Khedira Kena Musibah, Madrid Dapat Berkah

Sesuai dengan Program Proteksi Klub, FIFA bakal membayar gaji Sami Khedira yang dililit cedera saat bermain bersama Timnas Jerman.

oleh Liputan6 diperbarui 17 Nov 2013, 18:56 WIB
Diterbitkan 17 Nov 2013, 18:56 WIB
sami-khedria-131117c.jpg
Di setiap musim, Real Madrid ketar-ketir ketika jadwal pertandingan internasional FIFA telah tiba. Sebabnya, kerap pemain andalan Los Blancos mengalami cedera saat membela tim nasionalnya masing-masing.

Kekhawatiran itu kembali terbukti setelah gelandang andalan Sami Khedira dibekap cedera parah pada lutut kaki kanannya saat tampil memperkuat Timnas Jerman di laga persahabatan menghadapi Timnas Italia di San Siro, Milan, Jumat, 15 November 2013.

Dari hasil pemeriksaan lanjutan diketahui jika dua ligamen di lutut Khedira robek. Artinya, Khedira harus naik meja operasi dan proses penyembuhannya bisa memakan waktu enam bulan. Dengan demikian, dipastikan Khedira, 26 tahun, bakal menepi dari lapangan hijau sampai akhir musim.

Kabar ini tentunya menjadi pukulan hebat bagi entrenador Madrid, Carlo Ancelotti. Sebabnya, di sepanjang musim ini penampilan Khedira terbilang gemilang. Namun, setidaknya, ada berkah yang diterima Madrid menyusul musibah yang menimpa Khedira. Yaitu, kas klub bakal lebih irit. Mengapa?

Sesuai dengan Program Proteksi Klub, jika pemain mengalami cedera saat tampil bersama timnas dan akibatnya tak dapat memperkuat klub, maka FIFA FIFA bakal memberikan ganti rugi atau kompensasi. Yaitu membayar gajinya selama pemain yang bersangkutan absen.

Sampai sejauh ini belum dapat dipastikan berapa lama Khedira nganggu. Namun, yang pasti, sejak hari ke-29 pemain mengalami cedera, FIFA berkewajiban membayar gajinya kepada klub. Dengan kata lain, terhitung mulai 14 Desember mendatang, FIFA akan membayar 20.548 euro (sekitar Rp 318 juta) per harinya kepada Los Blancos. Pembayaran tersebut akan dihentikan segera setelah tim medis memutuskan kondisi Khedira telah membaik atau fit.

Tahun lalu, Madrid menerima total pembayaran sebesar 1.150.688 euro (sekitar Rp 17,8 miliar) menyusul cuti panjang Marcelo menyusul cedera yang dialaminya saat memperkuat Timnas Brasil. Ketika itu, Marcelo absen dari skuat Jose Mourinho selama 84 hari, dimana 56 hari gajinya dibayar FIFA.

Kali ini, dapat dipastikan jika FIFA bakal menggelontorkan kompensasi yang lebih besar mengingat cuti Khedira lebih panjang dibanding absennya Marcelo.(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya