Erik ten Hag di Bawah Tekanan, Bos Manchester United Kantongi 3 Calon Suksesor asal Inggris

Bos Manchester United kabarnya merupakan penggemar berat 3 pelatih asal Inggris: Gareth Southgate, Graham Potter, dan Eddie Howe. Mereka berpotensi jadi suksesor Erik ten Hag apabila pelatih asal Belanda didepak dari Old Trafford.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 01 Okt 2024, 17:00 WIB
Diterbitkan 01 Okt 2024, 17:00 WIB
Pelatih Manchester United Erik ten Hag
Pelatih Kepala Manchester United, Erik Ten Hag, kembali berada di bawah tekanan menyusul hasil kurang memuaskan yang diraih anak-anak asuhnya pada awal musim 2024/2025. (AP Photo/Scott Heppell)

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Manchester United Erik ten Hag kembali berada di bawah tekanan pada awal kampanye 2024/2025. Hal itu menyusul kegagalan dia mengantar anak-anak asuhnya memetik hasil menjanjikan dalam sejumlah kompetisi musim ini.

Setan Merah di bawah asuhan Ten Hag hanya mampu mendulang 2 kemenangan dalam 6 laga Liga Inggris yang dilakoni, dengan mereka kalah telak 0-3 dari Tottenham Hotspur pada laga teranyar. Catatan tersebut membuat MU sementara ini baru mengoleksi 7 poin dan terlempar ke peringkat 13 klasemen.

Sementara itu di panggung Liga Europa, Manchester United juga belum mampu menunjukkan taringnya pada laga perdana, Kamis (26/9/2024) lalu. Pasukan Ten Hag ditahan imbang oleh klub Eredivisie Twente ketika bermain di hadapan publik sendiri.

Situasi ini tak ayal membuat masa depan eks juru taktik Ajax Amsterdam kembali berada di ambang ketidakpastian. Setelah sempat nyaris dipecat pada musim panas 2024, Ten Hag lagi-lagi dikaitkan dengan pintu keluar Old Trafford dalam beberapa waktu terakhir.

Sejumlah laporan sejatinya menunjukkan MU belum berencana mengakhiri kerja sama dengan sang pelatih dalam waktu dekat, mengingat mereka harus mengeluarkan dana berjumlah signifikan jika ingin mendepak Ten Hag dari Theatre of Dreams.

Walau demikian, Football Transfers menyebut tekanan terhadap manajer Setan Merah tetap meningkat, dengan pihak INEOS diklaim meminati sejumlah juru taktik asal Inggris yang berpotensi dijadikan calon suksesor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3 Nama yang Difavoritkan INEOES

Gareth Southgate
Timnas Inggris dipastikan tidak memiliki pelatih kepala untuk saat ini. Pasalnya Gareth Southgate memutuskan mundur dari jabatannya pasca Inggris kalah di Final Euro 2024. (AP Photo/Matthias Schrader, File)

Menurut jurnalis Ben Jacobs, Sir Jim Ratcliffe dan jajarannya merupakan penggemar berat trio juru taktik Inggris: Gareth Southgate, Graham Potter, dan Eddie Howe.

Kebetulan Potter sedang menganggur dan diklaim siap kembali melatih, setelah lebih dari setahun absen menjalani karier manjerial menyusul pemecatan oleh Chelsea pada April 2023 silam.

Gareth Southgate juga tak terikat dengan tanggung jawab apa pun mengingat dia belum lama ini mundur dari jabatan di Timnas Inggris usai anak-anak asuhgnya kalah dari Spanyol dalam final Euro 2024.

Sementara itu, Eddie Howe tengah menjalankan peran pelatih di sesama tim Premier League, Newcastle United. Hanya saja, dia juga digadang-gadang masuk dalam daftar kandidat potensial untuk menggantikan Southgate di The Three Lions.


INEOS Cari yang Berpengalaman

Manchester United
Mantan striker Manchester United, Ruud van Nistelrooy, yang kini menjadi asisten pelatih di Old Trafford. (AFP/CRISTINA QUICLER)

Sebelumnya, asisten pelatih sekaligus legenda Manchester United Ruud van Nistelrooy sempat dilaporkan menjadi opsi utama juru taktik baru Setan Merah apabila Erik ten Hag didepak dari Old Trafford.

Akan tetapi, laporan Ben Jacobs yang dinukil dari Football Transfers baru-baru ini mengungkap INEOS ingin mempekerjakan sosok yang lebih berpengalaman ketimbang Van Nistelrooy di kursi pelatih.

Nama Thomas Tuchel, yang juga pernah dikaitkan dengan jabatan di MU musim panas lalu pun dicoret dari daftar. Ben Jacobs menepis klaim yang menyebut Tuchel berpotensi meneruskan kiprah Ten Hag di Theatre of Dreams.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya