Musim 2024 Bakal Kandang-Tandang, IBL Kolaborasi dengan Liga Basket Jepang

IBL melakukan kerjasama selama lima tahun dengan B.League. Berbagai aspek coba dipelajari dari Jepang.

oleh Thomas diperbarui 05 Des 2023, 20:30 WIB
Diterbitkan 05 Des 2023, 20:30 WIB
IBL Kolaborasi dengan Liga Basket Jepang B.League
IBL Kolaborasi dengan Liga Basket Jepang B.League

Liputan6.com, Jakarta- Akan ada perubahan besar di IBL pada musim 2024. Kompetisi akan digelar dengan format kandang dan tandang sejak musim reguler. Guna mematangkan pelaksanaan musim 2024, IBL menjalin kerjasama dengan liga basket Jepang, B.League.

Kolaborasi ini membuat IBL dan klub peserta bisa belajar banyak dari B.League yang sudah lebih berpengalaman menerapkan liga dengan format kandang dan tandang. B.League sudah melakukannya tujuh tahun lalu.

IBL dan B.League meresmikan kerjasama pada Selasa 5 Desember 2023 di kawasan Senayan, Jakarta. Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah bersama Chairman B-League, Shinji Shimada menandatangani Memorandum of Understanding (MoU).

"Tujuan kerja sama IBL dengan B.League ini untuk menjaga sustainability bagi klub dan juga bagi liga. Menjadi lebih baik dengan berorientasi pada bisnis," kata Junas.

"Dengan pengalaman yang sudah dimiliki kami percaya profesionalnya B.League dalam mengelola sebuah liga dan pentingnya memajukan industri dengan model bisnis yang tepat."

Tak cuma soal pelaksanaan kandang dan tandang, IBL juga akan belajar dari B.League dalam hal mengelola fans. Di Liga Basket Jepang, klub-klub sudah bisa meraup pemasukkan dari fans termasuk lewat penjualan merchandise.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kerjasama IBL dan B.League Selama 5 Tahun

IBL Kolaborasi dengan Liga Basket Jepang B.League
IBL Kolaborasi dengan Liga Basket Jepang B.League

"B-League sudah terbukti berhasil membantu setiap klub membangun fan base-nya masing-masing dan potensi perolehan pendapatan. Pertukaran ilmu ini yang kami harap bisa meningkatkan profesionalitas IBL ke depan. Di Jepang, klub bisa menjual berbagai macam merchandise yang tak terpikirkan oleh kita tapi laku seperti pembatas buku," ungkap Junas.

Kerjasama IBL dengan B.League akan berlangsung dalam jangka panjang. Untuk tahap awal akan berlangsung selama lima tahun, tapi bisa diperpanjang sampai 10 tahun.

"Kami sangat percaya dengan potensi yang dimiliki IBL dalam mengelola basket di Indonesia. Sebuah kehormatan bagi kami bisa menjalin kerja sama dengan kompetisi basket yang tengah berkembang pesat ini," pungkas Shinji.


Kemungkinan Laga Persahabatan

IBL dan B.League juga sedang mengatur kemungkinan pertandingan persahabatan. Namun masalah jadwal liga masing-masing yang membuat hal ini belum bisa terlaksana dalam waktu dekat.

Musim baru IBL 2024 rencananya akan berlangsung 13 Januari 2024. Pada hari pertama pertandingan berlangsung di empat kota yakni Bali, Surabaya, Jakarta dan Bandung.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya