Dipanggil untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026, Jay Idzes Akui Tak Sabar Main Bareng Timnas Indonesia

Pemain naturalisasi baru Timnas Indonesia Jay Idzes mengaku tak sabar merumput bersama skuad Garuda setelah dirinya dipanggil oleh pelatih Shin Tae-yong untuk memperkuat Merah Putih dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Vietnam.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 13 Mar 2024, 20:00 WIB
Diterbitkan 13 Mar 2024, 20:00 WIB
Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Jay Idzes
Pemain naturalisasi Jay Idzes, mengaku tak sabar debut bersama Timnas Indonesia. Dia sudah mengantongi status WNI sejak Kamis (28/12/2023) usai mengambil sumpah di Kanwi Kemenkumham DKI Jakarta. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia bakal menghadapi dua laga penting akhir bulan ini. Skuad Garuda dijadwalkan bersua dengan Vietnam dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Tim racikan Shin Tae-yong akan lebih dulu menjamu The Golden Star di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Kamis (21/3/2024). Setelahnya, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan gantian bertamu ke My Dinh International Stadium, Selasa (26/3/2024).

Pelatih Timnas Indonesia sudah memanggil total 28 nama untuk memperkuat Merah Putih dalam laga kali ini. Sebanyak 4 di antaranya merupakan penggawa naturalisasi yang baru perdana dipanggil ke skuad Garuda.

Jay Idzes menjadi salah satu pemain yang bakal menjalani debut dalam putaran kedua grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Vietnam.

Pemain klub Serie B Venezia itu sejatinya sudah mengantongi paspor Indonesia sejak 28 Desember 2023, tetapi baru mendapat kesempatan dipanggil ke tim nasional di FIFA World Cup Qualifiers awal tahun ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tak Sabar Merumput dengan Timnas Indonesia

Foto: Momen Jay Idzes Resmi Jadi Warga Negara Indonesia, Bawa Sang Kekasih saat Pengambilan Sumpah
Pemain naturalisasi Indonesia, Jay Idzes memberikan keterangan kepada media setelah pengambilan sumpah pewarganegaraan sebagai WNI di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM, Cawang, Jakarta Timur, Kamis (28/12/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Pesepak bola berusia 23 tahun pun mengaku tak sabar merumput bersama Timnas Indonesia di laga melawan Vietnam. Jay Idzes menyebut pemanggilan perdananya ke skuad Garuda menjadi kehormatan buat sang pemain.

"Tentu saja saya merasa sangat bangga. Ini (membela Timnas Indonesia) merupakan suatu kehormatan besar bagi saya dan keluarga saya," ucap Jay Idzes, seperti dilansir dari situs resmi PSSI.

"Saya sangat bersemangat dan tak sabar untuk bertemu dengan (rekan-rekan di dalam) tim. Ini adalah sesuatu yang sudah lama saya pikirkan dan bicarakan. Jadi (momen) ini sangat istimewa," tambah dia.


3 Pemain Lain yang Berpeluang Debut

Thom Haye dan Jay Idzes di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat.
Thom Haye dan Jay Idzes di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat. (Dok.PSSI).

Selain Jay Idzes, tiga pemain naturaliasi baru lainnya juga berkesempatan debut dalam laga kontra Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Nathan Tjoe-A-On, Thom Haye, dan Ragnar Oratmangoen kompak menghuni daftar 28 pemain Timnas Indonesia yang dipanggil oleh pelatih Shin Tae-yong.

Adapun Nathan sudah resmi menyandang status sebagai WNI usai mengambil sumpah di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Senin (11/3/2024) malam WIB. Dia kini tinggal menuntaskan proses perpindahan federasi sebelum bisa resmi mengenakan seragam Timnas Indonesia.

Sementara itu terkait Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen, hingga kini masih belum ada kabar terkait jadwal pengambilan sumpah kedua pemain. Padahal, batas pendaftaran skuad untuk laga Indonesia vs Vietnam jatuh pada Rabu (13/3/2024) ini.


Daftar Pemain Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026

Foto: Gol Penalti Asnawi Mangkualam Bawa Timnas Indonesia Sikat Vietnam, Buka Peluang Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia 2023
Selebrasi bek Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam (tengah) setelah menjebol gawang Vietnam melalui eksekusi penalti pada laga kedua Grup D Piala Asia 2023 di Abdullah Bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Jumat (19/1/2024). (AP Photo/Hussein Sayed)

Kiper

1. Nadeo Argawinata - Borneo FC

2. Muhamad Riyandi - Persis Solo

3. Adi Satryo - PSIS Semarang

 

Belakang

4. Nathan Tjoe-A-On - SC Heerenveen

5. Elkan Baggott - Bristol Rovers

6. Jordi Amat - Johor Darul Ta'zim

7. Sandy Walsh - K.V. Mechelen

8. Rizky Ridho - Persija Jakarta

9. Edo Febriansah - Persib Bandung

10. Asnawi Mangkualam - Port FC

11. Wahyu Prasetyo - PSIS Semarang

12. Yakob Sayuri - PSM Makassar

13. Yance Sayuri - PSM Makassar

14. Justin Hubner - Wolverhampton Wanderers

15. Pratama Arhan - Suwon FC

 

Tengah

16. Thom Haye - SC Heerenveen

17. Jay Idzes - Venezia FC

18. Marselino Ferdinan - KMSK Deinze

19. Ricky Kambuaya - Dewa United

20. Marc Klok - Persib Bandung

21. Ivar Jenner - Jong Utrecht

 

Depan

22. Ragnar Oratmangoen - Fortuna Sittard

23. Rafael Struick - ADO Den Haag

24. Witan Sulaeman - Bhayangkara Presisi FC

25. Egy Maulana - Dewa United

26. Dimas Drajad - Persikabo

27. Ramadhan Sananta - Persis Solo

28. Hokky Caraka - PSS Sleman

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya