tahun lalu yang membuat beberapa token mengalami lonjakan harga menjelang digelarnya turnamen. Bahkan beberapa di antaranya dapat mencapai harga tertinggi atau all-time high (ATH). Hal ini menjadi angin segar yang membuat animo fan token meninggi," ujar Resna.

”Di tengah kondisi pasar kripto yang dinamis, fan token menjadi sumber pendapatan baru bagi tim sepak bola sehingga bisa menjadi model masa depan ekonomi olahraga. Selain itu, fan token juga dapat menjadi sarana untuk meningkatkan loyalitas penggemar."

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya