Hasil Seoul Earth On Us Cup 2024 Timnas Indonesia U-20 Vs Thailand: Garuda Nusantara Dihajar 0-2

Timnas Indonesia U-20 harus menelan kekalahan 0-2 saat menghadapi Thailand di laga kedua Seoul Earth on Us Cup 2024 pada Jumat (30/8/2024) siang WIB.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 30 Agu 2024, 16:02 WIB
Diterbitkan 30 Agu 2024, 16:01 WIB
Timnas Indonesia U-20 Vs Timnas Thailand U-20.
Timnas Indonesia U-20 kalah 0-2 dari Timnas Thailand U-20 pada Jumat (30/8/2024). (Bola.com/Dok.X Timnas Indonesia).

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-20 tak berhasil melanjutkan tren positifnya usai menang 2-1 atas Argentina dalam laga perdana Seoul Earth On Us Cup 2024, Rabu (28/8/2024) lalu.

Dihadapkan dengan Thailand dalam laga kedua yang digelar di Stadion Mokdong, Seoul, pada Jumat (30/8/2024) siang WIB, skuad racikan Indra Sjafri malah dipaksa takluk 0-2 lewat gol cepat Caelan Tanadon Ryan pada menit ke-10 serta aksi menit-menit akhir Ratthaphum Phankhechon .

Menilik jalannya laga Timnas Indonesia U-20 vs Thailand U-20, kedua tim mengawali pertandingan dengan hati-hati. Tak ada serangan buru-buru dan berbahaya yang dibuat duo kesebelasan sejak kick-off babak pertama dilakukan.

Akan tetapi, Thailand mendadak membuat gebrakan yang memaksa Indonesia kebobolan lebih dulu pada menit ke-10. Berawal dari kesalahan yang dilakukan lini pertahanan Merah Putih, Thanawut Phochai memanfaatkan dengan mencuri bola dan mengirim umpan yang langsung dituntaskan menjadi gol oleh Caelan Tanadon Ryan.

Garuda Nusantara coba mengejar ketertinggalan setelahnya. Namun alih-alih mencetak angka penyeimbang, pertahanan Indonesia malah nyaris kembali diguncang oleh Thailand pada menit 19, andai bola gagal diselamatkan oleh I Wayan Artha Wiguna.

Tak ada perubahan signifikan yang mampu dibuat anak-anak asuh Indra Sjafri sampai cooling break di menit 27. Skor sementara 1-0 untuk keunggulan Thailand tetap bertahan.

Timnas Indonesia U-20 lanjut mengais peluang untuk menyeimbangkan kedudukan dengan Thailand. Pasukan Merah Putih coba melancarkan serangan lewat aksi Alfharezi Buffon sekitar menit 30. Akan tetapi, langsung mampu dipatahkan oleh lini pertahanan Gajah Perang muda.

Garuda Nusantara sejatinya mulai berupaya meningkatkan tempo dan menciptakan peluang jelang akhir babak pertama. Namun hingga injury time selesai, belum satu pun gol mampu diciptakan oleh Timnas Indonesia U-20, sehingga skor 1-0 tak berubah sampai turun minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Babak Kedua Timnas Indonesia U-20 vs Thailand

Timnas Indonesia U-20
Timnas Indonesia U-20 dijadwalkan mengikuti turnamen bertajuk Seoul Earth on Us Cup 2024 di Korea Selatan mulai 28 Agustus mendatang. Skuad racikan Indra Sjafri akan bersaing dengan Argentina, Thailand, serta tuan rumah Korsel. (Dok. PSSI)

Pelatih Indra Sjafri membuat sejumlah pergantian memasuki babak kedua. Empat penggawa: Camara Ousmane, Meshaal Osman, Rifky Tofani, dan Aditya Warman dimasukkan untuk menggantikan Fitrah Maulana Ridwan, Rahmat Syawal, Maouri Ananda, serta Muhammad Ragil.

Kesempatan langsung didapat Garuda Nusantara pada menit 51. Iqbal Gwijangge coba melesakkan bola yang berawal dari set piece, tetapi upayanya masih belum tepat sasaran.

Gempuran demi gempuran lanjut dilakukan Garuda Nusantara setelahnya. Daya gedor juga bertambah berkat keputusan pelatih Indra Sjafri memasukkan Arlyansyah sebagai pengganti Marselinus Ola.

Peluang bagus kembali diperoleh skuad Merah Putih pada menit 58. Camara mengirim tembakan langsung ke gawang Thailand, tetapi sayang, shooting-nya masih melenceng.

Kebuntuan Merah Putih belum kunjung terpecah hingga memasuki 15 menit akhir pertandingan waktu normal. Padahal sejumlah cara telah dicoba pelatih, salah satunya dengan memasukkan amunisi-amunisi baru ke lapangan, termasuk Ji Da-bin.

Timnas Indonesia U-20 malah tertimpa nestapa besar saat injury time. Mereka kebobolan untuk kedua kalinya setelah Ratthaphum Phankhechon yang sempat jatuh, bangkit untuk merebut kembali bola dan melakukan tembakan langsung ke gawang.

Garuda Nusantara tak mampu berbuat banyak di sisa waktu yang ada. Skor 2-0 untuk keunggulan Gajah Perang muda bertahan sampai bubaran, yang sekaligus menjadi bentuk revans Thailand atas kekalahan di Piala AFF U-19 beberapa waktu lalu.


Susunan Pemain Timnas Indonesia U-20 vs Thailand

Timnas Indonesia U-20
Turnamen dan pemusatan latihan di Korea Selatan merupakan bagian dari persiapan Timnas Indonesia U-20 jelang menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 pada September mendatang. (Dok. PSSI)

Timnas Indonesia U-20: I Wayan Arta Wiguna, Iqbal Gwijangge, Kadek Arel, Rahmat Syawal, Alfahrezi Buffon, Dony Tri, Tony Firmansyah, Mouri Ananda, Marselinus Ola Oma, Rizki Afrisal, Muhammad Ragil

Timnas Thailand U-20: Anut Samran; Jhetsapat Khuantanom, Singha Marasa, Jirapol Saelio; Thanyakon Swangsuk, Pikanet Laohawiwat; Rapeephat Padthaisong, Dutsadee Buranajutanon; Caelan Ryan, Thanakrit Chotmuangpak, Thanawut Phochai.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya