Data & Fakta: MU Selalu Tampil Superior di Yunani

MU telah memenangkan seluruh empat pertemuan terakhir. Kemenangan dimulai dengan skor 2-0 di Piraeus musim 2001-02.

oleh rejdo diperbarui 25 Feb 2014, 07:36 WIB
Diterbitkan 25 Feb 2014, 07:36 WIB
man-utd-140224c.jpg
Raksasa Premier League, Manchester United (MU) memiliki peluang besar lolos ke perempatfinal Liga Champions. Di atas kertas, MU tidak akan menemui kendala berarti saat menghadapi wakil Yunani, Olympiacos Piraeus di leg pertama 16 besar.

Tim besutan David Moyes itu akan melawat ke Stadio Georgios Karaiskaki, Piraeus, Selasa (25/2/2015) atau Rabu dinihari WIB. Kilas balik ke belakang, MU sudah tidak asing dengan Olympiacos. Kedua kubu pertama kali bertemu di babak penyisihan grup Liga Champions musim 2001-02.

Dalam empat pertemuan terakhir kontra Olympiacos, MU selalu keluar sebagai pemenang. Tidak heran bila pertandingan MU melawan Olympiacos disebut duel David vs Goliath. Terlebih bila mencermati kiprah masing-masing kedua kubu di kompetisi elite Eropa ini.

Berikut deretan data dan fakta seputar laga MU vs Olympiakos sebagaimana dikutip dari situs UEFA.

1. MU telah memenangkan seluruh empat pertemuan terakhir. Kemenangan dimulai dengan skor 2-0 di Piraeus musim 2001-02. Dua gol kemenangan MU masing-masing disumbangkan David Beckham dan Andy Cole.

2. Pemain veteran MU, Ryan Giggs telah tampil di semua pertandingan MU melawan Olympiacos. Pemain asal Wales itu menjadi aktor penting kemenangan MU dengan skor 4-0 di leg pertama babak penyisihan grup Liga Champions musim 2002-03.

3. Menghadapi MU, Olympiacos mencoba menembus perempatfinal sejak 1999. Olympiacos terakhir kali mencapai fase knock-out Liga Champions musim 2009-10. Saat itu, mereka mengalami kekalahan dari tangan FC Girodins de Bordeaux dalam dua leg. Sedangkan, musim lalu, MU kalah agregat 2-3 dari Real Madrid. MU terakhir melangkah ke perempatfinal musim 2010-11 dan berhasil melaju hingga final.

4. MU tidak terkalahkan saat melakoni partai tandang di babak penyisihan grup Liga Champions musim ini. Dan untuk pertama kali sejak 1965, MU memetik kemenangan 5-0 saat menghadapi Bayer Leverkusen.

5. Olympiacos mengalami lima kekalahan dalam dua leg saat menghadapi tim asal Inggris di ajang Eropa. Tapi dalam tiga pertemuan terakhir di kandang melawan tim-tim Premier League--semua melawan Arsenal--Olympiacos sukses memetik kemenangan 2-1 di babak penyisihan grup Liga Champions musim lalu.

Liga  Champions edisi 2011-12, Olympiacos unggul 3-1. Dan di babak penyisihan grup Liga Champions empat musim lalu, Olympiacos menang 1-0. Rekor pertemuan Olympiacos melawan klub Inggris secara keseuruhan (menang:5 imbang:3 dan kalah:3).

6. MU pertama kali bertandang ke Yunani musim 1991-92 saat Liga Champions masih bernama Piala Eropa. Dalam kunjungan pertama ke Negeri Seribu Dewa, MU bermain imbang dengan Athinaikos FC. Dalam lima kunjungan terakhir ke Yunani, MU tampil perkasa. Rekor pertemua MU melawan klub Inggris di partai kandang dan tandang (menang:8 imbang:2 dan kalah:0).

7. Olympiacos pertama berhasil menjebol gawang MU pada 23 Oktober 2002. Dalam pertandingan tersebut, Olympiacos kalah 2-3. Dua gol Olympiacos berhasil dicetak oleh Giannis Kollias dan Lampros Choutos. (Rej)

Baca Juga

Pacar CR7 Nyaris Telanjang di Majalah Sport Illustrated
Hasil Lengkap Pertandingan Sepakbola Tadi Malam
Arti Kemenangan Milan di Mata Seedorf
Bek Barcelona Absen Dua Pekan
Ibra Hat-trick, PSG Tundukkan Toulouse

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya