7 Pemain Barcelona Dengan Klausul Rilis Melebihi 1 Miliar Euro

Barcelona adalah salah satu klub yang hobi menyertakan klausul rilis di dalam kontrak pemainnya dengan nilai fantastis bahkan hingga menyentuh angka 1 miliar euro.

oleh Luthfa Arisyi Senapi diperbarui 28 Jun 2023, 17:00 WIB
Diterbitkan 28 Jun 2023, 17:00 WIB
Foto: 5 Bek dengan Catatan Gol Lebih Banyak daripada Lionel Messi
Ronald Araujo merupakan salah satu bek tengah terbaik di La Liga musim ini bersama Barcelona. Hebatnya lagi, ia juga mampu mencetak gol-gol penting bagi timnya. Pemain 23 tahun tersebut telah mengoleksi 4 gol dalam 24 penampilannya di liga pada musim ini. (AFP/Josep Lago)

Liputan6.com, Jakarta - Barcelona baru saja mengonfirmasi bahwa Ilkay Gundogan telah bergabung dengan status bebas transfer dari Manchester City. Gundogan dilaporkan menandatangani kontrak berdurasi dua tahun bersama Blaugrana, dengan klausul rilis senilai 400 juta euro.

Namun, apa sebenarnya klausul rilis itu? Singkatnya, klausul rislis adalah biaya transfer minimum seorang pemain yang telah disepakati di dalam kontrak sang pemain dengan klub yang besangkutan.

Ketika ada klub lain yang melayangkan tawaran dengan nilai yang sama dengan klausul rilis sang pemain, maka klub pemilik pemain tersebut harus menerima tawaran tersebut dan mempersilakan pemainnya untuk bernegosiasi dengan klub penawar.

Adapun Barcelona adalah salah satu klub yang hobi menyertakan klausul rilis di dalam kontrak pemainnya dengan nilai fantastis bahkan hingga menyentuh angka 1 miliar euro. Hal ini dilakukan agar untuk memagari pemain-pemainnya dari klub lain yang mungkin berminat untuk mengontraknya.

Salah satu pemain Barcelona dengan klausul rilis senilai 1 miliar euro adalah bek Ronald Araujo. Ketika pertama bergabung dengan tim B Barcelona pada 2018, Araujo telah dipagari dengan klausul rilis senilai 100 juta euro.

Seiring peningkatan performanya di lini belakang Blaugrana hingga menjadi andalan tim utama, klausul rilis Araujo pun diperbaharui menjadi 1 miliar euro agar tidak ada klub yang berani mendekatinya.


Dua Pemain Barcelona, Gavi dan Pedri

Barcelona
Gavi dan Pedri merayakan gol yang dicetak Barcelona ke gawang Celta Vigo pada lanjutan Liga Spanyol pekan ke-12 (AFP)

Berikutnya ada dua wonderkid jebolan akademi La Masia, Pablo Gavi dan Pedri Gonzalez. Sebelum mendapat kontrak baru, ada hambatan seputar kesepakatan baru Gavi dengan klub karena pada awalnya ia tidak dapat didaftarkan di tim senior Barcelona karena masalah keuangan.

Namun, dengan kepergian sejumlah pemain Barca baru-baru ini. Gelandang berusia 18 tahun itu pun akhirnya dihadiahi kontrak baru oleh klub yang bermarkas di Camp Nou itu dengan klausul rilis senilai 1 miliar euro.

Sementara itu, kehadiran Pedri telah menjadi sangat penting bagi Barcelona dengan ia telah mencatatkan 109 penampilan di semua kompetisi selama berseragam Barca meski baru berusia 20 tahun.

Pedri pun tetap menjadi masa depan Barcelona dan mereka tidak akan melepasnya dengan mudah.

Oleh karena itu, baru-baru ini Barca memasukkan klausul rilis senilai 1 miliar euro ke dalam kontrak terbarunya yang akan membuatnya tetap bersama klub paling cepat hingga 2026 (dengan opsi perpanjangan dua tahun lagi).


Pemain Barcelona, Ansu Fati

Foto: Federico Valverde Hentikan Kejaran Gol Penyeimbang Barcelona atas Real Madrid di Laga El Clasico Piala Super Spanyol
Sebelas menit berselang, Barca lagi-lagi menyamakan kedudukan untuk yang kedua kalinya. Ansu Fati yang lolos dari penjagaan berhasil menyundul bola hasil umpan silang dari Jordi Alba. (AFP)

Ansu Fati adalah Wonderkid jebolan akademi La Masia lainnya yang merupakan No. 10 terbaru Barcelona serta diproyeksikan menjadi masa depan klub bersama Pedri dan Gavi. Atas performa briliannya di sepanjang musim 2019/2020, Fati dihadiahi kontrak baru hingga 2022, dan opsi untuk memperpanjangnya selama dua tahun dengan klausul rilis awal sebesar 170 juta euro.

Namun, tak lama setelah itu Fati langsung bergabung dengan Pedri sebagai pemain kedua yang memiliki klausul rilis 1 miliar euro di Barcelona (pada saat itu), sekaligus mengikatnya di klub peraih lima gelar Liga Champions itu hingga 2027.


Pagar Mewah Jules Kounde

Bek Barcelona, Jules Kounde.
Bek Barcelona, Jules Kounde. (AFP/Pau Barrena)

Selanjutnya ada salah satu bek muda terbaik di dunia, Jules Kounde yang baru bergabung dengan Barcelona pada musim panas tahun lalu dari Sevilla. Pemain berkebsangsaan Prancis itu telah bermain sebagai bek tengah dan bek kanan untuk Barca sejauh ini, membuktikan dirinya dapat menjadi opsi utilitas yang bagus.

Dengan kemampuan bertahannya yang luar biasa serta dapat bermain di lebih dari satu posisi, tentunya Barcelona tidak akan rela untuk kehilangannya dengan mudah. Oleh karena itu, Kounde pun dipagari dengan klausul rilis senilai 1 miliar euro.


Ferran Torres

Foto: Daftar 5 Pembelian Termahal Barcelona dari Klub Liga Inggris Sepanjang Sejarah, Raphinha Terbaru
Ferran Torres. Sayap kiri Spanyol berusia 22 tahun yang baru setengah musim memperkuat Barcelona ini didatangkan dari Manchester City pada bursa transfer Januari 2022. Nilai transfernya senilai 55 juta euro atau kini setara Rp831 miliar menjadi salah satu pembelian termahal dari klub Liga Inggris. Bersama Barcelona ia telah tampil dalam 24 laga di semua ajang dengan torehan 6 gol dan 6 assist. (AFP/Josep Lago)

Setelah 18 bulan berkarir di Inggris bersama Manchester City, Ferran Torres kembali ke negara kelahirannya, Spanyol dengan bergabung bersama Barcelona di hari pertama bursa transfer Januari 2022. Torres menandatangani kontrak berdurasi lima tahun yang disertai dengan klausul rilis sebesar 1 miliar euro.

Total pemain berusia 23 tahun itu telah mengoleksi 71 penampilan dengan seragam Barca. Kendati begitu, Torres semakin terpinggirkan dalam urutan opsi di posisinya dengan banyaknya penampilan dari bangku cadangan di kompetisi liga dan Eropa.


Raphinha

Raphinha - Barcelona - Liga Spanyol
Pemain Barcelona Raphinha berselebrasi setelah mencetak gol ke gawang Sevilla dalam pertandingan Liga Spanyol di Stadion Spotify Camp Nou, Senin (6/2/2023) dini hari WIB. Barcelona menang 3-0. (AP Photo/Joan Monfort)

Musim panas tahun lalu Barcelona memenangkan perburuan untuk eks winger Leeds United, Raphinha. Barca saat itu membajak Chelsea yang hampir mengamankan jasa pemain berkebangsaan Brazil tersebut.

Segera setelah menyelesaikan transfer, Blaugrana langsung memagarinya dengan klausul rilis senilai 1 miliar euro. Di musim debutnya, Raphinha telah mencatatkan 50 penampilan di semua kompetisi.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya